Sponsors Link

7 Alasan Nasabah Memilih Buka Rekening Bank Syariah

“Sekarang banyak orang susah, bisnis susah, keuangan susah”, “Besok mau makan apa?”, “Jangan Boros, kita gak punya banyak uang lagi”. Tentu anda sering mendengar mengenai beberapa kata tersebut dari keluarga maupun orang tua, bahkan bisa jadi anda sendiri yang mengatakan hal tersebut dengan orang lain, anak, dan keluarga anda. Memang, sekarang uang memang susah di cari, tapi lebih susah lagi untuk menyimpannya.

Kita tidak mengerti bagaimana cara menyimpan uang. Bahkan banyak orang menyimpan uang mereka di Bank agar lebih aman dan tidak mudah terpakai. Tapi pada kenyataannya sama saja, uang akan terus mengalir. Jenis jenis bank sendiri juga ada beberapa sekarang ada Bank konvensional yang sering kita dengar seperti bank biasanya, BCA, BNI, Mandiri, DBS, BRI, Dan banyak bank bank lainnya. Tapi jangan lupakan ada juga satu jenis bank baru yang sudah populer beberapa tahun belakangan ini, Bank Syariah.

Dari nama Bank Syariah sendiri kita sudah tahu bahwa bank ini sudah bernama Islam maka ada beberapa karakteristik yang berbeda dengan bank bank lainnya. Bahkan sekarang juga ada ekonomi syariah yang sudah memiliki karakteristik utama ekonomi Syariah. Otomatis dalam perekonomian juga ada yang namanya Bank.

Tidak akan terlepas dari keuangan dan juga perbankan. Tidak hanya itu saja, ada juga Saham Syariah sehingga kita perlu mempelajari cara menabung Saham Syariah. Bahkan dalam bank sendiri juga ada jenis kredit bank syariah. Maka dari itu, pada artikel kali ini kita akan mempelajari mengenai keuntungan kita menggunakan Bank Syariah sendiri. Berikut merupakan beberapa keuntungan menggunakan bank Syariah di Indonesia.

 1. Terhindar dari Riba

Di dalam hukum islam sendiri, Riba adalah sesuatu hal yang harus di tinggalkan. Riba sendiri adalah menetapkan beberapa bunga atau bisa juga melebihkan jumlah (Uang) saat meminjam dan juga mengembalikan. Misalnya pada bank konvesional sendiri jika kita meminjam uang, akan ada bunga yang harus di bayarkan, di dalam hukum Syariah sendiri juga tidak ada yang di namakan bunga sendiri. Uang yang tidak di ketahui dari mana itu tidak boleh di terima, kecuali jika ada usaha untuk mendapatkannya. Dengan anda menabung di bank ini sendiri anda akan terlepas dari dosa yang namanya dosa riba. Umat Islam anda akan lebih memahami mengapa Riba tidak di perbolehkan.

2. Nasabah atau Orang yang menabung sendiri merupakan Mitra Bank

Jika pada bank konvesional sendiri anda akan menemukan hubungan antara Bank dan juga nasabahnya sendiri hanya sebagai seperti Kreditur dan juga Debitur. Berbeda dengan Bank Syariah. Bank Syariah sendiri akan memperlakukan nasabah yang melakukan penabungan adalah teman atau mitra sendiri, jadi, mereka memiliki hak untuk mendpatkan sebuah hasil dari investasi yang ada di Bank sendiri. Hubungan antara Nasabah sendiri juga akan lebih erat dengan bank jika anda menabung di Bank Syariah.

3. Berdasarkan Syariat Islam

Segala sesuatu yang ada dan terjadi dalam proses pengelolaan uang sendiri sesuai dengan hukum hukum Islam sendiri sehingga tidak perlu di ragukan lagi. Semua dasar pengambilan keputusan dan setiap dasar untuk melakukan sesuatu di dalam Bank Syariah sendiri sesuai dengan hukum Islam. Tentu ini tidak hanya baik, tapi juga menghasilkan pahala bagi setiap orang yang melakukan bukan? Nasabah pun tidak perlu takut mengenai keunggulan Bank Syariah ini sendiri.

4. Saldo Tabungan yang Rendah

Keuntungan empat yang dapat anda dapatkan di sini adalah adanya saldo tabungan yang rendah. Hampir seluruh bank syariah yang ada di Indonesia secara nasional sendiri memberikan saldo tabungan yang sangat kecil kepada setiap konsumen (Nasabah)nya. Nilai saldo yang minimal ini tentu menjadi pilihan yang tepat dan juga keuntungan bagi setiap nasabah yang ingin punya tabungan dengan saldo yang ada di dalamnya sangat kecil.

5. Peringatan Dini Bahaya tentu yang Sangat Transparan

Keuntungan yang satu ini tidak dapat anda dapatkan ketika anda berada di Bank Konvensional seperti biasanya. Nasabah sendiri memang memberikan tabungan di Bank Syariah ini memberikan sedikit kode jika ada sesuatu yang kurang baik pada keuangan anda, maupun bank. Dari sini, nasabah nasabah tersebut bisa mulai was was untuk menjaga setiap  dana yang sudah mereka taru di dalam bank ini sendiri.

Biasanya bank tidak akan memberitahukan mengenai pengelolaan uang dan permasalahan internal bank, karena takut orang-orang tidak mempercayai bank tersebut lagi. Tapi pada bank Syariah sendiri tidak akan seperti itu, anda akan di beritahu mengenai kondisi dari keuangan bank yang sedang tidak membaik, maka dari itu anda bisa mulai menjaga dana anda yang ada di dalam bank tersebut. Sehingga anda sendiri juga tidak rugi.

6. Dana Nasabah tersebut di Putar secara Syariah

Manfaat selanjutnya adalah setiap uang yang anda simpan di dalam bank sendiri akan di gunakan bukan untuk hal yang tidak jelas atau di sembunyikan, tapi akan ada beberapa hal syariah sendiri. Nasabah bank pada bank Konvensional tidak akan tahu kemana uang mereka akan di putar. Bahkan banyak nasabah bank Konvensional sendiri yang tidak tahu dari mana uang administrasi bunga dan lain lain. Keuntungan di Bank Syariah setiap keuangan nada akan di gunakan sesuai dengan Syariah, jadi anda tidak perlu khawatir lagi untuk menyimpan uang anda.

7. Dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan

Salah satu lembaga yang menjaga dan penjamin penyimpanan yang adalah LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Walaupun Bank Syariah itu bergantung dengan setiap hukum Syariah sendiri, tapi bukan berarti setiap uang dan tabungan anda semua tidak di jamin keamanannya kan? Maka dari itu, ada LPS yang membantu anda untuk menjamin setiap tabungan anda. Bahkan ada juga yang akan menanggung resiko jika ada kehilangan uang sendiri sampai Rp. 2.000.000.000. Jadi tidak perlu takut lagi untuk anda yang ingin membuka rekening di Bank Syariah.

Demikian merupakan 7 Alasan Orang memilih menjadi Nasabah Bank Syariah tentu akan lebih memantapkan kita untuk membuka rekening bank Syariah secepat mungkin bukan? Selamat menabung!

, , ,
Oleh :
Kategori : Perbankan