Sponsors Link

13 Tips Sukses Bisnis Travel Agent

Sponsors Link

Ada banyak pilihan yang bisa di ambil ketika kita ingin bekerja dan menghasilkan uang. Menjadi seorang karyawan atau pegawai hingga menjadi seorang wirausahawan. Memilih menjadi pekerja memang lebih mudah ketimbang menjadi wirausahawan atau pebisnis. Selain dari minimnya resiko kehilangan modal, anda juga akan digaji perbulannya. Dibalik hal itu, tentu ada beberapa faktor minus yang juga hadir dibalik kemudahannya. Salah satu diantaranya adalah pensiun dini atau PHK. Karena anda berstatus “bawahan” tentunya anda harus mematuhi peraturan dan keputusan atasan.

ads

Lama beban kerja yang terkadang tidak sesuai dengan upah juga menjadi permasalahan berikutnya. Berbeda dengan para pebisnis. Mereka memang menanggung resiko yang lebih tinggi. Tapi memiliki keleluasaan dalam bertindak dan fleksibelnya waktu kerja. Tertarik mempelajari lebih lanjut tentang pebisnis dan bagaimana menjalankan sebuah bisnis? Ikuti ulasan – ulasan berikut.

baca juga:

Seperti yang telah dijabarkan diatas, bisnis adalah usaha yang dikelola dan dikembangkan oleh seseorang maupun kelompok tertentu. Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak sekali peluang bisnis serta pebisnis yang sukses dalam mengembangkan bisnisnya. Tidak ada yang mustahil selama ada keinginan untuk mencoba dan terus berusaha. Tidak sedikit pebisnis yang sebenarnya memulai dari nol bahkan minim pengetahuan akan bisnis yang dikelolanya. Walaupun semua kemungkinan selalu bisa terjadi, termasuk pergantian untung dan rugi. Tapi selalu ada beberapa hal yang wajib anda ketahui sebelum memulai bisnis anda sendiri.

  • Pesaing. Anda pastinya sudah tahu bahwa tidak sedikit orang yang memilih untuk memulai sebuah bisnis dan menjadi seorang pebisnis. Ketahuilah bahwa persaingan didunia bisnis cukup ketat. Tapi jangan takut, selalu ada celah untuk mengembangkan bisnis baru. Dan akan tetap bisa bersaing dengan para pendahulunya yang telah sukses.
  • Persiapan mental. Bagaimana tidak, seorang pebisnis harus selalu berfikir optimis dan memiliki mental sekuat baja. Karena mengandalkan sesuatu yang bersifat labil tidaklah mudah. Menjalankan sebuah bisnis butuh ketekunan dan keuletan. Jika sang pebisnis dengan cepatnya bisa kalah oleh keadaan, maka dapat dipastikan bahwa bisnis tersebut akan sulit untuk berkembang.
  • Kunci kesuksesan. Sebuah bisnis yang mampu bersaing dan bisa mendapatkan banyak profit tentunya sangat menggiurkan. Tapi tidak semua nasib dari bisnis tersebut sama. Bahkan seorang pebisnis yang memiliki bisnis yang sama dengan latar belakang yang sama kadang memiliki keuntungan yang berbeda. Temukanlah faktor rahasia yang bisa membuat bisnis anda berkembang lebih baik.
    Sponsors Link

  • Mengenali metode pasar. Selain dari beberapa poin penting diatas yang wajib anda persiapkan sebelum memulai sebuah bisnis, anda juga harus mempelajari pasar dan polanya. Seorang pebisnis sukses adalah orang yang teliti dan mau belajar akan kelemahan dan keunggulan bisnis lainnya.
  • Komunikasi. Ini adalah salah satu aspek penting tak hanya sebagai seorang pebisnis tapi sebagai manusia pada dasarnya. Dengan komunikasi yang baik dan lancar, segala seuatunya akan dapat terlaksana dengan baik. Dan sebagai seorang pengusaha, tentunya anda dituntut untuk lebih komunikatif agar banyak orang dapat mengenal usaha anda.

baca juga :

Pengertian Bisnis Travel dan Cara Ampuh Memulainya

Siapa sih yang tidak menyukai jalan – jalan alias traveling? Pastinya sebagian orang sangat menyukainya. Dan oleh sebab itulah bisnis travel adalah bisnis yang sangat menjanjikan jika dapat sikelola dengan baik. Walaupun demikian, banyak para pebisnis masih enggan untuk mencoba melirik peluang bisnis ini. Memikirkan tentang banyak resiko seperti keselamatan para penumpang, memikirkan biaya perawatan sekaligus perbaikan mobil dan bahkan berbagai kendala terkait pembatalan dan perubahan jadwal.

Sebenarnya, anda hanya membutuhkan metode yang tepat agar bisnis travel anda tidak melulu mengalami kemerosotan. Banyak cara ampuh untuk mengembangkan sebuah bisnis. Berikut beberapa cara agar bisnis travel anda dapat berkembang dan tetap mengalami keuntungan.

ads

1. Tentukan Jenis Dari Usaha Anda

Sebagaimana yang kita tahu, bisnis travel sendiri memiliki berbagai jenis. Jenis yang umum diantaranya adalah travel liburan baik dalam maupun luar negri maupun travel ibadah seperti umroh dan haji. Boleh saja anda menjalankan semuanya atau berfokus pada satu jenis saja. Travel liburan mungkin akan lebih sering dicari mengingat waktu liburan lebih sering datang tiap tahunnya.

2. Ciptakan Brand Yang Menarik

Sebuah brand atau tanda pengenal umum dimiliki oleh sebuah bisnis. Jika anda serius akan menjalankan sebuah peluang bisnis, maka brand sangatlah penting. Bayangkan saja jika anda tidak memilikinya, maka akan susah untuk melakukan promosi.

3. Kantongi Surat Izin Usaha

Memang harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengurus surat izin dalam berusaha. Tapi ini tidak sebanding dengan kepercayaan dan kemudahan dalam mendapatkan calon pelanggan nantinya. Para masyarakat tentunya lebih memilih usaha yang jelas asal – usulnya, dan surat izin usaha adalah salah satunya.

4. Tingkatkan Promosi

Cobalah mengoptimalkan promosi usaha anda ke konsumen. Ini akan banyak membantu jika banyak orang telah mengenal bisnis anda. Bukankah sekarang semuanya telah canggih? Promosipun tak melulu harus dari perorangan. Mencetak selebaran, menggunakan iklan online hingga media sosial adalah upaya – upaya promosi yang pantas ditiru.

baca juga :

5. Perluas Kemitraan

Salah satu pendukung keberhasilan dari sebuah bisnis adalah kerjasama dengan berbagai bisnis lain. Perluas jalinan kerja sama anda dengan berbagai mitra bisnis yang relevan. Anda bisa saja bekerja sama dengan berbagai bisnis lain seperti para tour guide dan bahkan para penyedia tiket liburan.

6. Berikan Penawaran Menarik

Tidak melulu masalah banting harga, tapi anda tetap bisa memikirkan berbagai penawaran menarik yang bisa anda sajikan untuk pelanggan anda bukan? Cobalah beberapa dan lihat hasilnya.

7. Tingkatkan Pelayanan

Didalam bisnis apapun, pelayanan tetap hal yang penting untuk ditingkatkan. Pelanggan anda akan tetap setia jika pelayanan didalam bisnis anda termasuk yang terbaik.

8. Go Online

Pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis anda secara online. Peluang akan lebih terbuka ketika anda mengembangkan usaha anda dengan banyak cara.

9. Periksa Ulang Peralatanmu

Untuk memulai sebuah bisnis, tentunya beberapa peralatan memang harus kita miliki. Walaupun kamu masih bisa menyewa atau meminjam. Tapi ini juga akan berpengaruh terhadap aliran modalmu bukan?

10. Dukungan Tim

Anda tentunya memiliki beberapa orang yang akan dijadikan sebuah tim dalam pengembangan bisnis ini. Carilah orang – orang yang serius dan berkualitas.

11. Tetap Tingkatkan Wawasan

Tentunya anda tetap harus memiliki wawasan yang luas tentang dunia traveling. Hal ini berdampak terhadap bisnis anda. Tidak sulit mencari informasi di zaman yang canggih ini. 

Sponsors Link

12. Belajar Dari Pendahulu

Mereka yang telah dahulu merintis bisnis travel adalah guru anda. Belajarlah dari pengalaman mereka, amati kesalahan yang ada dan cobalah menemukan solusi untuk tidak mengulanginya.

13. Keunikan

Cobalah menemukan keunikan tersendiri untuk bisnis anda. Berbeda dari yang lainnya tentu akan lebih baik dan menonjol bukan?

Demikianlah tips sukses bisnis travel yang dapat anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat.

baca juga :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis