Sponsors Link

10 Cara Melunasi Hutang Rentenir Termudah dan Terpercaya

Ada banyak cara untuk mencari sebuah pinjaman disaat yang terdesak, namun opsi pinjaman yang ada kebanyakan akan mebuat anda harus melengkapi banyak dokumen dan data dan jarang bisa diproses dalam waktu yang singkat. Salah satu alternatif cepat mendapatkan pinjaman adalah dengan menggunakan jasa rentenir,anamun akan ada banyak masalah yang akan timbul nantinya seperti cara melunasi hutang bank. Berikut kami juga akan menjelaskan cara melunasi hutang rentenir.

ads

Merupakan pelanggaran kriminal untuk meminjamkan uang demi keuntungan tanpa lisensi kredit konsumen. Sebuah perusahaan atau individu yang terlibat dalam pinjaman tanpa izin umumnya dikenal sebagai rentenir. Rentenir sering meminjamkan uang di samping bisnis legal atau ilegal lainnya. Metode yang mereka gunakan untuk meminjam dan mengumpulkan uang sangat bervariasi. Beberapa tanda peringatan bahwa pemberi pinjaman bertindak secara ilegal meliputi:

  • Tidak memberi Anda dokumen atau kesepakatan
  • Menolak memberi Anda informasi tentang pinjaman
  • Menyimpan barang sampai utang dibayarkan, seperti ponsel Anda atau kartu tunai
  • Mengambil sesuatu dari Anda jika Anda tidak membayar tepat waktu
  • Menambah lebih banyak bunga atau biaya sehingga utang tidak pernah turun
  • Menggunakan intimidasi atau kekerasan jika Anda tidak membayar

Tidak semua rentenir bertindak seperti ini. Beberapa mungkin tampak seperti bisnis yang sah seperti pemberi pinjaman di ambang pintu dan Anda mungkin diberi buku pembayaran atau bahkan perjanjian untuk ditandatangani. Tapi apa yang mereka lakukan masih ilegal, dan mereka tidak punya hak untuk meminjamkan uang dengan lisensi.

1. Tingkatkan jumlah pembayaran Anda

Jika Anda memiliki pinjaman pribadi pada rentenir dengan suku bunga variabel, Anda mungkin dapat mengubah jumlah pembayaran Anda. Jika Anda bekerja dengan anggaran, lihat apakah Anda dapat membuat sedikit ruang ekstra setiap bulan untuk meningkatkan pembayaran Anda. Semakin sedikit Anda berhutang bunga yang kurang Anda akan dikenakan biaya, sehingga setiap hitungan sedikit yang sangat dianjurkan di dalam cara melunasi hutang rentenir ini.

2. Tingkatkan frekuensi pembayaran Anda

Anda mungkin juga dapat mengubah seberapa sering Anda membayar cicilan untuk pinjaman pribadi Anda. Misalnya, dengan membayar dua minggu, bukan pembayaran bulanan, Anda akan segera membayar pinjaman Anda. Itu karena ada 26 peruntungan dalam satu tahun, yang berarti Anda akan membayar lebih dari dua minggu selama satu tahun tanpa benar-benar menyadari perbedaan besar dibandingkan dengan membayar setiap bulan seperti cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil.

3. Tingkatkan frekuensi dan jumlah pembayaran

Jika Anda memiliki sedikit ruang kosong dalam anggaran Anda, dan pinjaman pribadi Anda memungkinkan, Anda dapat meningkatkan jumlah pembayaran dan frekuensi Anda ini akan  membantu Anda membuat dampak yang lebih besar pada pinjaman Anda seperti cara mengatur keuangan di masa sulit.

4. Anda mungkin dapat menarik kembali dana tambahan

Pinjaman pribadi Anda juga dapat memberi Anda kemampuan untuk menarik kembali pembayaran tambahan yang Anda buat jika Anda membutuhkan dana tersebut. Ini memberi Anda yang terbaik dari kedua dunia dan Anda dapat menghemat pembayaran bunga dengan melakukan pembayaran tambahan tersebut, tetapi dana tersebut juga akan tetap tersedia untuk digunakan kapan pun Anda membutuhkannya.

5. Lakukan Pembayaran Mingguan

Kirimkan setengah pembayaran kepada kreditur Anda setiap dua minggu, bukan pembayaran bulanan reguler. Ini akan menyelesaikan tiga hal:

  • Bunga yang kurang akan terakumulasi, karena pembayaran Anda akan diterapkan lebih sering.
  • Anda akan membayar pembayaran tambahan, karena ada 52 minggu dalam setahun, yang sama dengan 26 pembayaran tahunan (atau satu ekstra).
  • Melakukan hal ini selama masa pinjaman bisa mencair beberapa bulan.

Pastikan untuk membicarakan hal ini dengan pemberi pinjaman Anda sebelum melakukan pembayaran dua mingguan, karena Anda mungkin dikenakan sanksi atas pembayaran tambahan atau melunasi saldo pinjaman lebih awal.

6. Bulatkan Angka Pembayaran

Membulatkan pembayaran Anda adalah cara mudah untuk membayar ekstra tanpa kehilangan dana. Sama seperti melakukan pembayaran dua mingguan, Anda tidak perlu banyak dana tambahan untuk mengetuk beberapa bulan dari jangka waktu pinjaman Anda. Misalnya, pembayaran otomatis saya adalah sebesar angka hutang tetapi saya memilih untuk membulatkannya, yang merupakan tambahan cicilan per bulan. Setelah 12 bulan, itu adalah tambahan ekstra atau hampir dua pembayaran tambahan.

Sponsors Link

7. Lakukan Satu Kali Pembayaran Ekstra

Jika Anda tidak memiliki arus kas untuk melakukan pembayaran dua kali seminggu, Anda dapat mencapai hasil yang sama dengan melakukan satu pembayaran tambahan per tahun. Gunakan uang dari pengembalian pajak atau bonus dari tempat kerja untuk membantu membayar pinjaman Anda lebih cepat . Atau Anda dapat membagi pembayaran bulanan Anda sebesar 12 dan menambahkan jumlah ini ke semua pembayaran berikutnya. Misalnya, dengan pembayaran mobil saya, saya dapat membagi pembayaran  oleh 12 bulan dan menambahkan separuh untuk setiap pembayaran. Setiap pembayaran akan dinaikkan menjadi 20 % lebih banyak. menyamai satu pembayaran ekstra per tahun.

8. Pulihkan Pinjaman Anda

Ini adalah salah satu cara termudah untuk menurunkan pembayaran Anda, menghemat bunga, dan melunasi pinjaman Anda dalam separuh waktu jika Anda memiliki kredit semi-baik, tentu saja. Banyak bank lokal dan serikat kredit menawarkan suku bunga super rendah pada pinjaman hipotek dan kredit mobil. Saya mulai membayar bunga sebesar 5,75 persen tetapi mampu membiayai kembali ke 3,16 persen. Baru-baru ini saya telah melihat suku bunga pinjaman otomatis serendah 2,25 persen, yang merupakan hal yang baik. Jadi jika Anda belum membiayai kembali pinjaman Anda atau mengambil keuntungan dari bunga 0 persen , sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.

9. Manfaatkan Diskon

Terkadang diskon tambahan ditawarkan ketika Anda mendaftar untuk pembayaran otomatis dan pernyataan tanpa kertas. Ini menghemat uang pemberi pinjaman dengan tidak harus menindaklanjuti dengan penagihan kertas dan menciptakan pengalaman pembayaran yang mulus, sehingga tidak ada biaya keterlambatan. Saya bisa mendapatkan tambahan 0,25 persen dari suku bunga saya karena mengambil keuntungan dari pembayaran tagihan online dan pernyataan tanpa kertas.

Sponsors Link

10. Manfaatkan  Membayar Setiap Pinjaman Lebih Awal

Intinya adalah bahwa melunasi utang kartu kredit atau kartu kredit Anda lebih awal akan menghemat uang dalam bunga dan mengurangi keseluruhan jangka waktu pinjaman. Bayangkan saja apa yang dapat Anda lakukan dengan uang tambahan Anda: simpan untuk pensiun, membuat perbaikan rumah, atau melunasi utang lain.

Ada banyak manfaat untuk melunasi pinjaman Anda lebih awal, tetapi salah satu yang terbesar adalah mengurangi stres dan mengurangi risiko, karena Anda tidak akan menjadi budak bagi kreditur lagi!

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning