Sponsors Link

Kierja Sistem Ekonomi Liberal Di Indonesia Dari Masa Ke Masa

Indonesia memiliki ekonomi liberal. Itu berarti beroperasi sebagai ekonomi pasar bebas dalam barang-barang konsumen dan layanan bisnis, tetapi beroperasi sebagai ekonomi komando dalam pertahanan, program pensiun, banyak aspek perawatan medis, dan banyak bidang lainnya. Konstitusi Indonesia telah dibuat dan sekarang melindungi ekonomi liberal Indonesia seperti kelemahan sistem ekonomi liberal\.

ads

Mengukur Sistem Ekonomi Liberal Di Indonesia

Cara terbaik untuk memperkirakan ukuran ekonomi Indonesia adalah dengan produk domestik bruto , atau PDB. Itu mengukur segala sesuatu yang diproduksi di Indonesia, terlepas dari apakah itu dibuat oleh warga negara Indonesia dan perusahaan atau orang asing. Jangan bingung dengan pendapatan nasional bruto , yang semuanya diproduksi oleh warga negara AS dan perusahaan, di mana pun mereka berada di dunia seperti kelemahan sistem ekonomi liberal

Ada tiga ukuran penting dari GDP. GDP nominal adalah ukuran utama. Ini memberikan angka yang disetahunkan. Itu berarti dikatakan berapa banyak yang akan diproduksi untuk tahun jika ekonomi terus berjalan pada tingkat yang sama. GDP riil melakukan hal yang sama tetapi menghilangkan efek inflasi. Para ekonom menggunakannya untuk membandingkan PDB dari waktu ke waktu. Tingkat pertumbuhan PDB menggunakan GDP riil untuk menghasilkan pertumbuhan dibandingkan kuartal terakhir atau tahun lalu.

Ada empat komponen GDP . Belanja konsumen adalah 70 persen dari total. Ini termasuk sub-komponen barang dan jasa. Dalam barang adalah barang tahan lama , seperti mobil, dan barang-barang yang tidak tahan lama , seperti bensin. Dalam layanan adalah perbankan dan perawatan kesehatan. Layanan mendorong 50 persen ekonomi sementara barang mendorong 20 persen.

Pengeluaran pemerintah adalah komponen terbesar kedua, mendorong 18 persen PDB. Ini termasuk pembelanjaan pertahanan nasional , tunjangan Jaminan Sosial dan perawatan kesehatan. Ini juga termasuk anggaran negara bagian dan kota. Investasi bisnis berikutnya. Ini terdiri dari 16 persen PDB. Ini termasuk manufaktur , konstruksi real estat dan properti intelektual. Komponen keempat adalah ekspor neto. Itu ekspor, yang menambah ekonomi bangsa, dan impor, yang dikurangi darinya. Indonesia memiliki defisit perdagangan, yang berarti mengimpor lebih banyak daripada ekspor. Ekspor terbesarnya adalah pakaian, serat dan kelapa sawit. Itu juga impor terbesarnya.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Ekonomi Liberalis Di Indonesia?

Pernahkah Anda berkata kepada diri sendiri, “Tepatnya bagaimana cara kerja ekonomi Indonesia?” Selama masa resesi , Anda mungkin berpikir “Tidak terlalu baik!” Anda dapat belajar bagaimana memprediksi resesi berikutnya dengan memahami tiga kekuatan yang mempengaruhi ekonomi. Mereka adalah hukum penawaran dan permintaan, siklus bisnis dan inflasi. Ketiga kekuatan ini saling mempengaruhi.

Penawaran dan permintaan

Penawaran dan permintaan menentukan harga, upah dan jumlah produk yang tersedia. Hukum penawaran dan permintaan mengatakan bahwa pasokan akan naik atau turun untuk memenuhi tingkat permintaan dari waktu ke waktu. Dalam jangka pendek, jika permintaan naik dan pasokan tidak dapat mengejar, maka harga akan naik. Permintaan yang tinggi akan suatu produk akan meningkatkan upah pekerja yang dapat membuat produk tersebut.

Pasokan terdiri dari empat faktor produksi . Mereka adalah tenaga kerja , kewirausahaan, barang modal dan sumber daya alam. Tenaga kerja adalah tenaga kerja yang mengubah bahan mentah menjadi produk dan jasa jadi. Ini diukur oleh angkatan kerja. Sumber daya alam termasuk minyak, tanah dan air. Harga minyak terdiri dari 70 persen dari biaya gas seperti sistem ekonomi liberal. Permintaan adalah keinginan konsumen untuk memiliki barang atau jasa. Itu hanya dibatasi oleh keinginan konsumen untuk membayar harga yang ditawarkan.

Siklus bisnis

Perekonomiannya dinamis. Kenaikan dan penurunannya bergantung pada siklus bisnis . Siklus ini memiliki empat fase. Pada fase ekspansi, ekonomi tumbuh. Jika tumbuh pada tingkat sehat 2-3 persen, ekonomi dapat tetap berada dalam fase ekspansi selama bertahun-tahun. Tetapi ketika memasuki fase kegembiraan irasional, itu menciptakan gelembung aset . Itulah fase kedua yang disebut puncak.

Kemudian memasuki kontraksi. Saat itulah tingkat pertumbuhan PDB berubah negatif dan ekonomi memasuki resesi. Pengangguran meningkat. Cari tahu penyebab resesi. Ketika ekonomi berkontraksi selama bertahun-tahun, itu disebut depresi . Pelajari perbedaan antara resesi dan depresi. Di bagian bawah resesi ada palung. Ekonomi kemudian memasuki fase ekspansi baru. Cari tahu di mana kita berada dalam siklus bisnis saat ini.

Sponsors Link

Inflasi dan Deflasi

Inflasi adalah kekuatan besar lainnya dalam perekonomian. Itu ketika permintaan lebih besar dari pasokan dan harga naik. Itu terjadi pada fase puncak siklus bisnis. Untuk lebih lanjut, lihat Bagaimana Inflasi Mempengaruhi Kehidupan Saya? Inflasi sangat sulit dibasmi. Setelah itu terjadi, orang mulai mengharapkan harga yang lebih tinggi. Itu karena mereka akan membeli sekarang sebelum harga naik lebih banyak di masa depan. Itu meningkatkan permintaan lebih banyak lagi. Penyebab lain inflasi adalah peningkatan jumlah uang beredar.

Deflasi adalah kebalikannya. Itu terjadi ketika harga jatuh. Itu juga terjadi pada aset, seperti harga perumahan dan portofolio saham. Itu menciptakan jatuhnya saham dan krisis keuangan. Itu terjadi selama fase kontraksi dari siklus bisnis. Cari tahu cara mengidentifikasi dan melindungi diri Anda dari krisis ekonomi berikutnya.

Pengaruh pemerintah

Pemerintah Indonesia ingin mencegah resesi dan inflasi. Pengangguran tinggi dan meroketnya harga mengakhiri karir politisi dalam demokrasi. Tapi itu menantang dalam ekonomi pasar. Pemerintah hanya dapat mempengaruhi, bukan mengendalikan, ketiga kekuatan itu. Dalam ekonomi komando, pemerintah menetapkan harga dan pasokan. Namun demikian, pemerintah memiliki banyak alat untuk mempengaruhi ekonomi Indonesia.

Kebijakan fiskal

Pejabat yang terpilih memiliki banyak alat dalam kebijakan fiskal. Pertama, ia memiliki dampak anggaran federal sebesar  4 triliun . Itu 20 persen dari ekonomi 19 triliun. Jumlah uang itu menciptakan pertumbuhan di mana pun uang itu dibelanjakan. Itu mempengaruhi bisnis yang menciptakan lapangan kerja. Sebagian besar ditujukan untuk tiga biaya terbesar: tunjangan Jaminan Sosial, belanja militer , dan Medicare. Itulah salah satu alasan mengapa industri perawatan kesehatan adalah bagian besar dari perekonomian. Pelajari lebih lanjut tentang meningkatnya biaya perawatan kesehata .

Semua pendapatan akhirnya berasal dari pajak penghasilan Anda atas penghasilan Anda. Penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghabiskannya.Presiden memulai proses anggaran setiap tahun tetapi hanya Kongres yang memiliki wewenang untuk dibelanjakan. Misalnya, Paket Stimulus Ekonomi Presiden adalah idenya, tetapi tidak bisa pergi ke mana pun tanpa persetujuan Kongres.

Sponsors Link

Kebijakan moneter

Kongres juga menciptakan Sistem pemerintahan, Ini adalah bank sentral nasional . Ini menggunakan kebijakan moneter untuk mengendalikan inflasi. Tujuan keduanya adalah untuk merangsang ekonomi. Ini juga dibebankan dengan kelancaran fungsi sistem perbankan. Karena alasan ini, banyak ahli menyebut Ketua Federal Reserve sebagai orang paling berkuasa di planet ini.

Ada dua jenis kebijakan moneter. Kebijakan moneter ekspansif mempercepat pertumbuhan dan menurunkan tingkat pengangguran. Itu melakukan itu ketika menurunkan suku bunga atau menambahkan kredit ke bank untuk meminjamkan. Itu meningkatkan jumlah uang beredar Indonesia.Kebijakan moneter kontraktif memerangi inflasi dan memperlambat pertumbuhan. Untuk melakukan ini, Fed menaikkan suku bunga atau menghilangkan kredit dari neraca bank. Itu menurunkan jumlah uang beredar.

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro