Sponsors Link

11 Cara Memulai Bisnis Travel Agent

Banyak sekali transportasi yang disediakan di Indonesia. Mulai dari trasnportasi laut, udara dan darat. Transportasi sangatlah penting untuk masyarakat, karena kegunaannya untuk menjangkau tempat satu dan tempat lain yang sangat efisien dibandingkan dengan jalan kaki. Transportasi dibagi menjadi dua yaitu transportasi umum dan transportasi swasta. Contoh dari trasnportasi umum adalah bis, angkutan umum, kereta api, busway dan lain sebagianya yang sangat gampang ditemui dan jumlahnya banyak. Sedangkan transportasi swasta adalah transportasi yang dimilki oleh sebuah perusahaan, memilki kesamaan dengan transportasi umum namun kepemilikannya adalah milik perorangan atau instansi, contohnya adalah travel. (Baca juga : cara mendirikan usaha perseorangan ,  Prinsip Prinsip Bisnis)

ads

Travel adalah sebuah bisnis transportasi yang mengantarkan dari kota satu ke kota lain, dari daerah satu ke daerah lain, yang pada intinya sudah tercantum di menu travel darimana dan kemana tujuan anda. Travel biasanya menggunakan jasa permobilan, mulai dari mobil yang besar seperti elf, maupun mobil biasa seperti avanza. Keunikannya pula apabila kita menggunakan transportasi umum kitalah yang harus menunggu di suatu tempat seperti terminal, stasiun, di depan gang ataupun halte penungguan. Sedangkan travel, biasnya akan menjemput dimana kita berada. Kita tidak perlu bingung untuk menunggu travel yang lain apabila travel yang kita inginkan penuh, Karena travel sudah diatur oleh kuota mobil itu sendiri. Bisnis travel sangat menjanjikan, karena apabila masyarakat yang tidak memilki kendaraan pribadi ataupun malas untuk pergi ke tempat pemberhentian transportasi, maka biasanya mereka akan memilih travel, karna travel yang akna mendatangi kita dimana kita berada, bukan kita yang mendatangi travel dimana travel berada. (Baca juga : perilaku konsumen yang sesuai dengan hukum Gossen ,  bentuk kepemilikan bisnis)

Dalam sebuah bisnis hal yang dilakukan adalah yang utama dan terutama adalah memiliki modal. Modal yang dimaksud adalah modal sebagai pembuka atau pemulai dalam sebuah bisnis.  Menurut banyak referensi lebih baik dalam memulai usaha bisnis travel kita menggunakan bisnis franchise saja. Mengapa kita memilih bisnis franchise? Dikarenakan untuk pemula franchise sangatlah mudah. Franchise sangat bermanfaat bagi pembisnis pemula, karena franchise merupakan bisnis instan dimana para pembisnis pemula tidak memulai bisnisnya dari nol. (Baca juga : tindakan ekonomi rasional – contoh prinsip-prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari)

Melainkan menjalanakan bisnis yang sudah ada milik sebuah perusahaan yang usahanya sudah banyak dikenal dan banyak membuka canagn dimanapun. Maka dari itu saran pertama untuk memulai bisnis travwl adalah dengan cara melaui franchise.  Namun, apabila tidak ingin menggunakan bisnis franchise maka kita bisa menggunakan bisnis sendiri tanpa fraanchiseSelain itu syarat yang diperuntukkan untuk memeulai bisnis travel adalah kita harus memeperhatikan factor-faktor berikut diantaranya:

  1. Tipe Travel yang kita inginkan

Dalam bisnis sendiri kita harus mengetahui kita akan memulai bisnis travel dengan cara ynag bagaimana sistemnya. Online atau yang bagaimana Apabila online kita harus  memilki alat produksi yang diperlukan. (Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Properti , Bisnis yang Menguntungkan Bagi Pelajar)

  1. Memiliki alat produksi

Alat produksi yang dimaskud adalah berupa hardware dan software. Hardware atau perangkat keras yang dimaksud adalah computer, telepon dan buku serta peralatan yang lain yang dirasa dibutuhkan dalam sebuah meja. Kemudian adalah software adalah program yang dibutuhkan untuk travel online itu sendiri apabila usaha kita berada di travel online yang menyediakan tiket, pembayaran dan pilihan tujuan secara online. Apabila semua usaha travel dilakukan secra aonline maka kita harus menyediakan internet yang koneksinya bagus agara tidak menghambat dalam proses travel itu sendiri (Baca juga : syarat mendirikan koperasi simpan pinjam)

ads
  1. Nama Usaha Travel

Nama usaha memang sangatlah perlu dalam proses usaha bisnis travel,terutama untuk mengenalkannya kepada orang. Usahakan dalam memilih nama usah adalah nama yan semenarik mungkin, namun gampang untuk dihafalkan. Sehingga orang banyak yang mnegetahui nama tempat usaha kita. (baca juga: Keuntungan Bisnis Pulsa , Jenis Bisnis Ritel )

  1. Memberikan promo

Promo sangat disenangi oleh banyak orang maka, dengan banyak persaingan travel yang ada, kita harus pintar untuk menarik pelanggan dengan cara memberikan promo, atau harga menarik yang bisa didaptakan pelanggan. Harga menarik yang dimaksud adalah seperti diskon akhir tahun, diskon lebaran , ataupn diskon awal tahun. Bukan hanaya itu saj misal promo paket wisata denagn syarat dan ketentuan yang berlaku. Dengan cara itu maka banyak pelanggan yang akan mendatangi usaha travel kita.  (Baca juga: tips memilih KPR – syarat mendirikan usaha dagang)

  1. Memperluas hubungan dengan pengusaha lain

Hal ini dilakukan agar bisnis kita smekain dikenal oleh pengusaha lain, sehingga pengusaha lain dapat menjadikan bisnis sebagai rujukan atau untuk membantu membuat travel kita semakin ramai dengan cara mengenalkannnya dari mulut pengusaha ke pengusaha lain. Disini kita juga bisa berkumpul dnegan pembisnis travel yang lain, atau komunitas pembisnis travel agar disini kita dapat berkumpul untuk saling bertukar pendapat, dari sinilah kita bisa berbagi dan mendapat tips untuk memajukan travel kita (Baca juga : tujuan pembangunan ekonomiindikator pembangunan ekonomi)

  1. Memiliki karyawan

Dalam setiap bisnis kita kita tahu bahwa karyawan dan staff adalah hal yang harus dimiliki oleh setuiap pembisnis, selain sebagai partner bisnis, karyawan yang membantu dalam berjalannya sebuah proses usaha. Pilihlah karyawan yang kompeten di bidangnya. Hal ini sudah pasti harus dimilki, yang terpenting adalah pilh karyawan yang sangat ramah, dan baik dalam melayani konsumen. (Baca juga : keuntungan bisnis laundry)

  1. Memilih tempat usaha

Tempat usaha yang baika dlaah tempat usaha yang strategis dan ramai. Tempat yang strategis maksudnya dapat dijangkau khalayak ramai, tidak terlalu di pinggiran kota. Hal ini dilakuakn agar bisnis travel kita banyak dipandang orang dan banyak orang yang tertarik dengan bisnis yang kita geluti. (Baca juga : bisnis rumahan modal kecil menguntungkan)

  1. Tempat usaha yang dimiliki harus menarik

Tempat usaha yang dimiliki adalah tempat usaha yang menarik. Dalam hal ini, walaupun secara online, bisnis travel kita juga melayani bagi orang yang on the spot, jadi kita harus menyiapakn tempat usaha kita yang menarik Yang menarik bukan berarti harus bagus dan mewah, melainkan suasanannya yang hangat, bersih dan rapi sudah sangat digemari oleh pelanggan. (Baca juga : cara bisnis pulsa ,  Keuntungan Bisnis Bahan Bangunan)

  1. Karyawan yang Ramah

Karyawan yang ramah dibutuhkan ketika tempat usaha kita berdiri di suatu tempat, Karyawan yang easy going, ramah dan murah senyum adalah karyawan yang diinginkan dlaam bisnis travel. Sehingga pelanggan-pelanggan tidak sungkan untuk bertanya tentang bisnis travel yang kita. Karyawan yang ramah juga membuat suasana menjadi hangat. (Baca Juga: Fungsi Produksi Jangka Pendek  , Fungsi Produksi dalam Perusahaan)

Sponsors Link

  1. Melakukan promosi

Dalam hal ini promosi dilakukan untuk membuat bisnis travel kita dikenal banyak orang. Cara yang paling ampuh adlaah dengan menggunakan pamphlet, brosur atau selebaran yang bisa dibagikan di temapat-tempat yang potensial. Tempat yang potensial maksudnya aadalah tempat yang dilalui banyak orang dan ramai, Selain itu dnegan tempat usaha yang berada di tempat yang strategis, kita juga bisa memmasang banner ataupun ex banner agar banyak dibaca oleh orang banyak itu sudah termsuk promosi. Selebaran yang diusung adalah selebaran yang menarik yang membuat mata orang ingin membaca. Selain itu dengan adanya teknologi yang semakin maju maka kita dapat memanfaatkan teknologi seperti social media untuk mempromosikan bisnis travel kita. (Baca juga : fungsi produksi dalam perusahaan)

  1. Kejujuran

Kita harus menjunjung tinggi kejujuran apabila dalam berbisnis. Kita harus emmastikan travel kita bukan hanya dari sleebaran atau secara tulisan saja, secara praktek pun kita harus memeriksa kenyamanan serta keamanan dari travel kita. Harus jujur dalam praktek di tulisan dan di aslinya. Itu untuk menunjukakn mutu dan kualitas dari bisnis travel kita, bukan hanya pada promo dan omongan belaka, namun dari prakteknya juga kita harus membuktikan bahwa kinerja dari travel yang kita inginkan itu terbukti sesuai dengan apa yang kita promosikan. (Baca juga : pengertian motif ekonomi ,  cara mendirikan firma)

Demikian penjelasan singkat bagaimana Cara Memulai Bisnis Travel , karena di zaman ini transportasi sudah menjadi kebutuhan dasar manusia yang bisa mengantar mereka ke tempat tujuan, tentu hal ini menjadi sebuah peluang besar bagi penggiat bisnis untuk membuka usaha travel ini.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis