Sponsors Link

22 Ide Bisnis Untuk Pensiunan Yang Menggiurkan dan Menguntungkan

Mendekati masa pensiunan adalah masa dimana anda tidak lagi produktif didalam bekerja. Dan tentunya penghasilan anda tak lagi sebanyak dulu. Selain kendala tersebut, menjadi seorang yang biasanya bekerja dan pada akhirnya tak lagi memiliki aktivitas yang sama tentu tarasa sangat membosankan. Hal ini tentu saja menjadi sebuah maslah bagi sebagian orang.  Tak jarang para pensiunan akan mencoba membuka berbagai macam usaha agar mereka tetap aktif selama masa pensiunannya.

ads

Ada banyak ciri-ciri bisnis yang beretika yang tentunya cocok untuk dijalankan oleh para pensiunan. Karena sejatinya peluang bisnis diperuntukkan untuk segala usia dan segala kalangan tanpa ada pengecualian. Berikut kami rangkum 22 peluang ide bisnis untuk pensiunan :

1. Sewa Mobil

Di era modern ini, semua orang sudahmulai membutuhkan sarana transportasi. Tentunya tidak semua orang memiliki sarana dan prasarana transportasi. Disinilah mengapa anda berpeluang dalam menjalankan bisnis sewa mobil. Karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan jasa sewa pinjaman mobil dan anda hanya perlu mengeluarkan modal untuk membeli persiapan unit mobil dan biaya perawatan. Cukup mudah dikelola bahkan oleh para pensiunan.

2. Kosan dan Rumah Sewa

Memiliki tanah yang cukup luas? Atau rumah anda memiliki banyak kamar yang tidak terpakai? Coba lakukan usaha kos-kosan atau jasa sewa rumah. Rumah amaupun kosan merupakan sarana penting bagi seseorang. Mereka tidak akan bisa menetap tanpa adanya tempat tinggal. Namun terkadang tidak semua orang memiliki rumah atau tempat tinggal tetap, inilah mengapa peluang bisnis ini sangat cocok di kelola dan di kembangkan.

3. Perternakan Ayam

Kedua jenis perternakan ayam baik ayam petelur dan ayam pedaging akan sama menguntungkan jika dikelola dengan baik. Ketika anda memiliki banyak waktu luang setelah pensiun maka mengurusi ayam bukanlah hal yang mustahil.

5. Toko Kelontong

Jika anda memiliki dana tabungan yang cukup atau uang pesangon yang lumayan, maka tidak ada salahnya membuka usaha toko kelontong. Anda hanya tinggal bersantai dan menikmati hasil, karena ini merupakan usaha yang di butuhkan oleh masyarakat.

6. Travel Agen

Siapa yang tidak menyukai liburan dan jalan-jalan? Pastinya banyak orang menyukainya. Nah ini merupakan kesempatan emas bagi para pensiunan untuk tetap mengembangkan karirnya. Coba pelajari tips sukses bisnis travel agen berikut ini agar tidak mengalami kerugian yang banyak dan merupakan salah satu yang menjadi andalan dalam daftar ide bisnis untuk pensiunan.

7. Bisnis Kuliner

Ada banyak cara memulai bisnis kuliner untuk para pensiunan. Salah satunya adalah dengan cara memulai bisnis ayam bakar. Walaupun ada banyak jenis kuliner lain yang bisa anda rintis.Namun usaha ayam bakar termasu  salah satu yang memiliki prospek bagus.

8. Ladang Sayuran

Hobi bercocok tanam? Tidak ada salahnya mencoba membuka bisnis satu ini. Anda hanya perlu menyiapkan bibit, pupuk dan lahan. Serta beberapa pekerja untuk membantu pengolahan ladang anda. Setelah itu tentunya anda dapat duduk manis menikmati hasil dan menikmati masa panen.

9. Beternak sapi dan kambing

Memiliki usaha peternakan sendiri bukanlah ide yang buruk bagi para pensiunan. Anda pastinya punya banyak waktu luang untuk mengurusi segala jenis hewan ternak, terutama yang menghasilkan seperti kambing maupun sapi. Keuntungan akan semakin meningkat di waktu tertentu seperti ketika lebaran haji.

10. Budidaya Tanaman

Hampir sama dengan usaha perkebunan, namun ini lebih condong ke aktivitas jual beli bibit tanaman. Ada banyak jenis tanaman yang bisa anda perjual belikan dan lestarikan, mulai dari bibit tanaman hias, sayur-sayuran dan bibit buah-buahan.

11. Usaha Katering

Usaha ini termasuk usaha yang tidak terlalu membutuhkan biaya atau modal yang besar. Untuk bisa memulainya anda cukup mencari tau tentang cara memulai bisnis katering agar usaha tersebut dapat berjalan secara maksimal. Jika anda menginginkan membuka usaha katering, setidaknya anda harus mengetahui menu apa saja yang laris di pasaran.

12. Reseller

Jika anda ingin berjualan namun tidak memiliki banyak modal maka anda bisa menjadi seorang agen reseller. Menjadi seorang reseller tentunya tidak terlalu sulit, karena anda hanya butuh menawarkan dan menjual produk yang di berikan kepada anda. Bahkan anda hanya bisa bersantai di rumah menjalankan bisnis ini dengan bermodalkan handphone.

13. Kounter Pulsa

Jika anda memiliki sejumlah uang lebih, tidak ada salahnya anda membuka sebuah kounter pulsa. Ini merupakan sebuah ide dan peluang usaha yang akan bermanfaat di masa tua anda. Semua orang hampir membutuhkan pulsa bahkan paket internet saat ini. Ini juga tidak akan merugikan anda karena pulsa tidak memiliki kadar kadaluarsa.

14. Sewa Game

Salah satu usaha yang menguntungkan dan mudah di kelola bahkan untuk para pensiunan adalah usaha sewa game. Ada banyak konsol game yang bisa anda sewakan, hingga anda cuma butuh menunggu dan mengotrol tempat persewaan game anda.Ini akan lebih berpeluang jika anda berada di lingkungan yang ramai akan anak – anak.

15. Membuka Toko Pakaian

Pakaian memang sebuah kebutuhan pokok bagi seseorang. Oleh karena itu tidak pernah ada orang yang berhenti membuka sebuah usaha bisnis pakaian. Jadi bagi para pensiunan tidak ada salahnya mencoba membuka bisnis pakaian tersebut. Setidaknya anda harus tetap update tentang berbagai jenis pakaian yang sedang populer agar bisnis anda tetap laku dan berkembang tanpa mengalami dampak kerugian yang cukup signifikan.

16. Investasi Tanah

Ini merupakan peluang usaha yang cukup besar dan memerlukan banyak modal. Namun tentunya juga memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Investasi tanah akan memberikan keuntungan berlipat ganda jika anda bisa dan mengelola bisnis tersebut dengan tepat. Harga tanah pastinya akan tetap melambung tinggi seiring bertambahnya populasi dan tingkat kebutuhan penduduk akan tanah dan tempat tinggal.

17. Usaha Warnet

Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan banyak orang di zaman ini. Inilah kenapa usaha warnet mulai menjamur sekarang. Warnet juga merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Mengelolanyapun tidak terlalu sulit, anda hanya perlu menunggu tempat persewaan warnet anda dan membersihkannya. Bisa menjadi ajang olahraga bagi para pensiunan yang tidak lagi memiliki banyak pekerjaan seperti masih menjadi seorang pegawai aktif biasanya.

18. Loundry

Tertarik dengan usaha satu ini? Tidak begitu sulit kok. Anda hanya perlu mencari beberapa pegawai seperti tukang cuci dan tukang setrika pakaian. Tidak memerlukan terlalu banyak modal, urusan sewa tempat anda bahkan bisa membuka usaha loundry anda di rumah sendiri.

19. Toko Kue

Menyukai usaha di bidang kuliner? Coba saja membuka sebuah toko kue, kue yang berbentuk unik dan memiliki ragam rasa akan menarik banyak peminat. Setidaknya anda bisa menjadi seorang pensiunan dengan menjadi seorang pengusaha kue ternama.

20. Penulis Lepas

Anda adalah seorang pensiunan yang masih hobi dalam menulis? Cobalah menjadi seorang penulis lepas. Maka hal ini bisa menjadi kegiatan yang menghasilkan uang di waktu senggang anda.

21. Konsultan

Tidak ada salahnya berbagi ilmu sekaligus pengalaman yang telah anda dapatkan selama masih aktif menjadi seorang pekerja. Selain mendapatkan penghasilan sampingan anda juga bisa membantu bebagai klien yang membutuhkan jasa anda.

22. Beternak Burung Kicauan

Selain merupakan hobi, menjadi seorang peternak burung kicauan juga memiliki prospek usaha yang cerah. Sekarang permintaan burung kicauan di pasaran semakin naik dan ini merupakan sebuah peluang dimana anda bisa menjadi salah satu pebisnis burung kicauan dan tentunya menjadi ide bisnis untuk pensiunan yang lebih mudah.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis