Sponsors Link

4 Negara Dengan Perekonomian Tertutup di Dunia

Suatu negara tentu tidak jauh dari yang di sebut dengan perekonomian. Perekonomian sendiri juga menunjukan seberapa negara itu makmur, negara itu berkembang dan juga negara tersebut layak di sebut negara sejahtera. Bagaimana kita bisa menilai kesejaterahan negara jika kita sendiri tidak memiliki data dan tidak mengerti pertumbuhan dan turunnya perekonomian negeri tersebut. Dalam melakukan kegiatan perekonomian sendiri, masyarakat tentunya memiliki hak untuk menentukan keputusan yang mereka ambil, juga persamaan untuk setiap orang.

Selama ini jika kita tinggal di Indonesia kita akan melihat perekonomian negara kita ini merupakan perekonomian terbuka. Banyak perekonomian yang melibatkan adanya ekspor dan juga impor barang bahkan jasa dengan negara negara di luar Indonesia. Kita lihat banyak kita melakukan impor dan juga tidak sedikit melakukan ekspor barang dari Indonesia, indikasi ini menunjukan bahwa Indonesia sendiri sekarang berada dalam perekonomian terbuka.

Tujuan Perdagangan Bebas juga penting di negara ini. Namun bagaimana dengan Perekonomian tertutup? Ya! Tentu kebalikan dari perekonomian terbuka. Perekonomian tertutup adalah perekonomian yang hanya di jalankan oleh masyarakat dan juga ibu rumah tangga yang menjadi konsumen, dan juga perusahaan dalam negeri ini lah yang menjadi produsen di negara tersebut.

Di perekonomian tertutup sendiri hanya urusan perekonomian dalam negeri, tidak ada sangkut pautnya dengan negara di luar negeri. Walaupun terkesan tidak mungkin terjadi di negara zaman sekarang ini, tapi ternyata kenyataannya ada yang masih melakukan perekonomian tertutup ini loh.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas banyak sekali negara negara yang masih menjalankan perekonomian tertutup dalam mengelola negara mereka. Siapakah mereka? Ikuti yuk! Sebelum itu mari kita simak beberapa ciri ciri negara dengan perekonomian tertutup, dan juga cara pengelompokan negara tersebut menjadi negara dengan perekonomian tertutup.

Ciri ciri Negara dengan Perekonomian Terutup

Tentu sebelum kita menyebutkan negara dengan perekonomian tertutup kita harus mengetahui ciri ciri dari negara dengan perekonomian tertutup bukan? Nah untuk mengenal suatu negara tersebut merupakan negara dengan perekonomian tertutup, maka kita bisa langsung lihat ciri ciri di bawah ini:

  • Tidak ada kegiatan Ekspor dan Impor

Pertama yang perlu di ketahui dengan negara perekonomian tertutup sendiri, di negara tersebut tidak ada campur tangan dari negara lain, mereka berusaha untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya sendiri tanpa membutuhkan negara lain. Misalnya dalam hal pangan, dan juga dalam hal lainnya, mengelola negara sendiri dan menikmati negara sendiri. Ekspor Impor juga membutuhkan pajak bukan? Lalu jika tidak ada pajak yang masuk, bagaimana? Padahal manfaat membayar pajak sendiri juga sangat besar loh.

  • Perekonomian tidak terpengaruh dengan Kondisi Ekonomi Global

Perekonomian tertutup sendiri tidak terpengaruh dengan perekonomian global. Jika perekonomian global sendiri merosot, belum tentu perekonomian di negara tersebut ikut merosot. Begitu juga berlaku untuk jika perekonomian dunia sedang meningkat, tidak akan berpengaruh dari apa yang di dalam negara tersebut.

  • Perekonomian mandiri

Negara yang menganut perekonomian tertutup sendiri harus bisa bahkan harus berhasil membuat kebijakan yang tepat untuk masyarakatnya. Walaupun sangat sulit, harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tidak bergantung dengan negara lain. Mereka memutuskan tidak ekspor dan impor bukan? Padahal tujuan dari impor kan untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat negara yang tidak bisa di penuhi oleh produsen di dalam negeri sendiri.

Pemerintah yang memimpin negara perekonomian tertutup ini sendiri harus mampu untuk menjadikan negara tersebut kokoh dan mandiri.

  • Tidak boleh Berinvestasi di Luar Negaranya

Investasi sering di jadikan acuan untuk negara tersebut dapat membeli saham yang ada di luar negara. Dan juga bisa untuk membeli mata uang yang di gunakan untuk berwisata. Namun di negara yang memiliki perekonomian tertutup sendiri perusahaan tidak boleh berinvestasi di luar batas negaranya.

Nah, setelah mengenal ciri ciri negara dengan perekonomian tertutup tersebut, sekarang kita bisa menyebutkan beberapa negara yang menganut perekonomian tertutup. Berikut merupakan negaranya:

Zimbabwe

Negara pertama yang memasuki peringkat pertama dari perekonomian yang tertutup adalah negara Zimbabwe. Negara yang satu ini sebelum hari ini menjadi negara yang mengalami perekonomian merosot, mereka sendiri merupakan negara dengan kaya pangan. Maka dari itu, mereka tidak melakukan Impor untuk makanan. Walaupun hari ini perekonomian mereka merosot, namun mereka adalah negara dengan perekonomian tertutup.

Myanmar

Myanmar adalah negara kedua dengan perekonomian yang tertutup. Industri industri utama yang ada di negara Birma ini sendiri juga sekarang ini di kelola langsung oleh pasukan militer yang lebih banyak sekarang di handle oleh perusahaan perusahaan negara dalam negeri sendiri. Ini membuat perusahaan swasta yang ada di myanmar sendiri sudah untuk berkembang. Walaupun sekarang Myanmar sudah membuka diri untuk negaranya bekerjasama dengan negara asing sendiri, banyak investor investor masuk di tahun 2008 silam. Tapi tergolong Myanmar masih semua perekonomiannya di pegang langsung oleh orang orang perusahaan dalam negeri.

Korea Utara

Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar mengenai negara Korea Utara? Jika anda merasa negara tersebut adalah negara yang tertutup, maka pendapat kita sama. Negara ketiga yang akan kita bahas mengenai Perekonomian tertutup adalah Korea Utara. Korea Utara memiliki perekonomian yang cenderung tertutup, banyak dari kegiatan perekonomian dalam negeri mereka itu di tentukan setiap perusahaan di dalam negeri. Dari cara mereka mengelola persenjataan dan lain sebagainya.

Korea Utara sering di sebut sebagai negara yang dimusuhi banyak sekali negara lainnya. Tidak ada kegiatan kerjasama antar Korea Utara dengan negara lain. Negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini memang saat ini mulai membuka diri mereka untuk negara lain seperti Amerika Serikat, dan negara kuat lainnya.

Venezuela

Pasti anda tidak asing dengan nama Venezuela bukan? Ya! Salah satu kota dan negara yang sangat kaya akan minyaknya ini malah menyampaikan bahwa negara ini memiliki cadangan minyak terbesar dan terbanyak di dunia. Namun senjata makan tuan, justru kelebihan mereka ini lah yang menjadikan banyak masalah di negaranya, terutama permasalahan perekonomian. Negara ini sebelumnya mengatur perekonomiannya sendiri karena banyaknya minyak tersebut, akhirnya pemerintah melakukan program sosial untuk menyetarakan kemiskinan di negara ini. Ketika negara hanya memikirkan penghasilan minyak ini sendiri akhirnya harga anjlok dan Venezuela akhirnya bangkrut.

Demikian merupakan 4 negara dengan perekonomian tertutup. Walaupun tidak semua, tapi banyak dari negara tersebut mengalami kemerosotan, dan tidak jarang yang memiliki negara bangkrut. Agar tidak terjadi hal yang sama, kita perlu mengetahui mengenai cara mengatasi pertumbuhan ekonomi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Publik