Sponsors Link

16 Cara Memulai Bisnis Katering Kecil Kecilan, Rumahan dan Kantoran

Bisnis katering adalah salah satu bisnis yang mulai banyak digandrungi masyarakat. Apalagi kini, memulai bisnis katering tidak harus memiliki modal yang cukup besar. Dengan modal yang kecilpun ternyata anda sudah bisa memulai bisnis katering. Namun tentu saja ada beberapa cara memulai bisnis katering bagi anda yang ingin mencobanya.

ads

Salah satu alasan bisnis Katering merupakan bisnis yang akan terus ada karena kebutuhannya yang selalu meningkat. Jadi, bisnis Katering adalah bisnis yang cocok bagi anda yang ingin mulai memfokuskan diri untuk berwirausaha. Dan jika anda bingung harus memulai bisnis ini dari mana dan bagaimana cara memulai bisnis katering itu, berikut langkah-langkahnya:

baca juga:

  1. Menentukan jenis katering

Cara memulai bisnis katering yang pertama adalah menentukan jenis katering yang ingin anda fokuskan. Hal ini penting mengingat ada beberapa jenis katering yang tentu saja memiliki target pasarnya sendiri. Jenis-jenis katering itu adalah :

a. Katering Khusus

Katering khusus adalah jenis Katering besar dimana Katering ini akan menangani acara-acara besar atau yang bersifat khusus seperti selamatan ataupun pernikahan. Salah satu yang membedakan Katering khusus ini dengan Katering lain adalah jumlah porsi makanannya yang besar dan juga biasanya menggunakan sistem prasmanan dalam penyajian makanannya.

b. Katering Kantoran

Tidak jauh berbeda dengan Katering khusus, hanya saja Katering kantoran biasanya menangani acara-acara kantoran saja. Sistemnya pun lebih beragam, mulai dari prasmanan ataupun nasi boks.

c. Katering Rumahan

Katering rumahan adalah Katering yang hanya menangani jumlah pesanan dalam jumlah kecil dan terbatas. Biasanya Katering ini hanya melayani jumlah pesanan sampai dengan 150 porsi dengan sistem boks. Katering rumahan ini bisa dijumpai pada saat acara-acara rumahan seperti selamatan ataupun arisan.

d. Katering Anak

Maksud dari Katering anak adalah menyiapkan makanan sehat untuk anak. Katering ini bertugas untuk memberikan pelayanan makanan sehat yang ditujukan untuk anak-anak.

Baca juga:

  1. Persiapan modal

Modal adalah satu kepastian yang harus anda persiapkan setiap kali ingin memulai usaha. Baik berupa modal keuangan ataupun modal mental. Modal ini sangat penting karena terkadang besarnya modal inilah yang menentukan banyaknya keuntungan yang akan didapatkan.

Modal keuangan, misalnya. Modal keuangan adalah salah satu modal yang paling sering di pusingkan oleh banyak pelaku usaha. Karena bagi beberapa orang, modal keuangan adalah modal yang cukup sulit untuk didapatkan. Terlebih untuk memulai bisnis Katering dimana modal keuangan yang dibutuhkan sangat bervariasi tergantung dari jenis Katering yang ditekuni.

Walaupun modal keuangan bersifat variasi, namun modal tetap dibutuhkan untuk mendapatkan bahan dasar dari makanan ataupun peralatan penunjang usaha Katering ini. Bervariasinya modal tergantung dari banyak atau tidaknya porsi yang dipesan.

Sponsors Link

Berikut gambaran modal keuangan dari bisnis Katering ini:

a. Tentu saja banyaknya peralatan masak yang dibutuhkan ditentukan dari banyak atau tidaknya pesanan. Selain itu, variasi makanan juga akan sangat menentukan banyak atau tidaknya variasi peralatan yang dibutuhkan agar pesanan bisa terlayani. Mungkin untuk tahap awal, keperluan modal peralatan ini bisa ditekan dengan menggunakan peralatan pribadi yang ada dirumah. Namun jika ingin difokuskan, sudah tentu Katering membutuhkan peralatan khusus yang hanya boleh dipegunakan untuk keperluan Katering. Peralatan yang dimaksud dalam poin ini bisa berupa peralatan masak, bumbu, serta yang lainnya.

b. Transportasi sangat penting agar pesanan anda cepat sampai ketujuan. Sama seperti peralatan masak, jika Katering anda masih dalam skala yang kecil, mungkin anda bisa menggunakan kendaraan pribadi sebagai sarana mobilisasi. Namun ketika Katering anda mendapatkan order yang lebih besar jumlahnya sudah pasti anda akan membutuhkan sarana transportasi untuk memudahkan mobilisasi.

c. Tenaga adalah salah satu modal yang dimiliki semua orang. Namun nyatanya tidak menggunakan bantuan tenaga orang lain jika Katering anda sudah mendapatkan banyak order bisa saja terjadi. Jika baru memulai bisnis ini, anda mungkin bisa menggunakan tenaga pribadi untuk dapat meng-handle pesanan makanan yang masuk. Namun ketika order sudah mulai banyak, anda pasti akan membutuhkan bantuan tenaga orang lain.

Baca juga:

3. Menyiapkan keterampilan

Keterampilan sebenarnya masuk kedalam modal selain uang. Modal keterampilan yang dimaksud bisa berupa modal keterampilan memasak ataupun modal keterampilan manajemen.

Bentuk dari modal keterampilan memasak bisa berupa menciptakan keunikan rasa tersendiri bagi Katering anda. Karena seperti kita tahu, belakangan ini, masyarakat mulai menyukai hal-hal yang berbau unik. Jadi jangan heran jika sewaktu-waktu anda makan diluar dan melihat makanan sederhana namun dijual dengan harga mahal karena tampilan dan rasanya yang unik.

Selain modal keterampilan, modal manajemen adalah salah satu modal yang sangat penting dalam berwirausaha. Seperti misalnya dalam memanajemen keuangan, peralatan, waktu kerja, transportasi, ataupun tanaga kerja. Manajemen adalah tentang peraturan ataupun sistem. Tanpa peraturan dan sistem ini, sudah pasti usaha anda tidak akan berjalan sesuai dengan keinginan anda.

  1. Mencari Supplier

Supplier adalah hal penting lain yang harus anda dapatkan jika ingin berbisnis Katering. Kenapa? Karena dengan adanya supplier ini, anda bisa mendapatkan barang kebutuhan Katering anda dengan harga yang lebih murah.

Untuk mendapatkan supplier ini cukup mudah. Anda hanya harus menemukan tempat penjualan, misal sembako, yang lengkap lalu buat pendekatan secara emosional kepada pemiliknya. Dengan pendekatan ini diharapkan anda semakin akrab dengan pemilik dan pemilik atau supplier pun akan memberikan harga yang lebih murah kepada anda dibandingkan kepada konsumen lainnya.  Namun salah satu syarat untuk mendapatkan harga yang murah ini adalah harus membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

ads
  1. Bekerja di Katering

Cara memulai bisnis Katering yang kelima adalah dengan bekerja di Katering. Hampir seluruh Katering yang ada tidak memiliki waiter tetap. Mereka mencari freelancer sebagai tenaga kerja untuk menekan biaya pengeluaran mereka. Jadi, jika anda mendengar adanya lowongan kerja sebagai waiter dan mengambil kesempatan ini, anda akan sangat terbantu karena akan tahu secara lebih detail bagaimana bisnis Katering bisa berjalan.

  1. Mencari Teman

Bukan asal mencari teman, tapi carilah teman yang memiliki basic Katering. Dengan memiliki teman yang memiliki basic Katering diharapkan anda bisa menegtahui seluk beluk dunia Katering darinya.. Untuk mendapatkan teman ini, tidak selalu harus dengan bekerja pada Katering. Anda hanya cukup datang ke acara perayaan pernikahan, misalnya, untuk dapat berkenalan dengan orang baru yang bekerja di Katering.

Baca juga:

  1. Pelajari Tehnik Menawar Harga

Jika di lapangan anda tidak juga mendapatkan supplier untuk membantu pemenuhan bahan dasar Katering anda, yang harus anda lakukan adalah belajar tehnik berbelanja seperti misalnya menawar. Dengan tehnik ini, kemungkinan anda mendapatkan harga bahan dasar yang lebih murah akan sangat besar sehinga anda bisa menghemat pengeluaran anda.

  1. Media Sosial

Kini media sosial adalah hal yang dasar yang harus dimiliki. Karena dari media sosial inilah kita akan mengetahui perkembangan apa yang saja yang sedang terjadi di masyarakat secara on time. Seperti misalnya perkembangan trend fashion, makanan, ataupun konsep sebuah acara. Dengan media sosial ini anda akan dimudahkan untuk mencari ide sehingga konsep Katering anda nantinya akan semakin kaya. Selain itu, dengan cara promosi yang tepat, bisnis Katering anda akan dengan cepat dikenal oleh masyarakat.

  1. Brosur

Walaupun membutuhkan modal yang cukup besar, membuat dan membagikan brosur adalah cara lain yang harus anda coba untuk mengiklankan bisnis Katering anda.

Baca juga:

  1. Dekorasi

Selain masakan, dekorasi sebuah Katering juga hal penting yang seringkali menjadi nilai tersendiri bagi sebuah Katering. Semakin menarik dekorasi yang bisa dibuat kemungkinan untuk menarik pelanggan lebih besar juga. Salah satu tempat mencari inspirasi untuk dekorasi ini adalah internet. Jadi usahakan anda akrab dengan internet untuk memudahkan aktifitas anda dalam berbisnis Katering.

Sponsors Link

  1. Harga

Harga adalah hal utama yang dipertimbangkan oleh pelanggan anda. Sebagai ‘pendatang baru’ usahakan anda jangan mematok harga yang terlalu tinggi sama seperti harga-harga pada Katering lainnya. Jika memang memungkinkan, patoklah harga yang lebih rendah dari Katering lain yang sejenis untuk menarik pelanggan. Terlebih jika pasar anda adalah masyarakat menengah kebawah. Harga yang rendah dan promosi yang terus berkelanjutan adalah cara terbaik untuk mendatangkan pelanggan.

  1. Bekerja Sama Dengan Bidang Lain

Jika anda ingin melakukan sesuatu, ada baiknya bekerja secara bersama-sama sebagai sebuah tim. Jadi, carilah partner untuk bisnis anda. Seperti kita tahu, bisnis Katering sangat dekat kaitannya dengan fotografi ataupun videografi yang digunakan untuk mengabadikan moment-moment bahagia acara pelanggannya. Jadi, carilah partner yang bergerak didalam bidang tersebut dan buatlah kerja sama sehingga bisnis Katering anda terlihat sangat lengkap.

Baca juga:

  1. Testimoni

Jika anda sudah memiliki pelanggan dan mereka puas dengan pelayanan Katering anda, abadikan ucapan mereka agar menjadi bukti kepada calon pelanggan anda yang lain bahwa Katering anda adalah Katering yang professional dengan pelayanan yang memuaskan. Salah satu tempat anda memasukkan testimony tersebut bisa melalui brosur-brosur.

  1. Nama

Nama adalah hal yang paling utama yang harus dimiliki. Karena dari namalah kemudian image Katering anda akan tergambar di benak pelanggan anda. Jadi carilah nama yang memiliki kesan positif serta mudah diingat. Kata yang mudah diingat akan selalu terngiang-ngiang didalam pikiran pelanggan anda sehingga ketika mereka membutuhkan jasa Katering lagi, nama tersebutlah yang akan teringat.

  1. Tim Marketing

Marketing adalah ujung tombak dari segala aktifitas bisnis. Tanpa mereka , sebuah bisnis akan sepi pelanggan bahkan kemungkinan untuk gulung tikar diusia muda sangat mungkin terjadi. Agar itu tidak terjadi pada Katering anda, rekrutlah orang-orang yang memiliki basic sebagai marketing yang akan mengurusi segala pemasaran bisnis Katering anda. Jika memang untuk merekrut mereka terbentur dengan biaya, latihlah kerabat yang memiliki keahlian pandai bicara untuk menjadi tim marketing anda.

  1. Kreasi dan Inovasi

Walaupun bisnis Katering anda termasuk Katering baru bukan berarti anda tidak bisa berkreasi. Kreasi dan inovasi adalah hal pentin yang harus selalu diperhatikan dan dilakukan agar pelanggan anda tidak bosan. Tanpa inovasi dan kreasi, Katering anda akan dinilai membosankan atau monoton sehingga pelanggan akan mencari Katering yang lain.

Itulah cara memulai bisnis katering yang bisa anda jadikan panduan jika ingin memulai bisnis Katering ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis