Sponsors Link

12 Cara Berdagang Yang Baik dan Menguntungkan

Pernahkah anda bertanya dan merasa ingin tau bagaimana cara berdagang yang baik dan menguntungkan? Ya, tentunya anda memerlukan beberapa pedoman untuk mengawali kiat usaha dagang anda bukan? Apalagi jika anda adalah seorang pedagang pemula. Palagi dengan perkembangan zaman yang kita dapati sekarang ini, perdagangan kian meluas hingga mencapai perdagangan internasional. Selain mengetahui tujuan perdaganagan internasional, kita juga harus tau apa saja yang di butuhkan agar tetap bisa bersaing dengan usaha dagang yang kita miliki.

ads

Karena tentunya akan banyak jenis-jenis usaha dagang yang lain dan juga organisasi perdaganagan dunia yang harus menjadi pedoman anda agar tidak menjadi salah satu yang ketinggalan hingga gulung tikar. Pastinya ini adalah hal yang sangat anda hindari bukan? Ya, siapa juga yang mau usahanya mengalami kemerosotan. Inilah mengapa kita harus mengetahui bagaimana cara berdagang yang baik dan benar yang telah kami rangkum berikut ini :

1. Kuasai Pasar

Kuasai pasar yang saat ini anda jalani, ini bermaksud anda harus menguasai pasar yang menjadi target berdagang anda tersebut. Untuk di percayai sebagai pemasok utama tentunya anda harus memiliki reputasi dan nama yang bagus terleih dahulu. Ini memerlukan modal dan usaha yang mumpuni untuk membangun image tersebut. Misalnya saja produk dagangan anda adalah produk yang telah ramai di jual di pasaran atau barang yang memang menjadi incaran harian, maka selain menjaga kualitas anda juga harus menjaga kenyamanan para pembeli agar tetap betah membeli produk dari usaha dagang anda. Dan jika pasar usaha dagang sudah anda rajai dan kuasai maka anda hanya tinggal menjaga kepercayaan tersebut.

2. Pelajari Pesaing

Anda juga harus mengetahui kelemahan serta kekuatan para pesaing anda yang juga menjual dan memperdagangkan produk yang sama. Karena mengenal keinginan dan keluhan pembeli akan poduk daganagn adalah salah satu hal yang penting dalam cara berdagang yang baik dan menguntungkan ini. Karena cirikhas pedagang dapat i ketahui dari kelebihan maupun kekurangan yang mereka miliki tersebut. Dengan memahami ciri khas dari setiap pesaing nantinya akan mempermudah kita dalam mencari celah untuk lebih meningkatkan pelayanan kita dan mendapatkan banyak pelanggan yang bermutu melebihi yang mereka dapatkan.

3. Kurangi Sifat Bossy

Sifat pribadi yang akan merugikan anda dalam berdagang satu ini tentunya harus di kurangi atau sama sekali di hilangkan. Karena dalam berdagang sifat ingin selalu menjadi pemimpin akan membuat para pelanggan kesal dan jengkel. Karena siapa juga yang ingin membeli pada orang yang selalu ingin menguasai segala hal termasuk memimpin saat berdagang? Cobalah untuk menjadi yang “dipimpin” karena pembeli adalah raja dan dibalik tunduknya anda kepada para pembeli akan ada imbalan yang nantinya menunggu untuk anda miliki bukan? Jadi jangan memelihara sikap bossy ketika berdagang, ya!

4. Visi dan Misi

Tips lain dari cara berdagang yang baik dan menguntungkan adalah dengan penentuan sebuah visi maupun misi dari usaha dagang anda Ini juga menjadi salah satu syarat mendirikan usaha dagang yang biasa di pakai sebagai acuan. Agar visi dan misi dari berdagang bisa anda dapatkan maka cobalah pertanyaan sederhana ini kepada diri anda sendiri “kenapa saya harus berdagang?” atau “apa gunanya saya berdagang?”. Jika anda bisa menjawab pertanyaan tersebut maka tentunya anda mengetahui dengan jelas visi serta misi anda kedepannya. Pencapaian sebuah target adalah kegunaan dari visi maupun misi yang anda buat.

5. Berinovasi dan Berkreasi

Anda harus selalu kreatif agar pelanggan tetap setia bersama dengan usaha dagang anda dan membeli produk anda bukan? Ini adalah sebuah daya tarik bagi daganagan anda agar selalu laris dan sukses i pasaran. Lakukanlah beberapa inovasi maupun kreasi yang tidak sama dengan para pesaing agar anda memiliki ciri khas tersendiri di mata pelanggan. Usaha anda akan mudah hancur oleh perkembangan zaman jika tidak mengalami perubahan yang pasti,lo. Jadi jangan monoton dan statis dalam sebuah usaha ya!

6. Kerja Keras

Tidak ada yang memungkiri bahwa sebuah kesuksesan tidak luput dari kerja keras pelaku usaha tersebut. Jika anda ingin daganagan anda menjadi laku dan menguntungkan anda harus lebih bekerja keras dan berusaha semaksimal mugkin. Karena belum pernah ada hasil yang mengkhianati usaha bukan? Inilah mengapa seorang pengusaha atau pedagang sukses tidak luput dari kisaran usaha yang pernah ia lakukan sebelumnya. Seperti cara jualan baju agar cepat laku anda harus tetap berinovasi agar nantinya daganagn anda laku dan menguntungkan.

7. Investasi

Jangan cepat berbangga hati dengan jumlah keuntungan yang anda peroleh. Namun tirulah sebagian banyak pedagang yang sukses dimana keuntungan mereka jadikan sebagai modal investasi dagangan mereka lagi. Dengan melakukan tips ini maka usaha dagang anda akan terus berkembang dan tidak akan berhenti di tengah jalan. Ini juga merupakan tips jitu dalam pengelolaan uang dalam usaha dagang tersebut.

Sponsors Link

8. Hobi

Jangan mengangap dagan adalah sebuah keharusan, namun cobalah membuat daganag menjadi sebuah hobi yang akan anda jalankan dengan senag hari. Bukankah menjalankan sebuah hobi akan lebih menyenangkan ketimbang anda harus “terpaksa” melakukannya? Ya, coabalah untuk lebih santai namun tertarget dengan adanya penentuan sebuah misi. Namun, anda bisa menjalaninya tanpa harus terlalu tertekan karena sesuatu yang terlalu berlebihan juga tidak akan menghasilkan hal baik seperti yang di harapkan.

9. Keramahan dan Sikap Menjual

Jika anda bertanya apa yang di sukai oleh pelanggan dan pembeli? Salah satunya adalah sikap ramah yang anda miliki. Sikap menjual dagangan yang baik akan selalu mendapat respon positif di pasaran. Bagaimana tidak, semua orang akan lebih memilih berlangganan dengan pedagang yang ramah dari pada sesorang yang tidak enak perilakunya dan tidak beretika.

10. Cekatan

Ini juga menjadi salah satu sifat yang bisa memudahkan anda mendapatkan keuntungan dalam berdagang. Mungkin anda bisa menjalankan usaha berdagang sebagai sebuah hobi dan bersantai. Namun ketika anda mendapatkan pembeli yang ramai, masih bolehkan untuk bersantai? Jawabannya tentu saja tidak. Anda tidak moleh mengabaikan dan membiarkan mereka menunggu lama. Karena tidak ada seorangpun yang menyukai aktifitas menunggu.

11. Sabar

Sikap lainnya yang akan mengantarkan anda pada sebuah keuntungan dagang adalah sabar. Dimana anda harus benar-benar memahami dan mengerti beragam tingkah dan sifat konsumen yang akan di temui nantinya. Bukankah anda memang harus bersaba dan menerima resiko dagang tersebut?

Sponsors Link

12. Harga Bersahabat

Jangan mengambil keuntungan yang serba berlebihan, ya! Ingat pembeli akan lebih selektif dalam pemilihan harga. Jika harga yang anda tawarkan sangat jauh berbeda dengan pesaing maka bukan tidak mungkin ini akan mempengaruhi keinginan mereka untuk membeli produk anda. Oleh karena itu, cobalah memberikan harga yang tidak terlalu tinggi dari para pesaing anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis