Sponsors Link

Cara Memulai Usaha Travel Tiket Pesawat Untuk Pemula

Untuk memulai usaha travel tiket pesawat, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Menjadi agen tiket pesawat adalah pekerjaan yang bertugas untuk memberikan pelayanan untuk membeli atau memesan tiket pesawat sehingga bisa dijadikan salah satu bisnis yang sangat menguntungkkan terutama karena banyak kebutuhan masyarakat untuk bepergian dengan pesawat saat ini. Untuk cara memulai usaha travel tiket pesawat selengkapnya akan kami ulas secara lengkap berikut ini.

ads

Untuk memiliki usaha travel tiket pesawat, sebenarnya bisa dilakukan dengan 2 cara tergantung dari keinginan dan kebutuhan. Kedua cara ini haruslah dilakukan khususnya bagi pemula yang ingin membangun bisnis penjualan tiket pesawat murah namun profesional.

  1. Melakukan Kerjasama Dengan Maskapai

Cara memulai bisnis travel tiket pesawat dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak maskapai secara langsung menjadi salah satu cara terbaik untuk membangun usaha travel tiket pesawat. Cara ini sudah banyak dilakukan pebisnis tiket pesawat khususnya agen besar. Memang, modal yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis ini tidaklah sedikit dimana agen resmi pesawat biasanya harus mendepositkan uang setidaknya 10 juta Rupiah pada setiap maskapai penerbangan yang akan diajak untuk bekerja sama. Akan tetapi, tidak seluruh maskapai penerbangan mau secara langsung diajak bekerja sama.

Umumnya, pihak maskapai mau untuk bekerja sama dengan bisnis yang sudah berbadan usaha seperti PT, CV , badan usaha campuran dan sebagainya. Selain itu, masih ada beberapa surat syarat mendirikan usaha dagang yang juga harus dipersiapkan seperti surat perizinan badan usaha seperti NPWP, SIUP dan sebagainya sesuai dengan kebijakan maskapai penerbangan. Namun, keuntungan yang bisa didapatkan dalam menjadi agen resmi adalah akan langsung mendapatkan potongan harga pemesanan tiket yang dibawah harga normal sehingga akan lebih banyak konsumen yang ingin melakukan bisnis dengan travel tiket pesawat milik anda.

  1. Kerjasama Dengan Agen Tiket Pesawat

Cara berikutnya adalah dengan melakukan kerjasama dengan agen tiket pesawat. Menjadi sub agen tiket pesawat sangat cocok dilakukan khususnya bagi anda yang tidak memiliki modal cukup besar dan usaha yang didirikan belum berupa badan usaha. Sub agen tiket pesawat merupakan usaha pemesanan dan penjualan tiket yang tidak melakukan kerja sama langsung dengan pihak maskapai penerbangan, namun bekerja sama dengan agen resmi yang mempunyai ikatan kerjasama secara langsung dengan pihak maskapai penerbangan.

Untuk menjadi seorang sub agen, modal yang harus dipersiapkan tidak terlalu banyak yakni sekitar Rp.2.000.000 dan untuk persyaratan lainnya bergantung dari agen resmi yang diajak bekerja sama. Menjadi sub agen menjadi alternatif terbaik yang bisa dilakukan semua orang namun tidak membutuhkan biaya cukup besar. Keuntungan yang bisa didapatkan saat menjadi sub agen ini adalah komisi dan juga informasi mengenai penerbangan yang tentunya akan semakin menarik minat pelanggan.

Sponsors Link

Tips Menjadi Agen Tiket Pesawat

Untuk anda yang tertarik membuka usaha travel tiket pesawat bisa memilih kedua cara yang sudah disebutkan diatas. Selain itu, ada beberapa tips tambahan yang harus anda lakukan dalam menjadi travel tiket pesawat seperti yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Menjalin Kerjasama Dengan Pihak Lainnya

Tips sukses bisnis travel tiket pesawat yang pertama adalah menjalin kerjasama dengan pihak yang lain. Menjalin kerjasama dengan pihak lain yang dimaksud adalah dengan pihak restoran, hotel ataupun beberapa pihak lain yang bisa menguntungkan. Ini diperlukan karena banyak konsumen yang juga mencari tiket pesawat pada saat melakukan reservasi hotel. Hal ini juga sangat menguntungkan kedua belah pihak sekaligus menambah relasi semakin banyak. Dengan mempunyai relasi yang semakin banyak, maka bisnis travel tiket pesawat anda akan semakin direkomendasikan dan tentunya akan menambah pelanggan anda.

  1. Berikan Harga Promo

Harga tiket pesawat yang diberikan agen penjualan tiket pesawat bervariasi tergantung dari agen itu sendiri. Akan tetapi, sebelum anda menentukan harga tiket, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tentang harga tiket pesawat tersebut. Harga tiket pesawat yang lebih mudah tentunya akan menarik minat konsumen. Selain itu, manfaatkan promo tiket pesawat maskapai penerbangan yang umumnya memberi harga terjangkau dari harga tiket biasanya dalam bisnis mikro kecil dan menengah ini.

ads
  1. Lakukan Promosi

Promosi juga sangat penting untuk dilakukan dalam travel tiket pesawat supaya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Promosi sangat dibutuhkan agar lebih banyak pelanggan yang akan tertarik. Promosi menjadi bagian atau cara dari mengenalkan produk tiket pesawat yang tersedia lengkap dengan harga seperti contohnya daftar harga tiket peawat Citilink, tiket pesawat Air Asia, tiket pesawat Lion Air dan lain sebagainya.

  1. Cari Informasi Berhubungan Dengan Lembaga

Selanjutnya, anda juga harus mencari informasi terkini mengenai lembaga waralaba yang akan anda pilih untuk diajak bekerja sama dalam menjalankan bisnis secara langsung atau online. Hal ini menjadi sangat penting supaya terhindar dari penipuan yang dilakukan lembaga tidak bersertifikasi atau ilegal yang menjadi salah satu penyebab usaha gagal dalam bidang ini. Keuntungan lainnya yang bisa didapat pada saat mengikuti lembaga resmi adalah lebih mudah dalam menjalankan bisnis khususnya dalam hal membagi keuntungan. Dengan ini, anda harus lebih teliti saat mencari informasi mengenai lembaga waralaba resmi yang sesuai dengan keinginan anda.

  1. Daftarkan Sebagai Agen

Sesudah mendapatkan warlaba yang sesuai dan legal, maka daftarkan diri anda pada perusahaan tersebut lalu isi formulir pendaftaran atau formulir kerjasama di website resmi yang ada dalam lembaga tersebut. Anda harus mengisi data diri yang jelas dan selanjutnya dikonfirmasikan. Jika sudah resmi menjadi seorang agen, maka anda akan menerima konfirmasi jika anda sudah bergabung yang biasanya akan dikirim lewat email dari lembaga tersebut.

  1. Ikuti Aturan Sebagai Agen

Jika anda sudah dinyatakan secara resmi sebagai agen travel tiket pesawat yang cocok dijalankan sebagai ide bisnis untuk pensiunan ini, maka anda akan mendapatkan kode akses page user yang sudah disediakan. Kode agen akan berbentuk username dan juga password agar anda bisa melakukan penjualan tiket pesawat di halaman yang sudah disediakan lembaga tersebut.

Keuntungan Bisnis Travel Tiket Pesawat

Untuk keuntungan yang bisa didapatkan bisa ditentukan dari besar profit yang diinginkan dari setiap satu tiket pesawat yang akan di jual dan besaran keuntungannya sendiri bisa anda tentukan. Sebagai contoh keuntungan bisnis travel tiket pesawat, berikut ini akan kami berikan kisaran keuntungan yang bisa didapatkan jika menjual 10 tiket pesawat dalam 1 hari.

  • 10 Tiket X Rp.10.000,- = Rp.100.000,-
  • 10 Tiket X Rp.20.000,- = Rp.200.000,-
  • 10 Tiket X Rp.30.000,- = Rp.300.000,-
  • 10 Tiket X Rp.40.000,- = Rp.400.000,-
  • 10 Tiket X Rp.50.000,- = Rp.500.000,-
Sponsors Link

Kisaran keuntungan yang bisa didapat diatas tentunya bisa saja lebih besar atau lebih kecil bergantung dari profit yang anda inginkan untuk setiap tiket yang terjual. Sehingga, dalam 1 bulan, maka kisaran yang bisa anda dapatkan adalah antara 3 juta hingga 15 juta dari bisnis travel tiket pesawat yang anda jalankan.

Ada beberapa faktor besar dan juga kecil yang harus diperhatikan dalam cara membuka usaha travel tiket pesawat yang merupakan usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini dan juga beberapa usaha lainnya khususnya bagi para pemula. Selain itu, kesabaran untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis juga harus dilakukan sebab tidak selalu mendatangkan keuntungan besar dalam waktu yang cepat sebab semua membutuhkan proses supaya hasil yang didapatkan bisa semakin baik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis