Sponsors Link

Jangan Panik! Inilah 4 Cara Mengatasi Transfer Gagal Tapi Saldo Berkurang

ATM, Mobile banking, dan sms banking merupakan beberapa fasilitas yang diberikan oleh bank agar lebih memudahkan nasabah melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun tanpa perlu mengunjungi kantor cabang pembantu bank secara langsung. Dengan adanya fasilitas tersebut, maka diharapkan transaksi tetap dapat dilakukan tanpa menambah jumlah antrean di bank. Seiring perkembangan teknologi yang kian pesat, berbagai transaksi dapat dilakukan melalui ATM yang tersebar di berbagai minimarket dan supermarket, bahkan melalui ponsel dengan layanan m-banking dan sms banking.

ATM, m-banking, dan sms banking dioperasikan oleh sistem yang dikelola bank. Sebagaimana layaknya barang buatan manusia, sistem pun tidak luput dari kelemahan. Salah satu wujud kelemahan sistem ialah uang transfer tidak sampai ke rekening tujuan. Ada beberapa kemungkinan penyebab uang transfer tidak masuk di rekening tujuan, namun kasus yang lebih parah adalah saat terjadi kegagalan transfer tapi saldo berkurang. Berikut ini adalah beberapa alternatif cara mengatasi transfer gagal tapi saldo berkurang:

  1. Lakukan Konfirmasi

Langkah pertama yang harus anda lakukan saat anda berada pada situasi tersebut adalah melakukan konfirmasi atau pengecekan kembali . Tindakan konfirmasi yang anda lakukan meliputi:

  • Pastikan anda telah memasukkan nomor rekening tujuan dengan benar, dan apabila anda melakukan transfer antar bank, pastikan anda telah memasukkan kode bank dengan benar
  • Pastikan anda melakukan transaksi pada jam online
  • Pengecekan saldo rekening anda, apakah berkurang atau tidak; dan jika berkurang, berapa nominal saldo yang berkurang
  • Hubungi pemilik rekening yang dituju, tanyakan apakah pemilik rekening yang dituju menerima sejumlah uang dari rekening anda atau tidak
  1. Periksa dan Simpan Bukti Transaksi

Saat anda melakukan transaksi melalui berbagai fasilitas bank seperti ATM, sms banking, dan m-banking, mesin atau sistem pasti akan mencetak bukti transaksi secara otomatis. Pada bukti transaksi biasanya akan tertera status transaksi, apakah sudah berhasil, masih diproses, atau gagal. Jika transaksi anda masih dalam proses atau gagal, sebaiknya anda menyimpan bukti transaksi tersebut, berikut bukti bahwa saldo anda berkurang jika memang saldo anda mengalami pengurangan usai melakukan transaski. Bukti transaksi akan berguna sebagai bukti informasi bahwa anda sudah mengirimkan sejumlah dana pada rekening yang dituju.

  1. Tanyakan pada Petugas Keamanan

Jika anda melakukan transaksi pada ATM yang terdapat di kantor bank, tentunya akan ada petugas keamanan yang berjaga, apakah sedang ada gangguan jaringan pada saat anda melakukan transaksi. Anda juga dapat meminta bantuan para petugas keamanan untuk membantu menyelesaikan permasalahan anda. Ingat, jangan minta bantuan pada sembarang orang! Karena selain orang tersebut belum tentu mengetahui solusi yang tepat terhadap permasalahan anda, orang tersebut juga belum tentu memiliki motivasi yang benar saat menawarkan bantuan kepada anda.  Berhati-hatilah agar tidak sembarangan membocorkan informasi pribadi anda pada sembarang orang!

  1. Hubungi Customer Service

Jika anda melakukan transaksi di ATM yang terdapat di kantor bank, anda dapat meminta bantuan kepada petugas keamanan. Lantas apa yang harus anda lakukan ketika anda mengalaminya pada saat melakukan transaksi melalui m-banking, sms banking, atau ATM yang tidak diawasi oleh petugas keamanan?

Langkah paling tepat adalah menghubungi layanan pelanggan atau customer service. Nomornya biasa tertera pada mesin ATM atau jika anda menggunakan layanan ATM bersama, anda dapat searching di internet tentang nomor layanan pelanggan yang disediakan oleh bank anda. Setelah anda menghubungi pihak customer service, biasanya anda akan dipanggil ke kantor bank untuk menjelaskan kronologi transaksi yang anda lakukan. Jadi pastikan anda membawa setiap informasi yang diperlukan, seperti bukti transaksi.

Selanjutnya anda hanya perlu menunggu keluhan anda diproses oleh pihak bank. Bank akan melakukan penelusuran kemana perginya saldo uang anda. Apabila transaksi yang anda lakukan sesuai dengan persyaratan bank, seperti nama dan nomor rekening tujuan, serta nominal dana yang ditransfer sudah benar, maka uang anda dipastikan dapat kembali pada rekening anda. Namun anda perlu waspada, karena setelah anda menghubungi customer service, biasanya akan ada nomor asing yang meminta password ATM anda. Ingat, jangan berikan informasi apapun! Karena bisa jadi itu adalah nomor penipu yang mencuri uang anda.

Nah, itulah empat cara mengatasi transfer gagal tapi saldo berkurang. Ingatlah sebelum melakukan cara-cara tersebut, langkah pasti yang harus anda lakukan ialah menenangkan diri. Jangan panik! Karena jika anda panik, anda tidak akan dapat menyelesaikan apapun.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perbankan