Sponsors Link

13 Cara Menabung Agar Cepat Terkumpul Banyak Hanya Dalam Waktu Singkat

Tidak banyak yang menyadari bahwa sebenarnya da banyak cara menabung agar cepat terkumpul banyak. Karena kebanyakan orang hanya akan berfikir bahwa menabung adalah pekerjaan sulit yang mustahil terwujud jika hanya memiliki penghasilan yang pas pasan. Padahal, itu semua tidaklah benar seperti cara menabung 50 juta dalam setahun. Sebenarnya cara menabung agar cepat terkumpul banyak bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk anda. Tidak percaya? Yuk simak tipsnya berikut ini:

1. Buat Rutinitas Keuangan

Memiliki rutinitas keuangan adalah salah satu cara terbaik untuk menguasai uang Anda dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu seperti biaya penarikan rekening bank dan biaya keterlambatan pada tagihan dan pembayaran pinjaman. Kebanyakan orang tidak berniat melakukan pembayaran terlambat atau menarik rekening bank mereka, tetapi pengelolaan uang dasar dapat jatuh melalui celah ketika Anda sibuk atau kehilangan fokus seperti cara menabung uang dicelengan.

2. Mengikuti Sistem manajemen Uang

Solusi untuk tetap di atas keuangan Anda dan tidak pernah terpukul dengan biaya keterlambatan yang mahal adalah mengikuti sistem manajemen uang. Tetapkan Hari Keuangan Pribadi di mana setiap minggu, tanpa gagal, Anda menyelesaikan tugas seperti meninjau biaya, memverifikasi penerimaan kartu kredit dan debit, rekonsiliasi rekening bank, dan mengatur pembayaran tagihan.

3. Jadikan Menabung Sebagai Rutinitas

Berpegang pada rutinitas akan membantu Anda mencapai lebih banyak hal dalam kehidupan keuangan Anda, seperti memantau anggaran, mengawasi investasi Anda dan menghemat lebih banyak uang. Ini juga cara cerdas untuk menangkap calon pencuri yang dapat merusak keuangan Anda.

4. Beralih ke Layanan Gratis

Jika Anda membayar biaya bank, seperti biaya perawatan bulanan, biaya ATM, atau biaya kartu debit, Anda memerlukan bank yang lebih baik. Ada banyak lembaga nasional dan lokal yang tidak mengenakan biaya apa pun. Bahkan, beberapa bahkan membayar bunga Anda yang lebih tinggi dari tarif angsuran anda saat ini!

5. Fokus pada Biaya Waktu Anda

Cara yang bagus untuk mengendalikan pengeluaran adalah dengan mempertimbangkan berapa harga barang Anda tepat waktu, daripada dolar, sebelum Anda membelinya. Cara terbaik untuk mengendalikan pengeluaran adalah dengan mempertimbangkan berapa biaya item Anda dalam waktu, bukan dolar, sebelum Anda membelinya.

6. Memotong Biaya Perawatan Kesehatan

Undang-Undang Perawatan Terjangkau, juga dikenal sebagai BPJS, mengharuskan kebanyakan orang Indonesia untuk memiliki asuransi kesehatan atau membayar denda. Tergantung pada penghasilan dan ukuran keluarga Anda, Anda mungkin memenuhi syarat untuk bantuan keuangan seperti cara menabung dirumah. Bantuan datang dalam bentuk kredit pajak di muka, yang mengurangi biaya rencana yang dibeli melalui pasar asuransi kesehatan negara Anda atau pertukaran. Bahkan jika Anda sudah memiliki asuransi melalui majikan, jika itu tidak terjangkau, Anda mungkin memenuhi syarat untuk berbelanja untuk rencana yang lebih murah di pasar, dan membatalkan kebijakan Anda di tempat kerja. Rencana tempat kerja dianggap tidak terjangkau ketika cakupan self-only biaya lebih dari 9,5% dari pendapatan rumah tangga Anda.

7. Gunakan Layanan Asuransi

Cara lain untuk memotong biaya perawatan kesehatan adalah mendaftar dalam jenis asuransi yang dikenal sebagai rencana kesehatan yang dapat dikurangi tinggi. Paket-paket ini menawarkan premi yang lebih rendah dengan imbalan biaya yang lebih tinggi. Anda juga memenuhi syarat untuk Akun Tabungan Kesehatan, yang memungkinkan Anda menggunakan dana untuk membayar biaya pengobatan secara bebas pajak. Baca Cara Menyimpan Uang Dengan Asuransi Kesehatan Berkurang Tinggi untuk informasi lebih lanjut.


8. Jadilah Pelanja yang Cerdas

Kebanyakan orang dapat menghemat uang dengan makan lebih banyak makanan rumahan. Tetapi jangan membodohi diri Anda membeli bahan makanan tidak secara otomatis menghemat uang Anda. Jika Anda muncul di supermarket yang lapar dan tanpa rencana, Anda dapat membeli lebih banyak dari yang Anda butuhkan atau membuat pilihan yang mahal. Jadi ingat bahwa “makan dalam” seharusnya tidak pernah menjadi alasan untuk mengeluarkan uang terlalu banyak.

9. Rencanakan Daftar Belanjaan

Untuk menghemat belanjaan, selalu rencanakan menu untuk setidaknya 3 kali makan malam sebelumnya. Jika Anda membuat cukup untuk sisa makanan, itu bisa memberi Anda makanan selama satu minggu penuh. Cobalah membuat hidangan utama satu kali makan tanpa daging seperti pasta primavera atau salad taman besar ​​untuk menghemat lebih banyak. Kupon pasti dapat membantu mengurangi tagihan makanan Anda, tetapi jangan terpikat untuk membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan atau itu bukan pilihan yang sehat, hanya karena Anda memiliki kupon untuk itu.

10. Pertimbangkan Ketahanan Bahan Makanan

Ketika Anda berada di toko kelontong, beli saja apa yang bisa Anda makan. Harga untuk makanan non-makanan dan beberapa barang yang tidak tahan lama seperti serbet kertas, sabun, pasta gigi, dan campuran minuman bisa terlalu tinggi. Lakukan penelitian Anda untuk melihat apakah harga lebih rendah di toko-toko gudang diskon lokal atau toko obat.

11. Tabungkan Uang Recehan Anda

Menguasai uang Anda dapat turun untuk membangun beberapa kebiasaan cerdas. Kebiasaan adalah penyebab kekayaan, kemiskinan, kebahagiaan, kesedihan, stres, hubungan yang baik, hubungan yang buruk, kesehatan yang baik, atau kesehatan yang buruk. Jika rencana keuangan Anda tidak di-pilot otomatis, segera ubah, mendorong jutawan buatan sendiri]. Mengotomasi keuangan Anda akan mengirim uang Anda secara otomatis ke akun investasi, rekening tabungan, dan kreditor memungkinkan Anda membangun kekayaan dengan mudah.

12. Jadikan Kebiasaan Menabung Awal Bulan

Cukup tautkan akun Anda, sehingga uang dari gaji Anda langsung ke  atau dari rekening giro ke rekening tabungan Anda, dan siapkan hari yang tepat untuk melakukan transfer. Selain tidak pernah melakukan pembayaran terlambat lagi, otomatisasi ” membebaskan waktu berharga dan memungkinkan Anda untuk fokus pada bagian kehidupan yang menyenangkan, daripada menghabiskan waktu mengkhawatirkan apakah Anda membayar tagihan itu atau jika Anda akan melakukan overdraft lagi.


13. Investasikan Uang Anda

Berinvestasi adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun kekayaan , dan bertentangan dengan kepercayaan populer, Anda tidak perlu banyak uang untuk memulai. Aplikasi lain juga bertujuan untuk membuat investasi yang sederhana dan dapat diakses, dan layanan investasi otomatis yang dikenal sebagai penasehat robo dapat bekerja untuk Anda, tidak peduli berapa banyak yang Anda miliki di bank. Mulai berinvestasi lebih cepat daripada nanti untuk mengambil keuntungan penuh dari bunga majemuk. Keajaiban peracikan dapat mengubah jumlah tabungan yang relatif kecil tetapi konsisten menjadi kekayaan besar.

Demikianlah cara menabung agar terkumpul banyak yang bisa kami jelaskan dan bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Intinya adalah memulai dan tidak perlu menunggu banyak uang untuk menabung terlebih dahulu. Mulai dari kebiasaan kecil dan anda akan mendapatkan hasilnya beberapa waktu kemudian. Investasikan recehan anda mulai sekarang agar bisa menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik dikemudian hari. Ingat, bisa karena anda terbiasa.  Jadi cobalah memulai setiap langkah kecil anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning