Sponsors Link

13 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil Yang Dianjurkan

Menyimpan adalah kebiasaan, semakin banyak Anda mempraktikkannya, semakin kuat itu akan menjadi kebiasaan baik dalam diri Anda. Teruslah menanamkan kebiasaan menabung sampai waktu itu menjadi sebuah kebiasaan yang tidak bisa dipisahkan dari diri anda. Apa lagi jika anda memiliki penghasilan kecil, maka anda harus mencari tahu cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil di bawah ini seperti cara mengatur keuangan di masa sulit.

ads

Ada beberapa cara seseorang atau keluarga dapat merencanakan pengeluaran mereka, untuk menghemat sebagian dari pendapatan mereka. Semua tips di bawah ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang tetapi cobalah untuk mengikuti yang mana saja  dan mulai mengambil langkah-langkah kecil hari ini untuk masa depan yang aman terutama setelah pensiun. Berikut cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil:

1. Belanja yang teliti

Hanya beli apa yang diperlukan. Pikirkan sebelum membayar dan bayangkan bahaya apa yang akan terjadi jika Anda meninggalkannya untuk beberapa hari yang lain. Hindari pembelian berlebihan, uang tidak boleh dikeluarkan karena Anda menyukai barang tertentu. Habiskan uang untuk hal-hal yang benar-benar diperlukan bukan karena mereka terlihat baik untuk Anda atau teman atau kerabat Anda memilikinya juga.

2. Peralatan Rumah tangga

Ketika kebutuhan untuk meja makan yang lebih besar, tempat tidur untuk anak yang sedang tumbuh atau beberapa kursi tambahan muncul mencari di Internet atau mengunjungi situs-situs seperti OLX untuk perabotan bekas dan bekas. Ini juga berlaku untuk barang-barang listrik seperti kulkas, telepon seluler dan peralatan dapur. Banyak kali tawaran yang bagus tersedia yang dapat membantu Anda menghemat uang seperti cara mengatur gaji meingguan.

3.Buatlah anggaran yang teliti

Prinsip umum adalah untuk menghemat 25% dari penghasilan Anda, namun ini mungkin terlihat tidak mungkin pada gaji kecil. Oleh karena itu, Anda harus datang dengan persentase yang sesuai. Tuliskan semua pengeluaran yang diperlukan seperti semua tagihan listrik, sewa rumah, biaya sekolah, seandainya ada anak-anak sekolah, bahan makanan dan bahan bakar harian. Tidak ada yang harus ditinggalkan. Perbedaan antara pendapatan dan pengeluaran tidak peduli seberapa kecil itu harus segera disisihkan dengan tekad penuh bahwa itu akan tetap tak tersentuh.

4. Pergi untuk berbelanja

Buat daftar semua barang yang Anda butuhkan untuk menjalankan dapur. Membeli bahan makanan setiap bulan sebenarnya menghemat uang daripada pergi ke pasar setiap hari ketika barang tertentu selesai. Ada toko yang menjual bahan makanan dengan harga lebih rendah. Saat mengunjungi toko, tetap pada daftar yang telah Anda siapkan, jangan memilih barang yang tidak ada dalam daftar. Jika Anda meninggalkan sebuah item, simpanlah untuk putaran berikutnya, kecuali itu benar-benar penting seperti tepung, minyak goreng atau sesuatu yang sangat mirip.

5. Penghematan energi

Tidak ada bohlam atau barang listrik yang harus tetap digunakan kecuali digunakan. Hindari menggunakan toaster dan microwave, untuk membantu menghemat listrik. Alat-alat ini biasanya power gulper dan bahkan jika dibiarkan masuk, akan terus menggunakan unit listrik. Ganti lampu biasa dan lampu tabung dengan opsi hemat energi. Simpan termostat geyser minimal dalam cuaca dingin, jika tidak maka harus dimatikan; ini dapat membantu menghemat jumlah gas yang berharga, dan membantu Anda menghemat uang juga.

6. Bawalah makan siang Anda

Biasakan membawa makan siang Anda ke kantor atau tempat kerja Anda. Anda harus menyadari bahwa satu bagian dari naan biaya Rs.10! Makan itu juga setiap hari sangat mahal. Makanan rumahan tidak hanya menghemat banyak uang tetapi juga memberi Anda manfaat kesehatan. Makan keluarga bisa menjadi urusan yang mahal, harus ada larangan penuh atas pengeluaran yang berlebihan untuk beberapa waktu jika Anda tertarik untuk menabung, terutama untuk tujuan tertentu.

