Sponsors Link

5 Cara Menabung Untuk Menikah Dengan Gaji 3 Juta Ini, Wajib Jadi Acuan !

Nikah muda merupakan salah satu tren yang digandrungi di kalangan pemuda-pemudi berusia 20-an. Nikah muda dianggap memiliki beberapa kelebihan, termasuk diantaranya memenuhi kewajiban yang terkandung dalam norma-norma agama. Saking populernya tren ini, bahkan sampai membuat anak-anak remaja turut bercita-cita menikah di usia muda, setelah lulus SMA atau perguruan tinggi, misalnya.

Di balik keputusan untuk mengikuti tren nikah muda, tentunya ada banyak keputusan yang harus dipertimbangkan secara matang, apalagi jika tidak ingin terlalu membebani orang tua anda maupun pasangan anda. Terutama masalah biaya pernikahan yang jumlahnya tidak kecil. Karena itu, biaya pernikahan ada baiknya dipersiapkan sedini mungkin dengan cara menabung. Masalahnya, mungkinkah anda menabung apabila pendapatan anda hanya 3 juta? Jawabannya, tentu saja mungkin. Berikut ini adalah lima cara menabung untuk menikah dengan gaji 3 juta:

  1. Melakukan Perencanaan Biaya Pernikahan

Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelum menabung ialah membuat perencanaan tentang biaya-biaya yang sekiranya anda perlukan untuk melangsungkan pernikahan, seperti sewa gedung, event organizer (EO), rias pengantin, sewa pakaian pengantin, souvenir, dan lain-lain. Jika anda memiliki pendapatan 3 juta per tahun, maka ada baiknya jika anda melangsungkan pernikahan yang sederhana.

Pernikahan yang lebih sederhana dapat anda lakukan dengan mencari beberapa alternatif yang lebih murah secara biaya tanpa mengurangi kenyamanan bersama. Misalnya, anda dapat mendiskusikan dengan keluarga untuk melangsungkan pernikahan di rumah daripada harus menyewa gedung pernikahan. Selain lebih hemat, anda dan pasangan juga dapat langsung beristirahat setelah acara pernikahan berlangsung. Anda juga dapat mengirimkan undangan dengan memanfaatkan media sosial kepada teman-teman anda alih-alih mencetak undangan dan menyebarkannya satu per satu.

Dalam menyusun perencanaan, ada baiknya jika anda menyertakan perkiraan biaya yang anda perlukan secara rinci. Jika perlu, lakukan survey kebutuhan pernikahan bersama pasangan anda agar anda dapat membandingkan mana yang lebih murah. Selanjutnya anda dapat melakukan perbandingan dengan pendapatan anda sekaligus menyusun rencana menabung per bulan bersama pasangan.

  1. Meminta Bantuan Orang di Sekitar

Untuk menghemat biaya, anda dapat meminta bantuan teman. Untuk foto prewedding dan make up, misalnya. Jika anda memiliki seorang teman yang ahli dalam bidang fotografi dan editing, mintalah bantuan padanya untuk mengambil beberapa foto anda bersama pasangan alih-alih mempekerjakan fotografer profesional. Begitu pula halnya jika anda memiliki seorang teman yang ahli merias, anda juga dapat meminta bantuan untuk rias pengantin.

Anda dapat meminta bantuan teman anda untuk memimpin jalannya acara pernikahan alih-alih menyewa event organizer (EO). Bahkan anda juga dapat meminta bantuan tetangga-tetangga dan anggota keluarga anda untuk memasak bersama daripada memesan catering. Begitupun halnya jika anda kekurangan kursi, anda dapat meminjam persediaan kursi dari balai RT atau RW daripada memesan tambahan kursi pada jasa persewaan. Dengan demikian setidaknya kalaupun anda tetap harus mengeluarkan uang, harganya tidak akan terlalu mahal.

  1. Rutin Menyisihkan Uang

Cara menabung yang paling efektif adalah dilakukan secara konsisten (rutin). Jika anda memang berniat untuk menikahi pasangan anda maka sebaiknya anda membuat komitmen bersama untuk rutin menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung. Besar uang yang disisihkan per bulan sebaiknya disepakati di awal agar tidak memicu perselisihan. Selain itu, akan lebih elok jika anda dan pasangan saling mengingatkan, agar agenda menabung anda dan pasangan dapat berjalan secara rutin. Tabungan ini nantinya dapat anda simpan bersama untuk digunakan membiayai seluruh pengeluaran yang diperlukan.

  1. Pacaran Dalam Mode Berhemat

Kencan adalah kegiatan yang paling banyak mengeluarkan uang. Karena itu, ada baiknya jika anda berkencan dalam mode berhemat. Mode berhemat yang dimaksud adalah tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Misalnya anda dapat berkunjung ke rumah pasangan anda dan makan seadanya di rumah daripada harus keluar rumah dan menghabiskan uang dengan makan di restoran. Anda juga dapat merayakan anniversary dengan memberikan hadiah handmade yang menciptakan kesan daripada harus membeli sesuatu yang mahal. Dengan demikian, pengeluaran anda akan jadi lebih irit, dan anda dapat memasukkan biaya kencan rutin anda ke tabungan pernikahan.

  1. Menambah Sumber Pendapatan

Alternatif lain yang perlu anda pertimbangkan adalah menambah sumber pendapatan. Acara pernikahan pada dasarnya hanyalah pintu gerbang dari kehidupan pernikahan yang jauh lebih panjang dan membutuhkan lebih banyak dana. Karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk menambah sumber pendapatan dengan bekerja paruh waktu atau berjualan online sebagai selingan. Dengan adanya pendapatan tambahan, anda dapat menambah tabungan pernikahan anda sekaligus menabung untuk kebutuhan setelah acara pernikahan, seperti sewa rumah.

Nah, itulah 5 cara menabung untuk menikah dengan gaji 3 juta. Semoga informasi ini bermanfaat!

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning