Sponsors Link

4 Cara Menabung Emas di Rumah, Mudah dan Menguntungkan

Menabung merupakan cara mudah yang dapat dilakukan oleh semua orang sebagai tindakan antisipasi terhadap pemenuhan kebutuhan di masa yang akan datang. Meskipun kata menabung identik dengan kegiatan menyimpan uang, namun nyatanya kita bisa menabung dalam bentuk apapun. Emas merupakan salah satu pilihan tabungan sekaligus produk investasi yang juga tergolong mudah dilakukan. Ada beberapa keuntungan investasi logam mulia yang dipercaya oleh masyarakat, antara lain:

  • Harga jual yang diprediksi selalu mengalami peningkatan
  • Kebal inflasi
  • Minim resiko
  • Mudah didapatkan, bahkan dengan modal yang relatif kecil sekalipun
  • Mudah diperjualbelikan (likuid)

Hal-hal tersebut menjadikan emas sebagai pilihan tabungan yang bahkan lebih menjanjikan bila dibandingkan dengan tabungan di bank. Nah, masalahnya, sudahkah kita mengetahui cara menabung emas di rumah ? Berikut ini beberapa ulasannya :

1. Buat Perencanaan Yang Matang

Bagi beberapa orang, menabung tanpa tujuan yang jelas adalah hal biasa, “Biar sedikit, yang penting menabung” katanya. Tentu saja hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun alangkah baiknya jika kita menentukan tujuan sebelum menabung. Dengan begitu, maka kita dapat lebih fokus dalam mencapai tujuan dengan rutin menabung. Jadi, pastikan anda telah menentukan goals seperti apa yang ingin anda capai dengan uang tabungan anda. Jika perlu, buatlah skala prioritas, mana yang ingin anda capai lebih dulu. Setelahnya, buatlah perencanaan jangka waktu yang anda perlukan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut dengan membandingkannya dengan besar uang yang anda sisihkan untuk menabung. Pastikan anda menghitung dengan teliti ya!

2. Menyisihkan Uang Secara Rutin

Setelah anda melakukan perencanaan, langkah berikutnya adalah anda perlu memulai menyisihkan sebagian uang anda untuk membeli emas selama jangka waktu tertentu. Masa ini terbilang rentan karena biasanya akan banyak godaan yang muncul, seperti diskon besar-besaran, keinginan membeli ini dan itu. Apalagi untuk menabung emas, anda perlu menyiapkan dana terlebih dahulu sebelum membeli. Namun anda harus tetap fokus pada pencapaian tujuan anda.

Salah satu cara menabung agar tidak terpakai adalah sisihkan sebagian dari pendapatan anda sesegera mungkin setelah anda menerimanya. Karena jika anda menunggu sisa pendapatan untuk ditabung, kemungkinan besar yang tersisa justru impian anda untuk mencapai tujuan dengan cara menabung. Sedangkan uang anda pasti habis untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan anda. Setelah disisihkan, pastikan anda langsung mengambil langkah dengan mencari informasi dan melakukan transaksi pembelian emas. Dengan begitu, maka uang yang sudah anda sisihkan tidak akan terpakai untuk keperluan lain.

3. Melakukan Pembelian Emas

Sebelum melakukan pembelian emas, ada baiknya jika anda melakukan survey terlebih dahulu. Survey yang anda lakukan ini meliputi cek harga emas saat ini (saat anda hendak membeli emas) dan tempat anda akan membeli emas nantinya. Anda dapat mengecek harga emas di internet melalui beberapa platform investasi emas online atau mengunjungi secara langsung beberapa pilihan tempat pembelian emas sebagai berikut:

  • Pegadaian, baik kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia maupun situs resminya
  • Kantor Pusat Antam di Jalan Simatupang, Jakarta Selatan
  • Unit Bisnis Antam
  • Butik Emas Antam Logam Mulia
  • Perbankan, baik konvensional maupun syariah
  • Seluruh cabang PT Pos Indonesia di seluruh Indonesia
  • Aplikasi Toko Emas Online

Berikutnya, anda harus ekstra berhati-hati dalam melakukan transaksi pembelian. Pastikan anda membeli emas di tempat yang terpercaya. Juga, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi emas dengan teliti pada saat anda melakukan transaksi pembelian. Pastikan emas yang anda beli benar-benar asli dan berada dalam keadaan baik atau tidak cacat. Jika perlu, ajaklah rekan anda yang paham tentang emas untuk membantu. Ingat, jangan sampai tertipu oleh penjual emas bahkan walau berlabel resmi sekalipun!

4. Penyimpanan

Langkah berikutnya ialah terkait penyimpanan emas. Emas merupakan jenis logam mulia yang sudah dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat. Karena sudah dikenal memiliki harga yang fantastis, maka anda perlu berhati-hati dalam menyimpan tabungan emas yang anda miliki. Sebenarnya ada beberapa pilihan menyimpan emas yang dikenal aman, diantaranya:

  • Layanan penyewaan dengan safe deposit box (SDB).
  • Layanan SDB yang disediakan oleh pihak pegadaian.
  • Brankas PT Antam

Seluruh layanan tersebut berbayar. Anda dapat menjadikannya referensi dan menanyakan ketentuannya pada masing-masing pihak pengelolanya. Namun jika anda berencana untuk menabung emas di rumah, maka untuk menghindari pencurian anda dapat membeli brankas baja sebagai alat penyimpanan emas yang anda beli sebagai tabungan. Untuk itu, anda harus menyediakan sejumlah uang dan membeli brankas baja terlebih dahulu sebelum membeli emas.

Nah, itulah empat cara menabung emas yang dapat anda aplikasikan di rumah. Apakah anda tertarik mencobanya?

, ,
Oleh :
Kategori : Investasi