7. Gunakan Angkot

Jika kantor atau tempat kerja Anda dekat, regangkan kaki Anda daripada meregangkan dompet Anda. Jika tempat tinggal Anda berada di lokasi di mana angkutan umum tersedia, gunakan mobil alih-alih mengambil mobil atau sepeda motor Anda. Mobil dan sepeda motor kemudian dapat digunakan ketika mengunjungi kerabat dan teman dengan keluarga.

8. Jelaskan pada pasangan Anda

Tidak ada rencana dalam hidup yang dapat berhasil jika istri dan suami tidak berada di halaman yang sama, begitu juga dengan rencana tabungan Anda. Jangan sembunyikan penghasilan Anda dengan pasangan Anda, terutama jika Anda adalah pencari nafkah sekunder dalam keluarga dan masuk ke dalam anggaran keluarga juga. Biarkan mereka tahu berapa banyak yang Anda hasilkan dan rencanakan pengeluaran dan tabungan Anda bersama mereka seperti cara mengatur keuangan pribadi mahasiswa.

Sponsors Link

9. Investasikan tabungan

Jangan menyimpan uang di rumah, beli koin emas atau batangan dan biskuit. Uang yang disimpan di rumah biasanya dihabiskan untuk satu alasan atau yang lain. Ini juga terus menimbulkan biaya peluang. Anda juga dapat membuka akun Untung & Rugi dan menyimpan simpanan di sana mulai dari jumlah kecil. Setelah penghematan besar dilakukan segera kunjungi kantor Tabungan Nasional. Sertifikat-sertifikat ini memberikan laba yang baik setiap 6 bulan. Perlahan-lahan dan bertahap Anda akan melihat kesabaran dan tekad Anda telah terbayar.

Ada banyak cara bagaimana seseorang dan keluarga dapat menabung tetapi semuanya tergantung pada orang ke orang dan keluarga kepada keluarga. Kuncinya adalah tekad dan konsistensi. Hari dan tahun berlalu dalam sekejap mata. Apa pun yang Anda simpan hari ini akan berguna di masa depan. Mulailah menabung hari ini!

10. Melacak dan menganggarkan uang Anda

Jika Anda merasa tidak punya uang ekstra untuk mengalihkan pembayaran utang  atau menyisihkan tabungan inilah saatnya untuk kembali ke dasar. Mulailah menganggarkan penghasilan Anda dan melacak pengeluaran Anda. Melacak pengeluaran Anda akan membantu Anda mengidentifikasi masalah dalam kebiasaan belanja Anda yang mungkin Anda hadapi.

Menganggarkan uang Anda akan memaksa Anda berpikir tentang penggunaan terbaik untuk setiap dolar sebelum Anda membelanjakannya, memastikan Anda membelanjakan lebih banyak uang dan pada gilirannya mencapai tujuan tabungan Anda lebih cepat.

11. Menimbun rezeki

Memanfaatkan secara cerdas uang ekstra yang Anda dapatkan rejeki-tak-terduga seperti hadiah uang atau pengembalian uang pajak. Misalnya, jika Anda membuat upah minimum dan memiliki anak, kemungkinan Anda berhak atas Kredit Pajak Penghasilan yang Diperoleh. Sampai Anda mendapatkan landasan keuangan yang kuat, tahan dorongan untuk menghabiskan dana tak terduga. Masukkan beberapa ratus dolar ke bank sebagai dana darurat dan kirim sisanya kepada kreditor Anda.

Sponsors Link

12.Jual Apa yang Tidak Diperlukan

Bersikap serius tentang menabung dengan meneliti semua yang Anda miliki. Anda bisa memiliki penjualan halaman untuk menjual pakaian lama, pernak-pernik dan gadget dapur, tetapi berpikir lebih besar. Jual furnitur yang tidak Anda butuhkan. Jual koleksi film Anda. Jual TV.

13. Pindah ke tempat yang lebih murah

Mungkin terlepas dari usaha terbaik Anda, Anda tidak bisa menemukan tempat yang murah untuk tinggal. Dalam hal ini, mungkin sudah waktunya untuk melakukan sesuatu yang radikal seperti pindah ke kota baru dengan biaya hidup yang lebih rendah.

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning