Sponsors Link

10 Cara Melunasi Hutang Riba Terlengkap

Ada banyak permasalahan yang terjadi dengan adanya hutang riba, dan salah satunya adalah mencari tahu cara melunasi hutang riba. Tidak jauh berbeda dengan cara melunasi hutang rentenir, anda harus menstartegikan bagaiman cara fektif yang bisa dengan mudah menjadi langkah terbaik dalam cara melunasi hutang riba yang akan kita bahas kali ini. Namun, tenag saja, jika anda masih belum menemukan jalan keluar, kami masih memiliki solusinya.

ads

1. Tetapkan tujuan

Jika Anda serius tentang menyelamatkan diri dari jenis hutang riba. Anda perlu menetapkan tujuan sehingga Anda tahu apa yang Anda menabung. Entah itu perjalanan ke Jepang yang Anda harapkan dapat dilakukan dalam beberapa bulan atau tabungan untuk pensiun, memiliki tujuan yang sangat spesifik akan membantu Anda tetap termotivasi dan di jalur  dan mengikuti cara melunasi hutang riba ini seperti cara melunasi hutang bank.

2. Pangkas pengeluaran

Pertimbangkan pemangkasan biaya. Setelah Anda tahu berapa banyak yang Anda habiskan setiap bulan, Anda dapat memutuskan area mana yang ingin Anda kurangi sehingga Anda dapat memenuhi tujuan penghematan Anda. Bagi mereka yang berpendapatan rendah hingga sedang, melunasi utang adalah perencanaan pajak terbaik yang dapat Anda lakukan. Itu karena Anda tidak membayar pajak atas keuntungan modal di rumah Anda dan tidak ada pajak atas laba yang Anda dapatkan untuk keluar dari utang .

3. Otomatiskan!

Atur transfer dana otomatis ke tabungan ke rekening tabungan sehingga jumlah yang ditetapkan katakanlah 10% dari penghasilan kotor bulanan Anda yang datang dari paycheque Anda secara otomatis. Dengan cara ini, itu bukan masalah menemukan tekad untuk menabung setiap bulan. Jadi simpan dulu untuk tujuan yang Anda miliki dan kemudian habiskan apa yang tersisa seperti cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil.

4. Jangan mencobai diri sendiri

Hilangkan godaan untuk mengontrol pengeluaran. Lupakan roaming melalui mal dan toko buku di mana pembelian spontan adalah hal biasa. Sebaliknya, kunjungi gym atau bergabung dengan klub buku untuk tetap sibuk dan terlibat. Salah satu strategi untuk menjalankan cara melunasi utang riba dengan cepat adalah metode penumpukan. Ini meminta Anda untuk mendaftarkan semua utang Anda dalam urutan menurun dari suku bunga tertinggi terlebih dulu ke bawah. Strategi ini mengharuskan Anda melakukan pembayaran minimum untuk semua utang Anda sambil mengarahkan sisa dana Anda menuju pinjaman dengan suku bunga tertinggi.

Setelah itu terbayar, Anda akan melakukan hal yang sama dengan utang tingkat bunga tertinggi berikutnya di daftar Anda. Metode kedua untuk membayar utang adalah strategi melunasi dari yang terendah. Di sinilah Anda fokus untuk membayar utang Anda dari jumlah terkecil ke jumlah tertinggi dengan melakukan pembayaran minimum untuk semua utang Anda dan menempatkan sisanya kepada yang memiliki jumlah terendah seperti kartu kredit, katakanlah. Membayar utang kecil dapat menimbulkan perasaan berprestasi, yang merupakan faktor motivasi penting bagi mereka yang mungkin merasa kewalahan oleh utang mereka.

5. Hilangkan segala biaya non-esensial

Langkah pertama tentang cara melunasi utang dan menyimpan uang adalah memantau pengeluaran Anda. Anda harus memastikan Anda tidak memiliki kebocoran uang. Misalnya, jenis kebocoran yang paling umum adalah pengeluaran otomatis yang ditarik dari akun Anda yang sudah lama Anda lupakan. Anda tahu bahwa berlangganan majalah, garansi yang tidak perlu atau keanggotaan gym. Lihatlah laporan bank Anda dan soroti setiap pengeluaran yang tidak Anda perlukan lagi. Uang tambahan ini adalah tabungan otomatis tanpa banyak usaha.

Sponsors Link

6. Cari tahu berapa banyak uang yang Anda miliki

Anda membutuhkan spreadsheet atau daftar terpisah dari semua utang Anda. Tambahkan semua dari mereka untuk mendapatkan total berapa banyak uang yang Anda lempar pada utang Anda setiap bulan.

7. Buat anggaran baru

Anggaran baru Anda seharusnya tidak termasuk pengeluaran yang Anda putuskan untuk dihapuskan pada langkah sebelumnya, tetapi harus mencakup total pembayaran utang Anda. Jika total anggaran baru Anda pengeluaran saat ini dan pembayaran utang lebih besar dari penghasilan Anda, Anda memiliki masalah pendapatan yang perlu ditangani. Jika Anda memiliki sisa uang ekstra setelah pengeluaran dan utang Anda dipertanggungjawabkan, ini adalah berita bagus! Sekarang Anda hanya perlu memberi tahu uang tambahan ini ke mana harus digunakan. Karena Anda berutang, tentu saja, Anda ingin berkontribusi sebagian terhadap pembayaran utang Anda. Namun, ini adalah kesempatan untuk menghemat juga.

8. Tentukan berapa persentase yang ingin Anda habiskan untuk utang

Ini adalah kesempatan untuk membangun otot tabungan Anda. Jika Anda tidak terbiasa menabung, Anda akan terbiasa melakukannya dengan mengikuti metode ini. Anda harus memutuskan berapa persentase dari sisa pendapatan Anda yang ingin Anda sumbangkan ke utang Anda dan berapa persen yang harus ditabung. Langkah selanjutnya adalah membuat penghematan otomatis! Ini adalah cara termudah untuk melunasi utang dan menghemat uang.

9. Metode Pembagian Uang

Jika Anda berjuang untuk menghemat uang dan melunasi utang , aturan 50-20-30 dapat membantu Anda menganggarkan sesuai dengan tujuan keuangan Anda, menurut Rob Berger, pendiri The Dough Roller . Dia mengatakan aturan sederhana memberikan fleksibilitas, apakah Anda ingin membayar utang, menyimpan, berinvestasi atau ketiganya. Lima puluh persen untuk kebutuhan, tiga puluh persen adalah untuk kebutuhan, dua puluh persen untuk tabungan. Berikut uraiannya :

  • 50 persen: Termasuk uang sewa, makanan, tagihan, pembayaran utang minimum, dan hal-hal penting lainnya
  • 20 persen: Termasuk tujuan keuangan seperti tabungan, investasi, dll
  • 30 persen: Makan, hiburan, dll

Sebelum memulai, Anda harus menentukan berapa banyak yang dapat Anda hemat secara realistis. Sebagai contoh, seseorang dengan pengeluaran tinggi dan hutang tinggi mungkin perlu menyesuaikan aturan menjadi 80-10-10 sampai mereka mengurangi hutang dan menumbuhkan tabungan mereka. Tetapi sebelum Anda berasumsi Anda tidak mampu untuk menghemat 20 persen, disarankan, luangkan waktu untuk memeriksa kebiasaan pengeluaran Anda.

Sponsors Link

Ketahui Bagian Keuangan Mana Yang Bisa anda Potong

Anda mungkin menghabiskan banyak uang dengan cara yang tidak Anda sadari , kata Berger. Pertama, lihat pengeluaran utama Anda sewa,  pembayaran cicilan, dll  dan tanyakan pada diri Anda apakah ada cara untuk menguranginya, katanya. Anda mungkin bisa menghemat dengan pindah ke kota yang lebih murah, misalnya, atau dengan membeli mobil bekas, bukan yang baru, katanya. Jika tidak mungkin untuk mengurangi pengeluaran besar, maka Anda perlu melihat pengeluaran Anda yang lebih kecil.

Periksa daftar pengeluaran dalam  50 persen Anda dan tanyakan kepada diri Anda sendiri: Apakah saya memerlukan ini?. Anda juga harus memeriksa pengeluaran dalam ember 30 persen Anda untuk melihat apa yang cenderung Anda buang uang paling banyak. Bagi sebagian orang, itu mungkin pakaian, untuk orang lain, elektronik atau makan di luar. Disarankan membuat anggaran mini yang akan mencegah Anda membelanjakan terlalu banyak pada kebiasaan gaya hidup Anda. Misalnya, jika Anda cenderung berbelanja secara royal, buat anggaran makan yang selaras dengan tujuan tabungan Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning