Sponsors Link

10 Cara Mengembangkan Bisnis Travel Terampuh

Siapa  yang tidak suka pergi berlibur? Tentunya sebagian besar bahkan hampir semua orang sangat menyukai liburan. Liburan sendiri sangat identik dengan jalan-jalan dan travelling. Dan inilah alasan mengapa bisnis travel kian di gemari dan menjadi salah satu bisnis yang potensial. Mengetahui dan mempelajari cara memulai bisnis travel adalah hal yang wajib ketika anda pertama kali ingin menjalankan bisnis tersebut. Karena anda memerlukan bebrapa pedoman khusus agar bisnis tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

ads

Namun jika anda telah terjun dan menjalankan bisnis ini, tentunya akan berfikir tentang cara mengembangkan bisnis travel tersebut. Ada beberapa cara umum yang bisa di lakukan untuk mengembangkan dan mensukseskan bisnis travel anda tentunya. Tips sukses bisnis travel tersebut bisa menjadi pedoman anda dalam menentukan cara mengembangkan bisnis travel yang sedang anda jalani. Penasaran? Berikut telah kami rangkum cara-cara dasar yang ampuh dalam mengembangkan bisnis travel anda:

1. Lakukan Modifikasi Produk

Jika anda ingin bisnis travel anda berkembang dan berjalan lancar, maka hal pertama yang bisa anda lakukan adalah memodifikasi produk travel anda. Ingatlah bahwa memodifikasi akan jauh lebih menguntungkan daripada anda harus memesan kembali produk baru untuk meningkatkan kualitas layanan anda. Para pelanggan akan lebih tertarik jika anda menyedikan pelayanan jasa dengan menggunakan produk yang terlihat lebih bagus dan terawat. Pelajari juga hal apa yang menjadi penarik minat para pelanggan, misalnya saja tren warna, memodifikasi tampulan produk seunik mungkin atau dengan pelayanan super ekstra.

2. Standarkan Penawaran Harga

Ketika anda melakukan renovasi dan perawatan produk travel anda, bukan berarti anda bisa meninggikan harga pelayanan jasa setinggi-tingginya. Tetaplah konsisten dengan harga jual jasa awal, walaupun anda berniat menaikan harga maka naikanlah dengan skala yang wajar. Belajarlah dari berbagai harga yang di tetapkan oleh para pesaing anda. Kenaikan harga yang relatif tinggi tidak selalu di sukai oleh pelanggan, dan ide ini dapat berujung dengan berkurangnya pelanggan bisnis travel anda. Ketetapan dan kosistensi harga bisa menjadi daya tarik tersendri untuk bisnis travel anda. Jadi pertahankan hal tersebut.

3. Keunikan Nama Produk

Pernah mendengar nama atravel agen yang lucu dan unik? Ya, ini meupakan salah satu strategi dalam cara mengembangkan bisnis travel, loh. Keunikan dan perbedaan akan membuat jasa layanan travel anda di kenal oleh masyarakat. Bahkan hal yang sangat di anjurkan di dalam cara memulai usaha travel tiket pesawat adalah dengan menggunakan sebuah nama layanan jasa yang unik hingga masyarakat bisa membedakan dengan layanan lainnya yang serupa.

4. Optimalkan Promosi

Ada banyak hal yang bisa menunjang usaha promosi anda. Baik secara online, maupun offline. Berikut beberapa langkah promosi yang akurat :

  • Pasang iklan promosi bisnis travel anda di web online
  • Sebarkan katalog dan iklan promosi anda
  • Datangi langsung sang calon konsumen secara baik dan perlahan
  • Lakukan presentasi singkat melalui sebuah seminar
  • Lakukan promosi di sosmed
  • Memasang logo dan nama perusahaan di alat transportasi jasa travel anda
  • Gunakan pamflet atau spanduk

Bahkan promosi tanpa media atau secara langsung dari mulut kemulut juga tidak kalah efektif. Apalagi jika anda telah mengenal dengan baik orang-orang tersebut. Manfaatkan juga bantuan keluarga dan kolega dalam pengembangan bisnis dan promosi tersebut.

5. Manfaatkan Komunitas

Adanya trik community marketing di anggap menjadi salah satu strategi pemasaran terbaik yang akan efektif di beberapa tahun kedepan. Indonsia misalnya, para warga sangat senang sekali melakukan acara dan berkumpul di dalam komunitas yang mereka gemari.Bisnis travel anda akan lebih di lirik jika anda melakukan promosi yang benar dalam sebuah komunitas yang memiliki banyak pengukit aktif.

 

 

6. Strategi SEO

Ketika anda mengoptimalakan bisnis travel anda dengan media online, maka melakukan strategi SEO amatlah di anjurkan. Dimana website anda akan terbaca dan terindex oleh google pada halaman awal. Tentunya ini aka memudahkan para pelanggan mengenali dan mencari jasa anda. Inilah mengapa seseorang akan membutuhkan jasa SEO handal dalam optimalisasi situs bisnis online mereka. Bukankah ketika anda browsing dan mencari informasi tentang sesuatu anda akan lebih menyukai membuka situs yang tampil pada halaman yang pertama, bukan?

Sponsors Link

7. Pemeetaan Lokasi

Ini sangat disarankan ketika anda sedang menjalankan bisnis travel. Dimana anda akan melakukan analisis tentang wisata apa yang berotensi untuk bisnis travel anda. Tujuan di daerah mana yang akan di minati di area anda. Amati juga seberapa jauh tempat-tempat tersebut dari lkasi anda. Ini akan meminimalisir harga bahan bakar dan menghemat ongkos. Ketahui juga rute-rute alteratif jika misalnya mengalami gangguan dan kendala pada rute utama. Ini akan memudahkan anda dalam menjalankan dan perkembangan bisnis travel anda. Jangan hanya terpaku pada satu rute dan satu tujuan saja.

8. Paket-Paket Menarik

Ketahuilah bahwa banyak orang yang sangat menyukai adanya paket-paket wisata menarik. Seperti beberapa diskon maupun beberapa promo menarik yang biasanya ditawarkan oleh penyedia jasa travel. Ini akan membuat mereka bisa memilih kapasitas layanan dan layanan apa saja yang mereka butuhkan dan inginkan. Jangan mematokan harga monoton tanpa ada beberapa paket maupun gabungan paket yang bisa saja membuat pelanggan anda kian banyak nantinya.

9. Keunikan Iklan

Ketika anda melakukan promosi anda memang harus lebih kreatif dalam beriklan. Faktor penarik miat seseorang untuk melihat sebuah iklan adalah keunikan dari iklan tersebut bukan? Nah, inilah mengapa anda dituntut untuk lebih kreatif  dalam memasang dan memajang sebuah iklan yang menawarkan jasa travel anda. Agar tidak terkesan menjiplak, lakukanlah survey sederhana tentang cara dan bagaimana jenis iklan promosi yang dilakukan oleh para pesaing anda. Ini bisa menjadi sebuah pemicu dan bahan perbandingan agar iklan anda kian dilirik dan jasa anda laku di pasaran, hingga bisnis tersebut bisa berkembang dengan pesat.

Sponsors Link

10. Gunakan Jasa Para Endorser

Anda tidak harus selalu membayar mahal untuk menggunakan jasa para endorser. Bisa saja dengan anda menawarkan fasilitas jasa anda kepada mereka dan biarkan merka menikmati layanannya. Ini akan memudahkan anda dalam pengembangan bisnis. Karena mereka nantinya akan mereview jasa anda dan akan mengajak para pengikutnya untuk mulai mencoba layanan anda. Semakin puas mereka terhadap layanan anda maka review yang mereka berikan tentunya akan semakin positif. Jadi tidak usah ragu menggunakan strategi yang satu ini.

Demikianlah 10 cara agar bisnis travel anda kian maju dan berkembang. Ketika melakukan pengembangan bisnis, jangan hanya terpaku pada satu cara. Lakukanlah pengembangan terhadap banyak cara yang efektif, karena bisnis travel yang merupakan salah satu ide bisnis untuk pensiunan ini memang cocok di kembangkan dan berpotensi jika anda bisa mengelola dengan baik dan benar.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis