Sponsors Link

8 Contoh Kegiatan Ekonomi Produksi Di Negara Indonesia

Artikel kali ini akan menjelaskan tentang beberapa contoh kegiatan ekonomi produksi yang biasa dilakukan oleh produsen untuk memberikan dan mencukupi semua kebutuhan para konsumen. Sedangkan kegiatan ekonomi ini adalah sebuah aktifitas yang dilakukan oleh manusia sebagai produsen dengan bantuan alat-alat produksi yang akhirnya akan mendapatkan beragam jenis barang maupun jasa agar bisa kembali memakmurkan kehidupan masyarakat luas.

ads

Dengan adanya kegiatan ekonomi produksi ini nantinya, para konsumen dapan memenuhi kebutuhan mereka dan para distributor bisa menjalankan kegiatan distribusi barang maupun jasa. Seperti contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam, contoh ekonomi produksi ini juga akan mengolah dan memanfaatkan SDA dan menhasilkan barang maupun jasa yang dibutuhkan khalayak ramai.

Contoh Kegiatan Ekonomi Produksi

Contoh-contoh dari kegiatan ekonomi produksi yang akan memberikan interaksi pelaku kegiatan ekonomi, maka kali ini kita juga akan membahas beberapa aspek dan beberapa contoh yang menandakan adanya kegiatan ekonomi produksi tersebut.

1. Pegolahan Padi

Pada umumnya, negara Indonesia memiliki penduduk yang bekerja sebagai petani dan bercocok tanaman, nantinya, pekerjaan ini akan menghasilkan beras sebagai hasil akhir. Namun, sebelum menjaid beras, ada beragam proses yang akan dilakukan oleh para petani tersebut. Misalnya saja dnegan menyemaikan benih padi terlebih dahulu, mengelola sawah agar bisa menghasilkan tanman padi terbaik, menanam padi dan juga menjaga dan merawat tanman tersebut. Setelah tanman padi berbuah, maka petani akan melakukan pemanenan dan penjemuran padi terlebih dahulu. Setelah itu, barulah diolah menggunakan alat-alat sederhana yang akan memisahkan biji padi dengan ampasnya. Sehingga padi yang telah diolah ini bisa digunakan untuk keperluan konsumsi, dijual atau digunakan untuk konsumsi sendiri. Dan, ampas padipun bisa menjadi abu sekam untuk keperluan budidaya tanman.

2. Pengolahan Lahan Bercocok Tanam

Tidak hanya padi yang bisa ditanamdan dikembangkan di sebuah lahan. Petani juga bisa melakukan penanaman terhadap banyak tanman lainnya yang pastinya akan baik untuk memenuhi keperluan konsumen. Misalnya saja menanam singkong, jagung atau bahkan sayuran seperti kangkung, wortel, tomat, kacang dan bayam. Kegiatan bercocok tanam di sebuah lahan ini juga merupakan sebuah kegiatan produksi. Dimana sang petani dan pencocok tanman akan menghasilkan tanman yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk bertahan hidup.

3. Pengolahan Bahan Baku kain

Seperti yang kirta ketahui, kain ini sendiri memiliki banyak jenis yang bisa diolah sebagai pakaian dan penggunaan lainnya. Dan tentu saja, ada produksi tertentu yang akan mengolah banyak bahan dasar yang akan menjadi bahan kain tersebut. Misalnya saja pemintalan dari hasil ulat sutra yang akan menjadi bahan kain sutra dan juga pemintalan benang yang dilakukan secara manual ataupun secara massal di pabrik pembuatan bahan baku kain.

3. Pembuatan Tahu dan Tempe

Tahu maupun tempe adalah salah satu jenis olahan dari kacang-kacangan yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia. Dan, tentunya kita memerlukan teknik dna alat agar bisa mengolah bahan baku sehingga menjadi tahu maupun tempe yang bisa dikonsumsi. Bahkan tidak hanya tahu dan tempe, terkadang juga bisa menghasilkan olahan lain seperti susu kacang kedelai misalnya.

4. Pembuatan Barang-Barang Elektronik

Seperti contoh kegiatan ekonomi konsumsi, ada banyak sekali contoh eleoktronik yang digunakan oleh konsumen yang harus dibuat oleh produsen. Misalnya saja barang-barang elektronik yang mendukung pekerjaan rumah tangga seperti mixer, blender, oven, rice cooker maupun banyak alat elektronik lainnya. Seperti TV, smartphone dan jenis-jenis gadget lainnya yang bisa membuat hidup menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

5. Pembuatan Furniture

Ada banyak jenis furniture yang diperlukan oleh konsumen, baik yang terbuat dari kayu, logam maupun bahan dasar lainnya. Ini nantinya memerlukan perlengkapan alat yang lengkap dan juga alat-alat sederhana sehingga bisa menghasilkan beragam furnitur berguna dan indah.

6. Alat-Alat Transportasi

Baik alat-alat transportasi umum dan pribadi, tetap harus ada campurtangan dari produsen agar bisa menghasilkan jenis-jenis transportasi terbaik. Alat-alat transportasi ini diperlukan banyak orang untuk bisa mengantarkan mereka berpergian kemanapun dnegan lebih mudah tanpa takut akan keterlambatan dan kelelahan tanpa harus jalan kaki.

7. Pembuatan Obat

Obat-obatan merupakan sebuah hal yang penting dan selalu menjadi kebutuhan. Baik obat untuk meredakan masalah yang ringan maupun masalah berat. Sehingga dibutuhkan bahan dan alat-alat canggih untuk menghasilkan obat yang paten dan bisa digunakan dnegan baik.


8. Perawatan Kecantikan

Ini juga merupakan contoh dalam ekonomi produksi yang menjadi sorotan. Karena, ada banyak perawatan kecantikan yang dibutuhkan oleh banyak orang. Misalnya saja perwatan wajah dan kulit yang memiliki ribuan poroduk yang siap didistribusikan baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Masih banyak sebenarnya contoh-contok kegiatan ekonomi produksi lainnya yang bermanfaat dan dijalankan hingga saat ini.

 

, ,
Oleh :
Kategori : SDA