Sponsors Link

Inilah 5 Tips Usaha Jus Buah yang Menjanjikan di Masa Depan

Kehidupan manusia tidak terlepas dari alat pemuas kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia harus memiliki pendapatan. Banyak peluang usaha yang memiliki banyak pesaing atau peluang bisnis yang belum banyak pesaing. Banyak jenis usaha mikro kecil dan menengah yang ada di masyarakat.

ads

Kali ini, akan diulas mengenai tips-tips usaha jus buah. Usaha jus buah adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Cara memulai bisnis makanan atau minuman sebenarnya tidak membutuhkan modal yang besar. Usaha jus buah bisa dikatakan sebagai salah satu contoh bisnis modal 5 juta atau bahkan kurang dari 5 juta.

1. Niat yang Baik

Jenis pekerjaan atau usaha apapun yang akan dijalani harus memiliki niat yang baik. Hal ini dilakukan supaya rezeki yang didapatkan dari apa yang dikerjakan nantinya akan menjadi berkah dari Allah swt.

2. Memiliki Keyakinan

Dalam memulai usaha harus memiliki keyakinan pada apa yang akan dijalani dan yang akan dihadapi nantinya. Pengusaha tentunya tidak ingin mengalami kerugian, yang diinginkan adalah keuntungan, tidak terkecuali pengusaha jus buah. Namun tidak dipungkiri dalam dunia usaha pasti ada untung dan rugi.

Jika pengusaha jus buah mengalami keuntungan, hendaknya terus mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari jus yang dijual. Jangan sampai dengan keuntungan yang sudah didapat menjadikan pengusaha jus buah lengah atau menyalahgunakan keuntungan tersebut. Misalnya, kualitas buah yang digunakan harus baik, air yang digunakan untuk campuran jus atau yang dijadikan es batu haruslah air yang sudah matang, tidak menggunakan pemanis buatan, serta selalu menjaga kebersihan pada area usaha, blender, dan wadah jus buah untuk konsumen.

Namun, jika pengusaha jus buah mengalami kerugian, maka pengusaha harus siap menanggung dan berusaha mencari solusi atas permasalahan tersebut. Misalnya, jika kerugian dikarenakan kurangnya pembelian oleh konsumen, maka langkah yang dapat diambil adalah dengan meningkatkan pemasaran. Saat ini, dengan adanya media sosial, melakukan pemasaran cukup mudah. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan tidak membeli terlalu banyak kebutuhan jus terlebih dahulu, misalnya buah. Buah merupakan bahan yang tidak tahan lama, karena buah lebih cepat membusuk atau menjadi kering.

3. Menentukan Lokasi Usaha

Sebenarnya untuk membuka usaha jus buah tidak memerlukan tempat yang besar. Cukup di teras rumah saja juga sudah bisa menjalankan usaha ini, sehingga ini adalah jenis usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga. Namun perlu diperhatikan juga kestrategisan lokasi usaha. Jika usaha jus buah dijalankan hanya di rumah, pastikan lokasi rumah Anda adalah termasuk kawasan yang memiliki banyak penduduk. Usaha ini adalah usaha yang cocok dipinggir jalan.

Anda juga bisa menjalankan usaha jus buah di tempat lain (selain di rumah). Bisa membuka stan di mall, di depan mini market, di depan sekolah, dan lokasi strategis lainnya. Namun, mungkin akan ada biaya tambahan seperti biaya sewa tempat ataupun biaya transportasi untuk membawa peralatan atau bahan-bahan ke lokasi usaha jus buah

Penentuan lokasi yang strategis akan berdampak pada pengetahuan konsumen bahwa ada penjual jus buah di lokasi tersebut dan dapat meningkatkan penjualan.

4. Menyiapkan Peralatan, Perlengkapan, dan Bahan-Bahan

Jika sudah memiliki niat dan keyakinan dalam menjalankan usaha jus buah, serta menentukan lokasi usaha, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan dan bahan-bahan untuk usaha jus buah. Secara umum peralatan, perlengkapan, dan bahan-bahan untuk usaha jus buah adalah sebagai berikut.

Peralatan:

  • Meja
  • Etalase kecil
  • Gerobak (bersifat opsional, jika dirasa menggunakan meja dan etalase kecil sudah cukup maka tidak perlu memakai gerobak)
  • Kursi untuk konsumen (minimal dua kursi)
  • Blender
  • Wadah untuk air matang
  • Wadah untuk gula atau air gula
  • Wadah untuk penahan dingin dari es batu
  • Alat untuk memecah es batu
  • Pisau
  • Gelas kaca

Perlengkapan:

  • Gelas plastik lengkap dengan tutup gelas
  • Sedotan
  • Plastik
  • Solasi bening (jika diperlukan)
Sponsors Link

Bahan-bahan:

  • Buah-buahan (tergantung dari jus buah apa saja yang akan dijual)
  • Air matang
  • Gula pasir atau gula pasir yang sudah dicairkan
  • Es batu
  • Susu kental manis coklat atau vanila

Jika ada inovasi-inovasi lain, maka peralatan, perlengkapan, dan bahan-bahan bisa disesuaikan.

5. Menentukan Strategi Penjualan

Strategi penjualan memuat di dalamnya pemasaran. Pemasaran yang dilakukan bisa dari mulut ke mulut atau dengan memanfaatkan media sosial, kemudian ditunjang dengan dipasangnya tulisan, spanduk, atau banner pada lokasi usaha jus buah.

Selain pemasaran, untuk meningkatkan minat beli konsumen, Anda bisa melakukan inovasi. Inovasi dibutuhkan supaya jus buah yang Anda jual memiliki ciri khas dan perbedaan dengan jus buah lainnya. Dengan inovasi, maka konsumen akan merasa tertarik ingin mencoba dan akan berdampak pada meningkatnya penjualan.

, , , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis