Sponsors Link

Pengembangan dan Ciri-Ciri Usaha Kecil

Usaha kecil adalah usaha yang modal dan tingkat kesulitan dalam membangun usahanya tidaklah sesulit usaha menengah maupun usaha yang berskala besar apalagi skala internasional. Biasanya jenis usaha seperti ini akan mudah di temukan di daerah pedesaan dengan beragam cara usaha kecil-kecilan di desa. Yang tentunya juga tidak sulit di temukan di desa. Karena pelaku usaha kecil ini banyak dijumpai dimana saja termasuk di desa bahkan di kota. Jenis usaha kecil ini adalah jenis kekayaan dasi sebuah jenis usaha yang tidak akan melebihi dari Rp. 100.000.000 hingga 200.000.000 yang tentunya perhitungan jumlah kekayaan ini tidak termasuk di dalamnya bangunan, tanah, usaha yang telah berdiri sendiri dan tempat usaha tersebut.

ads

Usaha kecil atau usaha mikro ini adalah usaha yang di jelaskan di dalam UU no.20 pada tahun 2008 yang menyatakan :

  • Usaha kecil atau mikro adalah usaha yang produktif milik badan usaha atau milik perorangan yang memenuhi beberapa kriteria yang telah diatur di dalam UU ini.
  • Usaha mikro ini merupakan sebuah usaha yang masih produktif yang tentunya berdiri sendiri yang bisa di pimpin oleh sebuah badan usaha maupun perorangan yang tidak berupa sebuah cabang atau anak dari sebuah perusahaan yang dikuasai, dimiliki atau salah satu bagian dari usaha besar maupun menengah baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Usaha kecil ini merupakan sebuah kegiatan ekonomi yang dimiliki oleh rakyat yang memiliki skala dan tingkatan yang lebih kecil dan mencangkup seluruh bidang usaha yang secara keseluruhan adalah kegiatan usaha kecil yang perlu untuk dicegah dan dilindungi dari beragam persaingan usaha yang tidak memenuhi kriteria persiangan usaha yang sehat.

Kriteria Usaha Kecil

Selain mengetahui ciri-ciri usaha kecil, sebaiknya kita juga mengetahui apa saja kriteria dari usaha kecil yang wajib dikenali dan diketahui sebagai seorang calon pengusaha yang kemungkinan akan menlakukan jenis usaha ini, yaitu:

  • Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kekayaan atau aset berharga dari usaha kecil tidak melebihi dari Rp. 200.000.000 walaupun penghitungan kekayaan ini tentunya tidak termasuk akan perhitungan properti, tanah dan tempat.
  • Hasil penjualan tahunan yang paling bahanyak sebanyak Rp. 1.000.000.000
  • Merupakan usaha yang dimiliki oleh warga negara Indonesia.
  • Bukan merupakan salah satu anak maupun cabang dari beragam perusahaan besar dan menengah yang telah sukses sebelumnya, atau dinyatakan sebagai sebuah usaha yang berdiri sendiri.
  • Bisa berupa sebuah bentuk dari badan usaha yang berbadan hukum seperti sebuah koperasi maupun sebuah badan usaha yang tidak berbentuk bahan hukum yang berupa usaha perorangan.
  • Sedangkan perolehan dari sumber kekayaan atau modal usaha dari usaha kecil ini adalah sumber tidak resmi seperti pinjaman, tabungan dan bebrapa jenis pinjaman lainnya.
  • Memiliki sifat pengelolaan yang bersifat berpusah dan ini merupakan ciri-ciri usaha kecil yang merupakan jenis usaha yang memiliki jenis pengendalian keputusan, tidak memerlukan atau hanya sedikit membutuhkan pendegalasian dari fungsi di dalam bidang-bidang pemasaran, produksi, keuangan dan yang lainnya.
  • Biasanya tenaga kerja dari usaha kecil ini terdiri dari kerabat dekat maupun anggota keluarga yang memiliki sifat kerja berupa jenis informal yang memiliki kualifikasi teknis yang bisa di kembangkan sejalan dengan perkembangan kerj atau dengan teknis apa adanya seperti usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga.
  • Hubungan dari keahlian dan keterampilan dalam mengelola usaha ini didalam usaha kecil tersebut biasanya dimulai dengan background pendidikan formal yang dimiliki pekerja walaupun cenderung agak lemah.
  • Peralatan yang dipakai dalam usaha kecil ini juga berupa peralatan sederhana dengan jenisk kualitas hasil produksi yang tidak terlalu tinggi juga.

Ciri-Ciri Usaha Kecil

Setelah mengetahui karekteristik dan hal umum tentang usaha kecil maka sekarang kita akan membahas tentang ciri-ciri dari usaha kecil tersebut, yaitu:

  • Kegiatan atau jenis usaha yang dilakukan oleh usaha kecil cenderung atau pada umumnya bersifat usaha informal dan juga jarang memiliki sebuah perencanaan usaha.
  • Struktur organisasi dari usaha kecil ini biasanya bersifat sederhana.
  • Pembagian kerja yang longgar di dampingi dengan jumlah tenaga kerja yang tidak terlalu banyak dan terbatas.
  • Kekayaan pribadi dan kekayan usaha tidak dipisahkan pada umumnya.
  • Penenkanan biaya yang cenderung agak sukar karena minimnya sistem akutansi.
  • Kentungan yang biasanya hanya memiliki margin yang tipis.
Sponsors Link

Keunggulan Dari Usaha Kecil

Walaupun terkesan kecil dan rentan terhadap faktor-faktor kegagalan usaha. Namun, berikut beberpa keunggulan yang dimiliki oleh usaha kecil, yaitu:

  • Modal Minim: Tentu saja untuk membuka usaha kecil tidak memerlukan modal besar dan banyak, modal minim saja sudah bisa membuat seseorang membuka sebuah usaha kecil. Karena usaha kecil adalah usaha yang membutuhkan kosekuensi tanpa modal besar yang biasa di gunakan dalam membangun sebuah usaha berskala lebih besar.
  • Action Yang Lebih Cepat : Karena memerlukan modal yang lebih sedikit dan minim tentunya anda lebih mudah melakukan dam memulai usaha ini. Bahkan usaha kecil yang dianggap lebih mudah terpapar dengan penyebab kegagalan usaha malah mampu bertahan dan biasanya tidak akan memberikan dampak yang besar walaupun terkena sebuah krisis prekenomian negara sekalipun.
  • Tahan Banting : Biasanya usaha kecil akan lebih tahan banting dan memiliki kemampuan bertahan yang lebih baik daripada usaha besar atau menengah yang mudah tergoyahkan oleh beragam permasalahan perekonomian bangsa.
  • Fokus Konsumen Yang Tinggi :  Pelayanan yang dibelrikan kebada konsumen akan lebih terarah dan lebih terfokuskan karena mereka akan lebih baik dalam mengenali dan manajemen pelayanan langsung terhadap para konsumen tersebut.
  • Lebih Fleksibel : Karena usaha kecil inihanya berupa usaha yang berdiri sendiri tanpa ada tuntutan dari beragam jenis perusahaan besar yang berada diatas mereka, maka usaha kecil bisa lebih fleksibel dalam mengembangkan sayap mereka untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik kedepannya.
  • Inovasi : Usaha kecil adalah sebuah usaha yang bisa melakukan inovasi sesering mungkin. Karena biasnaya jika sebuah usaha merupakan cabang atau anakan dari perusahaan besar kain maka inovasi yang dilakukan harus diatas perintah dan diketahui oleh pusat dari usaha tersebut, bukan? maka ini tidak akan berlaku pada usaha kecil.
  • Bebas : Ya, selain fleksibel dan mudahnya melakukan perubahan. Salah satu keunggulan lain yang dimiliki oleh usaha kecil adalah kebebasan dalam melakukan usaha produksi maupun distribusi barang atau jasa yang mereka hasilkan.
  • Penuh Tantangan : Ya, karena modal minim yang dimiliki oleh usaha tersebut maka pelaku usaha harus lebih dituntut untuk kreatif dan melakukan hal yang pantas agar usaha mereka bisa berkembang dengan baik dan juga bertahan diatas banyaknya persaingan usaha kala ini.
Sponsors Link

Demikianlah penjelasan tentang berbagai hal dalam usaha kecil yang harus anda ketahui dan pelajari agar tidak salah mengartikan dengan usaha skala besar maupun menengah. Semoga informasi ini bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro