Sponsors Link

Manfaat Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga keuangan sejatinya terbagi dalam dua jenis, yakni lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank (LKBB). Namun, disini kami akan menjelaskan salah satunya yaitu lembaga keuangan bukan bank. Lembaga ini merupakan suatu badan yang melakukan kegiatan atau transaksi di bidang keuangan dengan kegiatan utamanya menghimpun dana untuk disalurkan kepada masyarakat yang bertujuan untuk membiayai investasi perusahaan dan juga pembangunan ekonomi.

Tujuan didirikannya lembaga keuangan bukan bank tidak lain adalah untuk mendorong pertumbuhan pasar modal serta membantu membiayai kebutuhan perusahaan yang termasuk ke dalam kawasan ekonomi lemah. Di samping itu, lembaga keuangan bukan bank mendapatkan keuntungan berupa bunga yang besarnya disesuaikan dengan jumlah dana yang disalurkan.

LKBB mempunyai peranan cukup penting di dalam perekonomian suatu negara, diantaranya menghimpun dana dari masyarakat dengan membuat berkas-berkas berharga, berperan serta terhadap perusahaan di Indonesia sebagai perantara perusahaan dalam negeri dan asing, melaksanakan aktivitas usaha atas persetujuan dari pemerintah Indonesia, serta memberi kredit kepada sebuah perusahaan baik yang bersifat jangka pendek atau pun jangka panjang.

Selain itu, lembaga keuangan juga mempunyai manfaat yang begitu besar bagi masyarakat. Oleh karena itu, beberapa lembaga keuangan dapat bertahan hingga saat ini. Apa saja manfaat yang dihadirkan oleh LKBB? simak penjelasannya di bawah.

Manfaat Lembaga Keuangan Bukan Bank

Keberadaan lembaga keuangan bukan bank sangat bermanfaat sekali, bukan hanya untuk suatu perusahaan saja masyarakat pun ikut terkena cipratan manfaatnya seperti lembaga ekonomi internasional. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapat dari adanya lembaga keuangan bukan bank :

  1. Dana yang disediakan sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat yang sedang membutuhkannya.
  2. Dengan adanya jaminan resiko yang ditawarkan membuat masyarakat lebih tenang.
  3. Memberikan kesejahteraan kepada pekerja yang telah memasuki masa pensiun.
  4. Efektif memberi pinjaman kepada masyarakat mengenai sesuatu yang tengah dibutuhkan.
  5. Menyajikan kebersamaan kepada masyarakat dan memberikan sisa hasil usaha.
  6. Memperlancar proses pembangunan terkhusus di sektor ekonomi serta keuangan.

Itulah beberapa manfaat dari lembaga keuangan bukan bank kepada masyarakat, lantas apa saja badan yang termasuk ke dalam kategori LKBB? berikut adalah macam-macam lembaga keuangan bukan bank di Indonesia.

Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank

1.Pegadaian

Merupakan suatu usaha yang memberikan pinjaman kepada nasabah dengan jaminan barang yang sifatnya bergerak atau pun sesuatu berharga lainnya. Tujuan didirikannya pegadaian adalah untuk mengantisipasi terjadinya riba dan praktik peminjaman yang tidak wajar dan tidak sesuai kesepakatan. Pegadaian juga turut membantu melaksanakan program pemerintah di sektor ekonomi.

2.Leasing

Leasing atau nama lain dari lembaga sewa guna usaha merupakan suatu badan penyedia pembiayaan dalam bentuk barang modal, baik dengan sewa guna opsi atau pun tanpa hak opsi. Dapat digunakan nasabah selama periode tertentu yang didasarkan pada pembayaran secara berkala. Jika kontrak leasing telah resmi ditandatangani nasabah, maka ia bebas menggunakannya.

3.Perusahaan Asuransi

Usaha yang memberikan penanggulangan resiko atas hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerugian barang dan kehilangan manfaat juga termasuk ke dalam lembaga keuangan bukan bank. Keuntungan memakai asuransi kepada nasabah selain memberikan rasa aman, juga dapat memperoleh penghasilan di masa mendatang.

4.Dana Pensiun

Perusahaan dana pensiun dapat diartikan sebagai badan hukum yang menjalankan program untuk memberikan atau menjanjikan manfaat di saat pensiun. Manfaat yang akan didapat jika menggunakan dana pensiun adalah meghadirkan rasa aman di masa tua serta memberikan upah kompensasi yang nominalnya lebih baik.

5.Koperasi Simpan Pinjam

Kegiatan usaha yang dilakukan oleh suatu usaha koperasi simpan pinjam adalah melakukan penyimpanan serta peminjaman sejumlah uang kepada anggotanya yang digunakan untuk keperluan tertentu. Dengan adanya koperasi simpan pinjam tentu menjadikan anggotanya lebih hemat, membimbing anggota untuk mengelola pinjaman lebih baik dan digunakan untuk keperluan yang bersifat produktif, serta pastinya membebaskan anggota dari jeratan rentenir.

Demikian postingan mengenai manfaat lembaga keuangan bukan bank beserta contoh-contoh usaha yang termasuk ke dalamnya, Semoga bermanfaat.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Perbankan