Sponsors Link

5 Peranan BUMS Asing Bagi Perekonomian Indonesia

Peranan BUMS Asing Bagi Perekonomian Indonesia, akan menjadi topik yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. BUMS atau Badan Usaha Milik Swasta merupakan badan usaha yang modalnya dimiliki oleh pihak swasta. Sedangkan BUMS asing memiliki pengertian sebagai bentuk Badan Usaha Milik Swasta yang modalnya dimiliki oleh orang asing.

Keberadaan BUMS dalam perekonomian sangat memberikan banyak kotribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Sebab BUMS mampu mengelola SDA atau SDM yang tak dapat tersentuh oleh pemerintah. BUMS juga memberikan kesempatan bagi pihak swasta untuk dapat membuka usaha dan juga peluang untuk mendapatkan keuntungan dari usaha yang digerakkan.

Sebagai Negara yang tengah berkembang dan juga dalam upaya meningkatkan perekonomian kehadiran BUMS asing tentu memberi banyak kontribusi terhadap perekonomian Indonesia sebagaimana pada cara menghitung pajak mobil. Berikut akan dijelaskan mengenai Peranan BUMS asing bagi perekonomian Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menyerap Tenaga Kerja

Salah satu hal yang masih menjadi permasalahan klasik hingga saat ini adalah pengangguran. Memang hal ini bukanlah menjadi masalah yang baru bagi Negara kita, apalagi dengan jumlah penduduk yang besar maka tentu lapangan kerja yang tersedia juga harus luas. Oleh sebab itu maka peran BUMS asing yang pertama adalah menyediakan lapangan kerja tambahan terutama bagi para pengangguran.

BUMS asing dinilai mampu menjadi peluang dalam membuka lapangan kerja yang luas. Sebab skala usaha BUMS asing relatif sangat besar. Karena BUMS asing ditopang oleh masyarakat asing yang memiliki modal besar. Tentunya hal ini akan dapat menjadi potensi bagi para tenaga kerja untuk dapat terserap dan bekerja pada industri yang dikelola oleh pihak BUMS asing.

2. Pajak dari sektor BUMS asing berkontribusi dalam Pembangunan

Salah satu peran kehadiran BUMS asing adalah kontribusi terhadap pajak bagi Negara. Pajak inilah yang nantinya akan digunakan dalam pembangunan berbagai infrastuktur Negara yang dibutuhkan. Tentu saja hal ini akan dapat meningkatkan jumlah pemasukan bagi perekonomian dan pendapatan Negara.

Setoran pajak yang diterima dari sektor BUMS asing akan sangat membantu dalam menggerakkan roda perekonomian. Sebab akan dapat digunakan untuk kepentingan berbagai sektor dan kebutuhan Negara. Sehingga tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Tentunya hal ini kan berdampak kepada pemerataan perekonomian.

3. Menyediakan Barang dan Jasa yang Dibutuhkan Masyarakat

Kahadiran BUMS asing dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yakni mampu menyediakan barang/jasa kebutuhan masyarakat yang tak dapat disediakan oleh BUMN. Tentu saja hal ini sangat berperan penting bagi perekonomian. Sebab jika salah satu barang tidak ada maka akan menimbulkan kenaikan harga yang berdampak pada ketidakstabilan perekonomian.

Oleh sebab itu maka kehadiran BUMS asing memiliki peran yang sangat penting dan sentral bagi pembangunan dan perkembangan perekonomian terutama bagi Indonesia sebagai Negara yang sedang berkembang seperti  cara menghitung pajak progresif sehingga semua bisa merasakan manfaat membayar pajak.

4. Pemerataan Pendapatan

Kehadiran BUMS asing juga memberikan keuntungan dan berperang bagi pemerataan perekonomian. Sebab masyarakat dapat memperoleh pendapatan dari sektor ini sehingga tidak akan terjadi kesenjangan sosial yang selama ini Nampak. Dimana mereka yang semakin kaya akan kaya dan semakin miskin akan miskin. Dengan adanya BUMS asing dapat memberi kesempatan yang luas bagi masyarakat untuk mendapatkan pendapatan yang sma rata.

Adanya pemerataan pendapatan akan membuat perekonomian berkembang dan stabil. Sebab pada Negara yang memiliki tingkat perekonomian yang rata maka masyarakatnya akan mampu memenuhi kebutuhannya. Sehingga tidak akan nada kejahatan atau juga tindak kriminal yang disebabkan oleh semakin meningkatnya kesenjangan sosial di masyarakat.

5. Peningkatan Produksi Nasional

Peran BUMS asing yang terakhir adalah untuk membantu Negara dalam meningkatkan produksi nasional. Dengan adanya peningkatan tersebut maka tentu kegiatan impor akan suatu produk dapat ditekan . Sehingga produk produk lokal akan dapat Berjaya dan juga nanttinya kan dapat memberikan kontribusi dengan cara ekspor produk nasional yang berkualitas ke luar negeri.

Dengan terpenuhinya produk nasional maka selain menekan angka impor tentunya harga produk tersebut juga akan selalu stabil. Sehingga tidak akan menimbulkan kelanggkaan produk hingga berakibat pada kenaikan harga. Peningkatan harga suatu komoditas tentu akan berdampak kepada daya beli masyarakat yang menurun sehingga akan berakibat pada ketidakstabilan pasar.

Jika kondisi ini terus dibiarkan maka akan berdampak kepada krisis di masyarakat. Karenanya peran BUMS asing sangat sentral dalam membantu tumbuhnya perekonomian Indonesia. Kehadiran BUMS asing sangat penting demi menciptakan iklim ekonomi yang stabil dan sehat. Sehingga nantinya akan berimbas kepada kesejahteraan masyarakat dan manfaatnya juga sebagai salah satu dasar dasar perpajakan.

Nah, itulah tadi 5 Peranan BUMS asing bagi perekonomian Indonesia, semoga dapat bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : BUMS