Sponsors Link

7 Cara Bisnis Potong Ayam yang Baik dan Mudah

Ayam adalah salah satu bahan pangan yang digemari masyarakat. Tidak heran bisnis potong ayam memiliki peluang yang menjanjikan untuk ditekuni. Ayam digemari oleh orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak hingga orang tua. Harganya yang masih terjangkau serta kandungan gizi yang penting dalam ayam membuatnya terud diburu orang. Permintaan akan daging ayam cenderung stabil setiap harinya, bahkan di saat tertentu seperti hari raya permintaan tersebut cenderung meningkat sehingga menaikkan harga jual ayam.

ads

Baca juga:

Bisnis potong ayam sangat menguntungkan untuk anda geluti. Ada beberapa cara bisnis potong ayam yang bisa anda lakukan dibawah ini agar bisnis berkembang dengan cepat:

  1. Pembuatan kandang

Anda tentu bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari bisnis potong ayam jika memelihara ayam sendiri. Pemeliharaan ayam yang baik dimulai dari proses pembuatan kandang. Kandang untuk ayam tidak bisa dibuat secara sembarangan. Salah pembuatan justru bisa membuat ayam tidak bisa berkembang dan bahkan mati. Anda perlu membuat kandang yang ideal dengan memperitungkan cahaya matahari yang masuk ke kandang serta kebutuhan angin. Hal-hal ini berhubungan dengan suhu ruangan yang ada dalam kandang. Anda harus membuat ayam tetap hangat namun tidak terlalu panas. Suhu memiliki peran yang sangat penting untuk membuat ayam bertahan hidup. (baca juga : bisnis yang menguntungkan bagi pelajarKeuntungan bisnis laundry rumahan Cara pinjam uang di pegadaian)

  1. Perhatikan sumber air dan sumber listrik

Ketika kandang telah siap untuk digunakan, anda perlu juga menyiapkan beberapa hal seperti litter, sekat serta penghangat. Dalam hal ini keberadaan sumber air dan sumber listrik sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai DOC ayam kekurangan air atau bermasalah dengan penghangat. Meski terlihat sepele namun hal ini bisa mempengaruhi pertumbuhan DOC.

  1. Jumlah ayam dalam kandang

Anda tidak bisa memasukkan jumlah ayam secara sembarangan ke dalam kandang, agar ayam bisa berkembang secara maksimal maka dalam satu kandang harus dibatasi jumlah ayamnya. Hitung luas kandang dan perhatikan berapa jumlah yang ideal. (baca juga : bisnis rumahan modal kecil menguntungkan cara bisnis agen kuota)

  1. Perhatian sangat intensif pada 14 hari pertama

Pada 14 hari pertama, anak ayam harus sangat diperhatikan. Bisa dikatakan masa ini bisa menentukan keberhasilan anda dalam memelihara ayam. Perhatikan suhu kandang selama masa ini. Ketika anak ayam nampak bergerombol, maka berarti suhu dalam kandang kurang hangat. Jika anak ayam telah menyebar berarti suhu telah sesuai. Jangan sampai suhu terlalu panas bagi anak ayam. (baca juga : Cara membuka toko sembakokeuntungan dan kerugian bisnis franchise)

  1. Melakukan vaksinasi dan vitamin

Vaksinasi tentu perlu dilakukan pada ayam potong. Hal ini supaya ayam bisa terhindar dari berbagai penyakit. Vaksinasi perlu dilakukan secara tepat pada hari ke-7, hari ke-14 dan hari ke-21. Vitamin dan antibiotik juga mulai diberikan pada ayam dimulai dari hari ke-5 hingga hari ke-10 sebelum panen. Anda juga bisa memberikan vitamin hingga masa panen datang. (baca juga : peluang usaha air isi ulangtips bisnis bensin eceran)

Sponsors Link

  1. Penentuan harga

Saat ini banyak orang yang menggeluti bisnis potong ayam, maka anda harus mengetahui harga yang ada di pasaran untuk bisa bersaing. Selain memastikan bahwa ayam sehat dan berkualitas bagus dengan memperhatikan pemeliharaan, anda tidak bisa memasang harga secara sembarangan. Jangan memasang harga yang terlalu tinggi namun juga jangan memasang harga yang terlalu rendah agar tidak rugi. (baca juga : cara sukses bisnis oriflamecara sukses bisnis properti)

  1. Beri bonus

Pembeli tentunya akan senang dengan bonus yang diberikan penjual. Anda bisa melakukan cara ini agar pembeli terus menjadi pelanggan tetap. Anda bisa memberikan bonus ceker atau jeroan kepada pembeli yang membeli ayam dalam jumlah tertentu. Anda juga bisa menambahkan beberapa gram daging jika pembeli membeli daging ayam dengan jumlah tertentu.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis