Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Kesulitan Ekonomi Anda

Masalah keuangan kerap kali terjadi oleh siapapun, baik itu mereka yang masih bersama dengan orang tua atau mereka yang sudah berkeluarga. Memang kesulitan ekonomi lazim terjadi oleh siapa saja. Masalah keuangan terjadi bukan karena pendapatan yang dihasilkan minim atau kecil, tapi lebih kepada orang yang mengelola keuangan rumah tangganya tersebut.

Namun, jangan salah juga, bisa jadi kesulitan ekonomi disebabkan karena rendahnya pendapatan atau hanya salah satu pihak saja yang bekerja. Jadi, semua lebih kepada diri Anda masing-masing dimanakah posisi Anda? Apakah Anda yang bergaji fantastis namun tidak bisa mengelola keuangan Anda dengan baik atau Anda yang bergaji minim namun pengeluaran Anda cukup banyak. Misalnya demi kebutuhan anak dan kebutuhan rumah tangga.

Bagi mereka yang bergaji minim, tanggungan mereka mungkin banyak. Misalnya harus menyekolahkan 3 orang anaknya, sedangkan hanya salah satu pihak saja yang bekerja. Atau mereka yang bergaji besar namun tidak bisa mengatur keuangannya, maka bisa terjadi kondisi-kondisi tersebut menyebabkan kesulitan ekonomi yang mereka hadapi. Intinya permasalahan keuangan timbul kalau pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pemasukan yang Anda dapatkan. Kalau Anda merasa kondisi ekonomi Anda sedang bermasalah, berikut ini 8 cara mengatasi kesulitan ekonomi Anda.

  1. Cek Kondisi Keuangan Anda

Dengan mengecek kondisi keuangan Anda, maka Anda bisa mengetahui kondisi masalah keuangan yang sedang Anda hadapi. Apakah masalah keuangan yang sedang Anda hadapi ini? Apa karena terlalu banyak pengeluaran atau bisa juga karena Anda memiliki hutang ke pihak lain. Jika Anda sudah mengetahui apa penyebabnya maka Anda bisa langsung menyelesaikan masalah keuangan yang Anda hadapi dengan tanggap.

Jika masalah keuangan yang Anda hadapi ini karena pengeluaran yang terlalu banyak, maka mulai saat ini juga Anda harus jadi pribadi yang tidak boros mulailah dengan memikirkan bahwa ada yang lebih penting lagi kedepannya. Jika Anda berhutang kepada orang lain maka lunasi secepatnya, setiap pendapatan yang Anda dapatkan selalu usahakan untuk membayar hutang-hutang Anda agar bunganya tidak makin bertambah, jika Anda sudah melunasi hutang Anda, Anda bisa langsung menabung untuk memperbaiki kondisi keuangan Anda kembali.

  1. Menyusun Anggaran Keuangan

Jika Anda sudah mengetahui penyebab masalah ekonomi yang Anda hadapi, langkah selanjutnya ialah menyusun anggaran pribadi Anda sendiri, atau bagi Anda yang sudah berkeluarga maka Anda harus pintar menyusun anggaran rumah tangga. Anda bisa memulainya dengan membuat pencatatan pendapatan dan pengeluaran perhari atau perminggu, jika ada pengeluaran lain di luar daftar itu pilihlah yang harus menjadi prioritas Anda dalam pengeluaran. Tujuan menyusun anggaran ini adalah untuk mengatahui kemampuan keuangan Anda sekaligus mencegah Anda boros.

  1. Melunasi Hutang

Jika Anda memiliki hutang kepada pihak lain, ini yang membuat Anda mengalami kondisi kesulitan ekonomi. Anda jadi harus berurusan dengan pihak lain untuk segera melunasi hutang Anda. Belum lagi bunga yang semakin melonjak jika Anda tidak segera melunasi hutang Anda. Di masa-masa seperti ini, Anda harus komitmen terhadap diri sendiri untuk segera melunasi hutang Anda secepatnya karena jika Anda selalu menunda-nunda akan tidak baik bagi diri Anda sendiri. Untuk itu cara mengatasi kesulitan ekonomi Anda adalah dengan segera melunasi pinjaman Anda kepada pihak atau orang lain. Hindari untuk melakukan pembayaran hutang melebihi 30% dari hasil pendapatan atau gaji Anda tiap bulannya. Jika persentasenya lebih maka dipastikan Anda bisa kesulitan untuk melunasinya.

  1. Pilih Investasi Yang Tepat

Jika Anda sudah mulai memperbaiki kondisi ekonomi Anda atau keluarga Anda, sudah saatnya Anda menata kondisi keuangan Anda agar lebih baik lagi. Cobalah untuk melakukan investasi, cara ini lebih menguntungkan dibandingkan untuk belanja dan kegiatan yang sebenarnya tidak diperlukan. Lagipula ketika Anda berinvestasi maka akan ada imbal hasil yang Anda dapatkan, dan Anda mendapatkan keuntungan dari hasil investasi. Misalnya Anda berinvestasi tanah dan membangun kos-kosan maka imbal hasilnya Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil pembayaran kos-kosan tersebut. Cara ini ampuh mengatasi kesulitan ekonomi yang Anda hadapi.

  1. menyiapkan Dana Cadangan

Menyiapkan dana cadangan sangat penting apabila Anda menghadapi risiko yang tidak terduga. Untuk itu tiap pendapatan yang Anda dapatkan siapkan dana cadangan sekitar enam kali gaji untuk bertahan hidup sampai Anda  benar-benar bisa memulihkan kondisi keuangan Anda.

  1. Ubah Kebiasan Boros

Jika kondisi keuangan Anda belum benar-benar pulih kembali, maka Anda perlu melakukan berbagai upaya penyelamatan keuangan Anda dengan mengubah kebiasaan boros dalam menggunakan uang. Mengubah kebiasaan boros berarti mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih hemat. Tinggalkan segala aktivitas yang sekiranya tidak penting, karena itu bisa menjerumuskan Anda kedalam kesulitan ekonomi yang Anda hadapi. Jalani hidup sederhana dan bersyukur apa saja yang Anda peroleh saat ini.

  1. Harus punya prinsip hidup dalam keuangan

Setelah mengubah gaya hidup yang sebelumnya boros, sekarang Anda harus bisa menjadi pribadi yang sederhana. Anda harus berkomitmen terhadap diri Anda sendiri dengan memiliki prinsip hidup dalam mengatur keuangan untuk meninggalkan gaya hidup lama Anda dan mulai menjalankan gaya hidup yang baru. Jangan mudah tergiur dengan promo diskon, promo kartu kredit karena itu semua bisa mengembalikan Anda menjadi pribadi yang mudah tergiur. Jauhkanlah kartu kredit untuk terus menggunakannya dan berkomitmenlah untuk terus menabung dari sebagian gaji Anda tiap bulannya.

  1. Giat Bekerja

Giatlah bekerja dan mensyukuri apapun yang diterima saat ini. Cintai apapun pekerjaan Anda, apapun jabatan yang dimiliki Anda sekarang cobalah untuk dipertahankan, lakukan inovasi dan berikan solusi terbaik bagi perusahaan, dengan Anda giat bekerja maka bisa saja kepala perusahaan menaikkan jabatan Anda. Untuk itu rajinlah dan giat bekerja.

Demikian informasi bagaimana cara mengatasi kesulitan ekonomi yang Anda hadapi saat ini. Jalanilah gaya hidup baru Anda dan jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang tidak penting. Karena masalah ekonomi atau keuangan ini sangat krusial dalam kehidupan. Sebisa mungkin Anda harus bangkit dan mulai berkomitmen menyelesaikan masalah ekonomi yang dihadapi. Semoga 8 poin-poin yang dibahas tersebut dapat dijadikan solusi bagi Anda dalam mengatasi kesulitan ekonomi yang dihadapi.

,
Oleh :
Kategori : Financial Planning