Sponsors Link

10 Cara Membuka Usaha Butik Hijab Bagi Pemula

Hijab telah menjadi salah satu trend fashion yang sangat dingandrungi seperti juga cara memulai usaha pakaian anak . Berhijab merupakan salah satu kewajiban bagi kaum muslimah. Dengan populasi penganut agama islam terbesar di dunia. Tentu menemukan wanita berhijab bukanlah hal yang sulit. Bahkan saat ini, jika anda amati maka rasio perbandingan wanita berhijab dam tidak mencapai 5:1. Jika dahulu berhijab nampak sebagai hal yang tidak fashionable. Namun, berbeda 180 derajat dengan sekarang. Saat ini, wanita berhijab bahkan bisa tampil lebih modis dibandingkan wanita tidak berhijab. Namun, tentu saja tetap harus berpedoman pada pakem pakem keislaman. Bahkan clothing line fashion hijaber menjadi salah satu fashion yang paling laris dan banyak di cari.

ads

Hijab tidak hanya menjadi sebuah identitas namun, juga menjadi sebuah ciri dari karakter seseorang. Seiring dengan perkembangan zaman, hijab juga selalu mengikuti perkembangan dunia fashion. Setiap waktu role mode hijab selalu berputar, dan tentu grafik trend pasar juga selalu mengalami kenaikan. Ketika ada trend hijab baru, banyak sekali orang yang berbondong bondong untuk bisa memilikinya. Tidak heran jika banyak sekali usaha butik hijab yang kemudian bermunculan sebagai bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan . Bisnis inipun bisa menjadi peluang yang menguntungkan bagi anda. Selama anda sanggup menghadapi persaingan di dunia fashion yang semakin ketat, maka tidak ada salahnya  mencoba peruntungan di bidang ini. Dengan mengandalkan pola konsumtif dari para pengguna hijab maka sudah selayaknya potensi bisnis ini dapat anda manfaatkan. Jadi tunggu apa lagi segera buka butik hijab kamu sendiri dengan menyimak 10 cara membuka butik hijab bagi pemula. Simak selengkapnya.

1. Niat Untuk Membuka Usaha Butik Hijab

Membuka sebuah usaha bukanlah sesuatu yang bisa di mulai tanpa ada niatan yang sungguh sunguh. Karena niat yang dimiliki akan mengantarkan usaha sampai dimana kedepannya. Jika tidak ada kesungguhan niat maka bisa jadi usaha anda akan segitu segitu saja. Namun jika anda memiliki niat yang sungguh sungguh maka anda akan melakukan berbagai upaya untuk bisa mencapai tujuan dari uaaha itu sendiri. Seperti yang anda tahu usaha butik hijab memang telah banyak ada sebagai usaha modal 10 juta rupiah . Namun, tentunya bukan seorang pengusaha sejati jika anda mengkhawatirkan para pesaing. Selama anda mampu berkompetisi dengan sehat serta memiliki produk yang berkualitas dan mumpuni maka tidak ada kata tidak untuk segera membuka butik hijab anda sendiri.

2. Menyiapkan Modal Usaha

Satu hal lagi yang harus anda persiapkan untuk bisa membuka usaha butik hijab sebagai usaha kecil-kecilan  ibu rumah tangga . Modal merupakan hal utama yang harus anda persiapkan dengan matang. Jumlah modal yang harus anda keluarkan adalah untuk sewa lokasi usaha, pembelian produk dan biaya promosi. Untuk mendapatkan modal yang tidak sedikit itu, anda harus merogoh kocek pribadi dari tabungan anda. Atau anda juga bisa mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga pemberi pinjaman lain. Pinjaman untuk modal usaha biasanya akan lebih di prioritaskan dan di proses dengan cepat.

3. Mencari Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi usaha merupakan faktor penting dalam kesuksesan sebuah usaha. Belajar dari pengalaman ada banyak usaha yang bangkrut karena salah dalam memilik lokasi. Tentu saja hal tersebut harua menjadi perhatian bagi anda. Sebagai ide bisnis jangka panjang , Fokuskan pemilihan lokasi usaha berada di pusat keramaian, seperti pasar dan pusat pusat perbelanjaan. Mungkin harga sewa yang di tawarkan untuk lokasi tersebut cukup mahal. Namun, jika penjualan yang diperoleh juga cukup bagus why not?. Dari hasil penjualan tentu akan dapat menutup modal biaya sewa.

4. Menentukan Brand dan Model Hijab yang Populer

Butik hijab haruslah memiliki produk unggulan dan yang mencirikan brand yang anda usung. Karena pada dasarnya orang akan memilih belanja di butik karena produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang berbeda dengan pasaran simak juga cara memulai usaha daur ulang plastik . Selain itu juga, produk yang di jual di butik biasanya tidak akan ditemui di pasaran. Butik akan mengeluarkan produk yang limited edition, yang tentunya nilai jualnya akan lebih prestise dan membuat rasa bangga pada pemakainya. Untuk produk hijab tentu anda bisa berkiblat pada brand hijab seperti Zoya, Dian Pelangi atau Elzatta. Buat produk seoriginal mungkin dengan mengandalkan kreatifitas dan inovasi yang anda miliki.

Sponsors Link

5. Melakukan Promosi

Promosi menjadi hal yang wajib anda lakukan dalam upaya memperkenalkan produk ke pasar. Dengan begitu maka produk anda akan di kenal secara luas. Semakin luas pasar tentu peluang produk terjual akan semakin besar. Sebagai usaha untuk wanita muslimah Promosi yang paling efektif yang bisa anda lakukan adalah melalui media sosial seperti facebook, twitter, BBM, WA dan instagram. Jika anda tidak keberatan anda bisa membayar biaya endorse pada model hijaber yang terkenal. Karena biasanya metode ini paling efektif untuk menjual fashion hijab. Anda juga bisa mulai memperkenalkan usaha butik anda melalui orang orang terdekat seperti sahabat, teman saudara atau rekan kerja. Berikan penawaran diskon menarik dan promo voucher potongan harga.

6. Menambah Lini Produk Penjualan

Jika usaha anda telah stabil dan memperoleh omset yang lumayan. Maka anda bisa mulai berimprovisasi untuk menambah lini produk yang di jual. Namun, tentu saja anda harus memperimbangkan jumlah modal yang harus di investasikan. Karena usaha untuk anak kuliahan yang menguntungkan pada dasarnya hal ini dilakukan untuk mengembangkan usaha ke skala yang lebih luas. Dan untuk menjaring pasar yang semakin luas. Semakin beragam jenis produk yang ditawarkan tentu akan semakin luas pangsa pasar yang bisa dikembangkan.

7. Pemasaran Secara Online

Pada dasarnya usaha butik hijab di fokuskan pada penjualan produk secara offline. Namun, tentunya anda juga harus fleksibel dalam menagkap peluang dan pasar sebagai upaya cara berdagang yang baik dan menguntungkan . Jika saat ini metode belanja online sedang menjadi hobi dan di gandrungi banyak orang, maka tentu saja anda harus coba mengikuti jejak dengan memasarkan produk secara online. Anda bisa mulai dengan membuka toko online di berbagai e-commerce ternama atau anda juga bisa mengelola website. Dengan demikian maka usaha anda akan tetlihat semakin profesional dan berkembang.

Sponsors Link

8. Aktif Mengikuti Bazar untuk memperkenalkan Butik 

Kegiatan seperti pameran dan bazar bisa menjadi salah satu cara lain untuk menjaring pembeli sekaligus memperkenalkan produk ini juha dinilai sebagai cara promosi produk yang baik . Biasanya kegiatan ini anda lakukan pada masa awal pembukaan usaha. Hal ini juga bisa anda lakukan sebagai kegiatan tes pasar. Untuk mengecek mana sajakan model yang paling laris, disukai dan diminati oleh para calon pembeli. Dengan begitu maka anda akan bisa memproduksi produk yang lebih baik lagi kedepannya.

9. Mencari Rekanan

Rekanan usaha bisa anda jadikan sebagai penambah dala investasi usaha anda. Namun, rekanan yang direkomendasikan disini adalah rekanan yang bersifat seperti reseller bagi produk anda sebagai cara promosi online . Dengan memiliki reseller yang banyak maka tentu peluang produk hijab  anda akan terjual dalam jumlah yang lebih banyak. Namun, patut diingat bahwa kualitas dan originalitas harus tetap di pertahankan. Hal ini akan menjadi ciri khas produk anda dikenali di pasaran.

10. Usaha yang Giat Disertai Do’a

Hal yang tidak bisa anda lewatkan adalah poin kesepuluh ini. Dimana hal ini selalu wajib anda lakukan dalam membuka sebuah usaha seperto cara jualan baju agar cepat laku . Usaha dan do’a menjadi satu kesatuan hal yang harus dilakukan dalam membuka usaha. Apalagi usaha butik hijab ini merupakan usaha yang bergerak di bidang fashion muslim. Tentu saja doa menjadi sebuah keharusan agar usaha yang anda jalankan dapat meraih kesuksesan dan bermanfaat bagi saudara saudara muslimah yang lain.

Nah, 10 cara membuka usaha butik hijab bagi pemula, tentu saja dapat menjadi referensi bagi anda untuk bisa terjun ke bisnia yang satu ini. Diharapkan dari butik anda maka akan semakin banyak wanita muslim yang berhijab dan menutup auratnya. Maka dengan begitu usaha anda akan memberikan manfaat bagi banyak orang. So, tak perlu menunggu jika modal sudah ada dan niat sudah terpatri, maka segera deh buka butik hijab anda dari sekarang. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu.

, ,