Sponsors Link

10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta Terbaik

Keuangan rumah tangga tidak rumit untuk dikelola jika Anda mengikuti pendekatan disiplin. Hanya sedikit orang yang benar-benar mengikuti prinsip-prinsip dasar manajemen keuangan, yang merupakan salah satu alasan mengapa begitu banyak orang menderita masalah dengan utang. Jika Anda memiliki beberapa keterampilan sederhana ini, Anda dapat memastikan keuangan rumah tangga Anda akan selalu stabil.

Tidak semua orang memiliki keuangan rumah tangga yang besar. Sebagian diantara kita hanya memiliki keuangan yang relatif kecil, untuk itulah cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta ini dibutuhkan dan kami terpanggil untuk menuliskannya sebagai panduan umum. Berikut beberapa tips yang bisa mebantu anda dalam mendalami cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta seperti cara mengatur keuangan rumah tangga gaji harian.

1. Hitung  Penganggaran

Hal pertama yang dibutuhkan setiap rumah tangga adalah anggaran. Anda tahu berapa banyak yang Anda hasilkan setiap tahun, dan Anda bahkan tahu apa gaji mingguan Anda. Apakah Anda tahu berapa banyak yang Anda habiskan setiap minggu untuk bahan makanan, hiburan, gas dan bahkan kopi? Anda tidak boleh. Langkah pertama untuk mengembangkan anggaran adalah belajar di mana Anda membelanjakan uang Anda. Selanjutnya, cari area di mana Anda dapat secara wajar mengurangi biaya tersebut.

2. Ketahui Cara Menyimpan

Anggaran Anda perlu memperhitungkan tabungan. Jika Anda tidak menyimpan uang, Anda akan menghadapi risiko gagal bayar jika Anda kehilangan pekerjaan. Anda bahkan mungkin tidak memiliki perlindungan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan pensiun Anda. Setiap saat, bijaksana untuk memiliki setidaknya tiga bulan gaji yang disimpan.

Ini dapat melindungi Anda dari kehilangan rumah, apartemen atau mobil jika Anda kehilangan pekerjaan. Berbicaralah dengan penasihat keuangan tentang menabung untuk masa pensiun untuk mempelajari berapa banyak yang harus Anda sisihkan setiap bulan seperti cara mengelola keuangan usaha dagang.

3. Lacak Pengeluaran

Setelah Anda menetapkan target anggaran dan tabungan Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda menaatinya. Melacak pengeluaran Anda adalah satu-satunya cara untuk memastikan rencana Anda dieksekusi. Saat ini, banyak bank menawarkan program perangkat lunak daring yang membantu Anda melacak uang Anda.

Lihat sistem mana yang paling cocok untuk Anda. Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memasukkan angka ke dalam spreadsheet jika Anda dapat menemukan program otomatis yang akan melacak pengeluaran rumah tangga Anda seperti cara mengatur keuangan warung kecil.

4. Tolak Yang Tidak Penting

Setelah Anda mulai melacak pengeluaran, Anda akan mencatat jika ada perbedaan antara apa yang Anda pikir Anda bayar dan apa yang Anda bayarkan. Sangat penting untuk memantau barang-barang ini dan membandingkannya dengan tanda terima, cara modern untuk menyeimbangkan buku cek. Anda mungkin tidak harus menunggu pernyataan Anda setiap bulan, tetapi Anda masih perlu membandingkan biaya dengan catatan pribadi Anda.

Menyimpan tanda terima adalah cara terbaik untuk memastikan Anda memiliki cara yang sah untuk menyengketakan biaya jika diperlukan. Menangkap kesalahan apa pun sejak awal sangat penting untuk bergerak maju dengan proses pembebanan yang buruk dihapus dari akun Anda atau menangkap pencurian identitas sebelum uang Anda dicuri.

5. Samakan Presepsi

Pada akhirnya, upaya terbaik Anda hanya akan menghemat uang dan menjaga keuangan Anda sejalan jika seluruh rumah Anda ada di kapal. Anda harus memastikan mereka mengetahui anggaran dan melakukan yang terbaik untukmenaatinya. Ini adalah cara yang bagus untuk mengajari anak-anak tentang pentingnya penganggaran,

melibatkan setiap anggota keluarga dalam diskusi dan menunjukkan kepada mereka mengapa menabung atau berinvestasi itu penting. Dengan meminta pertanggungan jawab orang lain, Anda bahkan dapat menemukan bahwa Anda juga lebih bertanggung jawab terhadap anggaran Anda sendiri.

6. Tetapkan Anggaran Belanja

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan sebelum Anda mulai berbelanja adalah menetapkan anggaran pribadi. Anda perlu melihat keuangan Anda secara keseluruhan dan menentukan dengan pasti berapa banyak yang dapat Anda belanjakan. Oleh karena itu, sebelum Anda keluar dari pintu Anda tahu persis berapa banyak yang dapat Anda gunakan. Banyak orang yang terbiasa berbelanja berdasarkan dorongan hati. Anda harus merencanakan perjalanan belanja Anda terlebih dahulu, karena akan lebih mudah untuk tetap menggunakan anggaran.


7. Tawar-menawar Belanja

Selain menetapkan anggaran, Anda juga perlu membelanjakan uang Anda dengan bijaksana. Manfaatkan kupon, program belanja yang sering, dan penjualan untuk keuntungan Anda. Sebagian besar pengecer akan menjalankan spesial secara berkala yang memungkinkan Anda untuk menyimpan persentase tertentu dari pembelian Anda.

Alih-alih membeli secara acak, tunggu sampai penjualan berjalan untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan. Ini dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang. Juga, Anda tidak perlu membeli sesuatu hanya karena itu adalah merek desainer. Pertimbangkan alternatif yang lebih murah.

8. Simpan Dana Darurat

Anda harus membangun dana darurat sebagai bagian dari strategi penganggaran Anda. Keadaan darurat tidak dapat dihindarkan, seperti kehilangan pekerjaan, kehilangan harta benda, mobil yang rusak atau pendapatan bisnis yang berkurang. Tidak merencanakan krisis adalah impian. Keadaan darurat terjadi, dan Anda dapat mempersiapkan diri dengan mengalokasikan sebagian dari penghasilan Anda untuk membangun cadangan kas tiga hingga enam bulan.

Selain jumlah bulanan yang Anda hemat dalam dana “hari hujan”, sisihkan (atau semua) pengembalian pajak Anda dalam dana darurat untuk mempercepat proses. Jika Anda menggunakannya dari waktu ke waktu untuk keadaan darurat yang sebenarnya, pastikan untuk mengisinya kembali sehingga Anda memilikinya kembali.

9. Makanan

Pemerintah dan lembaga non-pemerintah sama-sama terus memperingatkan individu untuk memiliki persediaan darurat, termasuk makanan. Ada waktu ketika menimbun makanan tampak aneh. Namun, Anda hanya tidak melakukan penilaian yang baik jika Anda tidak memiliki makanan tambahan dan air yang tersimpan jika ada bencana alam atau lainnya. Palang Merah Amerika  merekomendasikan minimal pasokan 3 hari, tetapi kedua lembaga merekomendasikan Anda membangun hingga pasokan dua minggu.

Mengelola uang Anda harus mencakup alokasi bulanan untuk membangun pasokan tiga bulan, kemudian persediaan enam bulan dan akhirnya pasokan makanan satu tahun untuk setiap anggota rumah tangga Anda. Ini sering berarti meningkatkan anggaran belanja yang wajar dan hemat sebesar 50 atau 100 persen tergantung pada keadaan Anda. Jika tidak ada yang terjadi, Anda akan mengalahkan inflasi. Namun, jika ada keadaan darurat, Anda akan siap memberi makan keluarga Anda dan membantu tetangga yang membutuhkan.


10. Mobil, Penyewa atau Pemilik Rumah dan Asuransi Jiwa

Uang mungkin sudah ketat sebagai orangtua tunggal, tetapi kebakaran, kecelakaan mobil atau kematian dapat benar-benar memusnahkan Anda. Untuk menjaga terhadap ini, beli dan anggaran untuk mobil, penyewa, dan asuransi jiwa. Anda tidak memerlukan cakupan yang luas di masing-masing area ini, tetapi seharusnya cukup untuk mengembalikan Anda ke tempat Anda berada, sebelum terjadi insiden.

Misalnya, Anda tidak perlu menganggarkan seluruh asuransi jiwa, tetapi Anda membutuhkan polis asuransi jiwa berjangka waktu 20 tahun yang akan menutupi penghasilan Anda dan memberi anak Anda kemampuan untuk membeli atau mempertahankan tanah dan properti. Nah demikianlah cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta yang bisa anda terapkan.

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning