Sponsors Link

Inilah 5 Cara Menabung Untuk Beli Rumah dengan Gaji 3 Juta

Tinggal di sebuah rumah tinggal yang nyaman tentunya menjadi harapan semua orang, khususnya bagi keluarga muda atau pasangan suami-istri yang baru menikah. Sayangnya peningkatan permintaan rumah jumlahnya sungguh tidak sebanding dengan jumlah lahan yang tersedia. Bagi anda yang tinggal di kota-kota besar, membeli rumah dengan harga murah kedengarannya seperti khayalan yang mustahil diwujudkan. Apalagi jika anda memiliki penghasilan 3 juta per bulan.

Banyak orang berpendapat bahwa kredit kepemilikan rumah (KPR) merupakan solusi tepat untuk membeli rumah. Akan tetapi besar uang muka (DP) yang mencapai 30% dari total harga rumah, belum termasuk cicilan per bulan, bunga yang harus dibayar, serta biaya notaris, asuransi, dan perawatan rumah, wah, ternyata biaya yang harus anda keluarkan juga tidak sedikit! Lantas, langkah apa yang sebaiknya dapat anda lakukan? Tentu saja, menabung. Berikut ini adalah cara-cara menabung untuk beli rumah bagi anda yang berpenghasilan 3 juta per bulan:

  1. Membuat Perencanaan Keuangan

Hal yang paling sering dilewatkan oleh para pasangan muda yang baru menikah ialah membuat perencanaan keuangan. Padahal ini merupakan langkah penting untuk menentukan kesejahteraan keluarga di masa yang akan datang. Jika anda adalah salah satu dari pasangan muda yang baru saja menikah atau pasangan muda yang hendak menikah, ada baiknya jika anda dan pasangan mulai mendiskusikan tentang perencanaan keuangan.

Menyusun perencanaan keuangan dapat dilakukan dengan membuat daftar keperluan anda, seperti rumah, pendidikan anak, kebutuhan sehari-hari dan lain-lain. Selanjutnya, dari daftar tersebut anda dapat menyusun rincian biaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan anda. Berikutnya lakukan penyesuaian dengan besar pendapatan yang anda peroleh per bulannya. Percaya atau tidak, perencanaan keuangan akan membantu anda dalam mengatur keuangan keluarga sehingga anda pada akhirnya dapat memenuhi daftar keperluan anda tanpa perlu berhutang.

  1. Mencari Pekerjaan Sambilan

Fungsi lain dari perencanaan keuangan yang anda buat ialah untuk mengetahui apakah anda membutuhkan penghasilan tambahan atau tidak. Bagi anda yang tinggal di wilayah perkotaan, penghasilan 3 juta per bulan tergolong kecil dan bahkan jauh lebih kecil lagi apabila anda dan pasangan anda tidak dapat mengelola keuangan dengan baik. Terlebih, biaya hidup di wilayah perkotaan tidaklah kecil. Dalam kasus ini, anda tidak memiliki pilihan selain memperbesar arus pendapatan  yang diperoleh dengan cara mencari penghasilan tambahan. Maka carilah pekerjaan sambilan yang dapat anda lakukan dari rumah dan berpotensi menghasilkan uang. Berjualan secara online atau melakukan pekerjaan paruh waktu mungkin bisa jadi alternatif pilihan bagi anda.

  1. Memulai Investasi Sedini Mungkin

Bagi anda yang belum memiliki pasangan, jangan pernah berpikir bahwa anda bisa hidup bebas dan menghabiskan uang yang anda hasilkan. Justru inilah saat yang tepat bagi anda untuk memulai investasi. Ingatlah bahwa dalam rangka mewujudkan keluarga yang sejahtera dan berkecukupan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi ada baiknya jika anda mulai menabung sebelum memutuskan melangkah ke jenjang pernikahan.

Namun apabila anda adalah pasangan suami-istri yang belum memiliki tabungan, jangan khawatir! Ingatlah bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai. Anda dapat mulai berhemat dan membuat rencana keuangan bersama pasangan. Lalu usahakan anda menyisihkan sebagian uang secara rutin untuk ditabung. Ingat, sisihkan dan jangan sisakan! Karena jika tidak disisihkan, maka uang 3 juta per bulan akan ikut terpakai untuk memenuhi kebutuhan sehingga tidak ada sisa untuk menabung.

  1. Membeli Rumah Bekas atau Rumah Pinggiran

Jika anda tinggal di wilayah perkotaan, maka sesekali lakukanlah survey perumahan yang berada di pinggiran kota selagi menabung. Meskipun agak jauh dari pusat kota, namun biasanya anda dapat memperoleh harga rumah yang lebih murah. Selagi anda tinggal disana, anda dapat menabung untuk membeli rumah yang lebih dekat dengan pusat kota nantinya.

Membeli rumah bekas dengan harga murah juga bukan ide yang buruk. Anda bisa mengumpulkan uang untuk melakukan renovasi nanti. Yang terpenting, belilah rumah sesuai uang tabungan yang anda miliki. Membeli rumah secara tunai sejatinya jauh lebih baik ketimbang membeli rumah secara kredit, apalagi bagi anda yang memiliki penghasilan 3 juta per bulan.

  1. Manfaatkan Program Pemerintah

Alternatif terakhir yang dapat anda lakukan ialah memanfaatkan program Pemerintah. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat biasanya Pemerintah memiliki program menyediakan rumah bagi orang-orang yang berpenghasilan rendah. Anda dapat mencari tahu mengenai informasi ada tidaknya program-program seperti itu di kota anda selagi menyisihkan uang untuk ditabung. Jika ada, maka segeralah mendaftar dan penuhi persyaratannya.

Itulah cara menabung untuk beli rumah bagi anda yang berpenghasilan 3 juta per bulan. Apakah anda memiliki kiat lain untuk menabung? Semoga informasi ini bermanfaat!

, , ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning