Sponsors Link

13 Cara Memulai Usaha Kue Basah Mudah dan Jitu

Tidak salah jika anda mendengar sebuah anggapan bahwa bisnis kuliner adalah bisnis sepanjang masa yang tidak ada habisnya. Karena memang bangayk sekali ide dan peluang usaha kuliner yang bisa di kembangkan dan menjadi salah satu ide bisnis untuk pensiunan misalnya. Bisnis kuliner bisa di geluti dan di minati oleh berbagai kalangan, baik pengusaha yang masih mudah bahkan pengusaha senior yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis. Karena kuliner selalu berkembang dan mengikuti lajunya kecanggihan teknologi dan zaman. Dimana salah satu contoh dari ide bisnis kuliner adalah kue basah. Agar anda bisa sukses memulai ide bisnis kuliner yang satu ini maka kami akan menyediakan beberapa informasi penting tentang cara memulai usaha kue basah berikut ini.

ads

Bisnis ini adalah bisnis yang sangat bagus, menjanjikan dan memiliki prospek masa depan yang cerah. Dimana kue basah adalah salah satu cemilan yang sangat di sukai dan lezat. Inilah mengapa kue basah juga menjadi salah satu jajanan wajib yang di sediakan di pasar maupun di tempat umum lainnya. Bahkan kue basah juga menjadi salah satu menu hidangan penutup maupun pembuka di berbagai acara penting. Inilah mengapa banyak orang yang berusaha terjung menggeluti bisnis kuliner kue basah mencari tau cara memulai usaha kue basah di tengah banyaknya persaingan. Karena memang sangat di anjurkan untuk mengetahui cara memulai usaha kue basah sebelum anda langsung membuka usaha tersebut.

1. Menyukai dan Penguasaan Tahapan Pembuatan

Tidak jauh berbeda dengan cara memulai usaha kue rumahan, anda harus terlebih dahulu menguasai dan benar-benar memahami tentang dunia kue basah. Tidak peduli apapun sebenarnya backgroun pendidikan maupun lingkungan anda. Namun, anda memang harus terlebih dahulu memiliki minat dan mengetahui beberapa tahapan penting dalam pembuatan dan cara berbisnis kue basah tersebut. Karena kue basah akan sangat berbeda dengan kue kering yang lebih lama tahan di bandingkan dengan jenis kue basah. Adanya rasa memiliki dan kesenangan serta kecintaan anda terhadap bisnis kue basah ini akan memudahkan anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

2. Belajar dan Suvey

Diperlukan beberapa tahapan pembelajaran yang di dukung dengan survey agar anda bisa benar-benar mengerti akan usaha dan bisnis kue basah ini. Karena kue basah ini merupakan usaha yang cocok untuk di lakukan di mana saja bahkan juga salah satu usaha yang cocok di pasar malam tersebut, bisa dengan mudah berkembang jika anda mengerti konsep dasar berjualan kue basah. Anda bisa melakukan survey lapangan dengan mencari tau tentang penyebab apa saja yang menyebabkan seorang pengusaha kue basah menjadi bangkrut dan tidak mengalami perkembangan usaha. Bahkan sebaliknya, anda bisa mencari tau apa saja penyebab sebuah usaha kue basah menjadi berkembang dan sukses di pasaran.

3. Penentuan Jenis Kue

Ada banyak sekali jenis kue basah yang beredar di pasaran. Tugas anda hanyalah memilih dan menetukan beberaa jenis kue yang akan anda buat sebagai poduksi kue basah usaha kuliner anda. Karena ini merupakan salah satu usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa, maka anda bisa menilai apa saja yang bisanya lebih menarik minat pembeli dan lebih banyak di cari di pasaran.

4. Buat Sebuah Daftar

Agar bisnis kuliner kue basah ini berjalan dengan baik, maka setelah anda melakukan survey lapangan dan mencai tau tentang kue basah jenis apa yang layak untuk anda prodksi. Maka buatlah sebuah list sederhana yang di dalamnya berisikan beberapa daftar kue yang laris dipasaran. Anda bisa melakukan pergantian pembuatan produk yang berbeda berdasarkan list tersebut.

ads

5. Pahami dan Tentukan Sasaran

Ketika anda berada dalam tahapan penentuan kondisi pasar dan menyari tau tentang target usia yang akan menjadi pelanggan anda kelak. Maka anda bisa mencari tau di pasar yang banyak di masuki oleh para pesaing anda. Ya, para pengusaha kue basah lainnya. Disana anda bisa mencari tau tentang segala hal, termasuk kualitasm harga makanan. jenis kue dan faktor penting lainnya.

6. Ciptakan Keunggulan

Yap, tujuan dari semua hal yang anda lakukan seperti melakukan survey dan yang lainnya adalah untuk anda bisa lebih kreatif. Menciptakan sebuah terubosan baru yang lebih unggul akan membuat anda memiliki produk yang berbeda dan bisa laku di pasaran.

7. Ciptakan Sistem Yang Terstruktur

Ketika anda melakukan sebuah terobosan baru di usaha kue basah ini dengan menggunakan sebuah sistem yang nantinya bisa mengatur semua hal termasuk bagaimana berjalannya produksi dengan baik, maka ini akan menjadi salah satu penyokong yang kokoh di dalam usaha anda.

8. Pengaturan Komposisi Bahan, Harga Jual dan Modal

Ada sebuah perumpamaan dimana yaitu besar pasak daripada tiang. Ya, ini adalah perumpamaan yang harus menjadi salah satu wanti-wanti anda dalam memulai sebuah usaha. Dimana anda harus dengan yakin bisa dengan baik mengelola sega bentuk keuangan dari mulai pengeluaran modal dan bagaimana nantinya harga jual bisa menjadi hal yang lumayan ringan bagi pembeli namun tetap menguntungkan bagi anda.

 

9. Perbanyak Rasa dan Variasi Bentuk

Pernahkah anda melihat sebuah bisnis kuliner yang sukses hanya dengan mengandalkan sebuah varian bentuk dan rasa? Tidak, bukan. Semakin banyaknya variasi yang anda buat dan pilihan rasa yang beragam, maka pelanggan akan lebih mudah dalam memilih dan mereka juga akan lebih tertarik mencoba kue basah anda tersebut.

10. Kemasan

Jika anda menggunakan kemasan yang rapi, menarik dan bersih maka akan memudahkan pelanggan dalam mempromosikannya lagi kepada rekannya. Terutama untuk anak-anak, mereka tentunya akan lebih cenderung berminat pada bentuk kemasan unik dan menarik yang akan menghibur mata mereka/

11. Cara Pemasaran

Anda harus lebih pintar dalam melakukan cara memasarkan produk dari kue basah anda. Sebab nantinya anda akanmenemukan banyak pesaing di dalam pasar kuliner ini. Oleh karena itu anda harus lebih pandai dan pintar dalam mengatur strategi terbaik dalam memasarkan produk anda nantinya.

Sponsors Link

12. Promosi

Agar nantinya anda bisa melakukan pengembangan usaha yang baik, maka anda harus lebih gencar dalam melakukan promosi dan memberikan beberapa penawaran dan harga menaik agar orang-orang tertarik dengan promosi yang anda lakukan. Tidak hanya dengan promosi secara offline, sekarang ini akan lebih mudah dalam melakukan promosi online.

13. Terobosan Baru

Jangan terlalu malas untuk melakukan sebuah innovasi dan terobosan dimana ini akan memudahkan anda dalam memperbanyak pelanggan anda. Terobosan ini bisa berupa :

  • Pemberian diskon secara berkala
  • Produk tester yang bisa menunjang pemasaran kue basah anda
  • Perbaiki citra rasa dan jenis varian kue kue basah anda
  • Perbaiki kemasan produk kue basah anda
  • Jangan ragu untuk memasuki beberapa even tertentu yang nantinya bisa menjadi ladang dan tempat promosi anda

 

 

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis