Sponsors Link

8 Kelebihan dan Kekurangan Pasar Bebas

Sistem pasar bebas adalah ekonomi yang memungkinkan pasar untuk memutuskan harga barang dan jasa dengan cara penawaran dan permintaan, sehingga mencerminkan preferensi individu menggunakan sumber daya langsung seperti ciri-ciri pasar bebas.

ads

Apa Arti Sistem Pasar Bebas?

Apa definisi sistem pasar bebas? Tidak ada campur tangan pemerintah atau penetapan harga monopoli dalam sistem pasar bebas. Pertukaran barang dan jasa antara pemasok dan konsumen bersifat sukarela, dan semua pengaturan bisnis didesentralisasikan. Konsumen bebas untuk membuat keputusan ekonomi dan keuangan mereka, sedangkan pemasok menawarkan produk dan layanan mereka berdasarkan permintaan seperti kelemahan sistem ekonomi pasar. Di sisi lain, para ekonom bersikeras bahwa tidak ada pasar bebas di dunia nyata.

Sistem pasar bebas lebih merupakan konsep teoretis karena pemerintah selalu menempatkan beberapa jenis kendala dalam alokasi sumber daya dan pertukaran barang dan jasa. Contohnya adalah upah minimum yang ditetapkan oleh banyak pemerintah di seluruh dunia. Dalam ekonomi pasar bebas , perusahaan dan rumah tangga bertindak demi kepentingan diri sendiri untuk menentukan bagaimana sumber daya dialokasikan, barang apa yang diproduksi dan siapa yang membeli barang. Ekonomi pasar bebas berlawanan dengan bagaimana ekonomi komando bekerja, di mana pemerintah pusat dapat mempertahankan laba. Persyaratan minimum untuk pasar bebas:

1. Dua Orang Mitra

Tidak dapat memiliki pasar hanya dengan satu manusia. Dua manusia adalah minimum. Lebih banyak lagi manusia dapat dengan mudah dimodelkan sebagai penjumlahan dari perdagangan berpasangan.
Keinginan untuk Kekayaan yang Lebih Besar. Anda tidak berpikir kita membutuhkan pasar bebas karena Anda baik – baik saja tidur di papan dan beberapa paku di kotak kardus.

Jadi, ya, pasar bebas tidak relevan jika kedua manusia sepenuhnya puas dengan kehidupan mereka persis seperti apa adanya. Mengapa repot-repot bertemu jika salah satu pasangan memiliki minat yang sama dengan perdagangan tersebut. Kedua belah pihak harus setidaknya terbuka untuk gagasan meningkatkan kehidupan mereka – yang dalam istilah pasar bebas adalah “meningkatkan kekayaan mereka”.

2. Hormati Hak Kekayaan Orang Lain

Sekarang, jika salah satu pihak adalah seorang penjahat, yah, pengalaman khusus ini akan kurang bahwa pasar bebas yang hangat dan bebas dari rasa menang-menang. Jika salah satu peserta percaya Semua milik Anda adalah milik saya, atau Kita semua harus berbagi. Atau Tidak ada yang namanya properti, atau Anda berhutang padaku, Atau Aku pantas mendapatkannya. Baik, kita tidak akan memiliki perdagangan sukarela dan suka rela. Ancaman akan dibuat. Senjata dapat ditarik. perpecahan akan sangat mungkin terjadi. Tetapi jika keduanya menghormati diri sendiri dan orang lain dengan cukup bahwa mereka tidak akan membahayakan tubuh orang lain, dan mereka tidak akan mencuri atau menipu atau mengancam, maka kita memiliki elemen yang diperlukan ini untuk pasar bebas.

3. Sesuatu untuk Perdagangan

Sekarang, ini sebenarnya adalah elemen termudah, meskipun mereka yang tidak tahu cara menciptakan kekayaan berpikir itu adalah yang paling sulit. Masing-masing dari kita memiliki banyak hal yang dapat kita perdagangkan.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Bebas

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan pasar bebas yang bisa kita identifikasikan yaitu :

Keuntungan Dari Pasar Bebas

1. Kedaulatan Konsumen

Di pasar bebas, produsen menghasilkan apa yang diinginkan konsumen dengan harga yang wajar. Ini memberi konsumen lebih banyak pilihan untuk pembelian mereka.

2. Ketiadaan Birokrasi

Pasar bebas mengurangi biaya, mengarah ke lebih banyak inovasi dan penelitian & pengembangan melalui tidak adanya pita merah. Pengusaha tidak perlu menunggu pemerintah untuk memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan. Mereka mempelajari permintaan, tren penelitian, dan memenuhi kebutuhan pelanggan melalui inovasi. Ini juga mendorong persaingan di antara perusahaan untuk meningkatkan produk dan layanan mereka.

3. Pengaruh Motivasi Perusahaan Gratis

Dipandu oleh tangan tak terlihat, para wirausahawan mengambil risiko untuk memenuhi permintaan konsumen. Para wirausahawan yang berhasil diberi imbalan dengan keuntungan. Tangan tak terlihat adalah konsep ekonomi di mana permintaan pasar bertindak sebagai sinyal bagi produsen, yaitu karena konsumen menginginkan dan bersedia membayar untuk roti, seorang tukang roti memiliki insentif untuk memproduksi roti.

Sponsors Link

4. Alokasi Sumber Daya Optimal

Sumber daya di pasar didistribusikan dan dialokasikan dengan lebih baik. Karena konsumen bersedia membayar untuk sejumlah produk tertentu, produsen bersedia membayar untuk mendapatkan bahan mentah. Kalau tidak, produsen menghasilkan terlalu banyak barang yang tidak diinginkan siapa pun. Hal ini juga mendorong perusahaan untuk menjadi lebih efisien karena mereka berusaha untuk menghasilkan dengan harga serendah mungkin untuk memaksimalkan keuntungan mereka.

Kekurangan Dari Pasar Bebas

Ini adalah empat kerugian ekonomi pasar bebas yaitu :

1. Kualitas Buruk

Karena maksimalisasi laba adalah motivasi terbesar bagi perusahaan, mereka mungkin mencoba mengurangi biaya mereka secara tidak etis dengan mencemari lingkungan atau dengan mengeksploitasi pekerja seperti upaya menghadapi pasar bebas yang efektif.

2. Barang Barang

Barang dan jasa yang tidak menguntungkan tidak akan diproduksi / dijalankan. Masyarakat pedesaan akan menderita sebagai akibatnya, misalnya, mengenai transportasi dan pos. Misalnya, rumah sakit pedesaan mungkin tidak menguntungkan untuk dijalankan tetapi diperlukan.

3. Kekuatan Perusahaan

Perusahaan besar masih dapat mendominasi pasar tertentu, bahkan di mana ada persaingan, dan mengeksploitasi pemasok dengan menekan harga turun dan konsumen dengan membebankan harga jual yang lebih tinggi untuk memaksimalkan laba. Amazon telah melakukan ini di industri buku dengan mendikte istilah yang tidak adil kepada penerbit.

4. Pengangguran

Anggota masyarakat tertentu tidak akan dapat bekerja dengan orang tua atau penganggur karena keterampilan mereka tidak dapat dipasarkan. Mereka akan ditinggalkan dan jatuh miskin ingat jika tidak ada pemerintah, mereka tidak bisa ditolong seperti ciri-ciri ekonomi pasar.

Sebagai contoh, banyak negara melarang produsen dari polusi, harga di bawah biaya, atau menjadi monopoli . Selain itu, mereka sering kali membutuhkan standar keamanan minimum, pengungkapan bahan-bahan, perizinan para profesional tertentu, dan perlindungan terhadap ide-ide orisinal, untuk menyebutkan beberapa saja. Banyak pemerintah mengontrol pasokan uang untuk meminimalkan efek negatif dari ekspansi dan kontraksi ekonomi alami seperti kelebihan dan kekurangan pasar persaingan tidak sempurna.

Sponsors Link

Pasar bebas juga bisa lebih menjadi istilah subjektif. Di negara-negara demokrasi barat, pemerintah yang dipilih oleh warga negara meloloskan peraturan. Oleh karena itu, peraturan ini melindungi mayoritas warga negara, dan mencerminkan nilai-nilai mereka. Pasar-pasar ini merasa bebas bagi sebagian besar warga, bahkan ketika mereka sangat diatur.

Dalam pemerintahan otokratik, pemerintah yang tidak terpilih memaksakan keputusan pasar besar. Aturan-aturan ini cenderung terasa menindas, bahkan jika mungkin ada lebih sedikit peraturan secara keseluruhan. Pro dan kontra pasar bebas tunduk pada perdebatan di seluruh dunia, dan merupakan salah satu garis pemisah utama antara ekonomi kapitalis dan komunis. Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan pasar bebas yang bisa di identifikasi.

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro