Sponsors Link

13 Cara Memasarkan Kue Buatan Sendiri

Adanya strategi pemasaran dan tindakan tentang cara memasarkan kue buatan sendiri adalah salah satu tindakan yang akan mendukung usaha promosi dan melancarkan perkembangan produk. karena kelancaran dan perkembangan sebuah bisnis akan sangat bergantung kepada pemasaran dan strategi pemasaran yang di lakukan oleh pelaku usaha tersebut. Seperti cara memulai usaha kue basah, anda harus menguasai secara baik bagaimana strategi dalam mengenalkan produk dan cara memasarkan kue buatan sendiri pada masyarakat luas yang akan kita bahas di bawah ini:

ads

1. Memulai Di Lingkungan Sekitar

Hal terkecil yang bisa kita lakukan adalah dengan terlebih dahulu melakukan pengenalan di lingkungan sekitar. Cobalah dengan tetangga terlebih dahulu. Buat beberapa tester kue dan biarkan tetangga anda mencoba mencicipinya terleih dahulu. Tanyakan bagaimana citra rasa dari kue buatan anda tersebut. Jika memang ada yang terasa kurang biarkan mereka mengkritiknya dan ini akan bagus untuk anda bisa memperbaiki kualitas produk kue rumahan buatan anda.

2. Penggunaan Sosmed

Sosmed atau sosial media adalah hal kedua di dalam cara memasarkan kue buatan sendiri yang cukup efektif dalam menarik minat pembeli. Karena salah satu cara memulai usaha kue rumahan adalah dengan melakukan promosi dengan menggunakan sosmed. Karena semua orang dengan kalangan dan latar yang berbeda beda bisa bertemu dan bekumpul di sosmed mana saja. Inilah mengapa banyak pengusaha yang menggunakan media sosial demi pemasaran poduk mereka.

3. Penawaran Tester

Sesuatu yang bisa di dapatkan secara gratis kan sulit di tolak oleh masyarakat. Inilah mengapa banyak yang menyarankan hal ini di dalam cara memasarkan kue buatan sendiri, dimana anda harus telebih dahulu berkorban demi memberikan beberapa tester bagi pelanggan agar mereka bisa menikmati secara gratis terlebih dahulu citra rasa dari kue yang anda buat dan produksi sendiri tersebut. Karena seeorang yang belum pernah merasakan kue anda tentunya masih akan sangat ragu dalam membel, berbeda halnya dengan mereka yang telah mengetahui citra rasa yang anda tawarkan.

4. Pemilihan Tempat

Tempat yang nantinya akan menjadi pilihan anda dalam memasarkan usaha kue anda haruslah tempat yang strategis dan ramai pengunjung. Seperti ketika anda memasrkan kue buatan anda di depan pusat perbelanjaan, di dekat pasar dan di pinggir jalan utama, tentunya akan lebih mudah dalam menjual produk tersebut daripada anda hanya memasarkannya di rumah bukan?

ads

5. Beri Bonus

Bukankah akan lebih meyakinkan jika sebuah produk atau kue buatan anda di rekomendasikan oleh orang lain? Ya, inilah yang sering di gunakan pengusaha dalam memikat calon pelanggan dan pembeli lainnya. Seperti cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil. Dimana mereka akan merekrut beberapa orang yang telihat pas dan cocok merekomendasikan produk mereka. Dalam hal ini, anda juga bisa menggunakan metode yang sama dengan menggunaka orang lain sebagai media promosi aktif dengan memberikan sejumlah insentif pada pelanggan tersebut. Tidak harus selalu berupa uang, namun anda bisa memberikan layanan yang ekstra seperti potongan harga dan hadiah dari produk kue anda.

6. Jalin Hubungan Baik

Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan adalah salah satu yang akan selalu di rekomendasikan oleh siapapun ketika anda bertanya cara apa saja yang akan mendongkrak pemasaran kue rumahan buatan anda tersebut. Karena tidak akan ada yang menyukai pelayanan yang asal asalan dan tidak ramah dari penjual kue yang nantinya menjadi langganan mereka. Boro boro langganan, buat kembali beli saja mungkin mereka akan berfikir dua kali. Karena seorang pelanggan yang loyal akan menjadi salah satu aset penting bagi pengusaha kue yang harus di pertahankan sebaik mungkin. Inilah mengapa anda harus berusaha mempertahankan hubungan baik yang akan tercipta antara anda dan pelanggan tersebut.

7. Kenali Pelanggan atau Research Market

Lakukan juga riset pasar sederhana agar anda bisa mengenali lebih dalam tentang kebutuhan pelanggan anda. Seperti ketika anda mempelajari tentang usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa, maka anda juga akan dianjurkan dalam mengenali karakter pelanggan dengan melakukan riset pasar. Karena pelanggan dan pasarlah yang nantinya akan membeli produk kue buatan anda tersebut. Merekalah sumber dari penghasilan anda bukan? semakin bagus analisa dan target konsumen yang anda bidik maka kemungkinan dari berhasilnya usaha dan terjualnya jualan kue anda akan semakin besar.

8. Perbaiki Bentuk

Jangan monoton tentang bentuk kue yang akan anda pasarkan, ya! Anda boleh saja menjual dan memasarkan produk kue yang telah banyak di jual di pasaran, namun jangan lupa untu sedikit lebih kreatif. Seperti ketika anda menjual kue basah, maka selain dari memperbaiki citra rasa anda juga harus berkreasi dengan bentuk dari kue kue tersebut. Bentuk bentuk unik dan berbeda dengan jenis kue lain yang sama sama di jual di pasaran akan membuat minat konsumen untuk membeli kue anda semakin meningkat.

9. Optimalkan Promosi

Promosi adalah tahapan dimana anda telah menguasai pasar dan memiliki target pasar tersendiri.  Usahakan anda melakukan promosi dengan seaktif mungkin dan lebih kreatif agar pelanggan kian berminat membeli usaha kue anda tersebut. Promosi ini jangan hanya di lakukan sekali saja ya, anda harus melakukan promosi secara terus menerus dengan konsisten.

10. Manfaatkan Internet Marketing

Ada beberapa teknik dari internet marketing yang bisa anda jadikan sebagai ajang mendongkrak popularitas dan meningkatkan jumlah penjualan produk anda. Seperti SMO dan SEO, yaitu social media optimization dan search engine optimization. Kenapa tidak mencoba mengoptimalkan keduanya? Apalagi kue adalah salah satu cemilan harian yang akan di sukai banyak kalangan.

Sponsors Link

11. Sewa Lapak 

Bukalah dan sewa sebuah lapak di depan mini market atau supermarket dimana banyak orang yang akan datang untuk berbelanja. Seperti usaha yang cocok di depan indomaret, usaha kue rumahan adalah salah satunya. Karena anda bisa mengenalkan uasaha kue anda kepada banyak jenis pelanggan yang kerapkali mengunjungi pusat perbelanjaan tersebut. Lebih efektif bukan?

12. Peningkatan Kualitas dan Evaluasi

Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi terhadap produk kue yang akan anda pasarkan tersebut. Tingkatkan kualitas dan citra rasa yang anda tuangkan kedalam produk kue-kue rumahan anda. Tidak ada lo yang ingin membeli kue yang terasa sudah tidak enak atau basi. Jadi, tetap pastikan kualitas dan higenitas dalam pemasaran produk kue tersebut, ya! Jangan sampai banyak pelanggan yang kabur hanya karena kelalaian sementara anda.

13. Jaga Reputasi

Siapa sih yang ingin image jualan uenya luntur karena hal yang sepele? inilah mengapa anda harus selalu berhati-hati dan selalu melakukan evaluasi rutin terhadap kualitas kue anda. Jangan sampai image baik yang anda jaga setelah sekian lama rusak hanya karena kelalaian sesaat. Karena menaikan dan membuat image positif itu lumayan sulit, lo!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis