Sponsors Link

17 Cara Membebaskan Diri Dari Hutang Rekomendasi Pakar

Berikut ini adalah beberapa kiat terbaik untuk melepaskan diri dari utang yang telah diterapkan dalam hidup kebanyakan, yang direkomendasikan oleh penasihat keuangan dan banyak yang telah berhasil digunakan orang lain. Semua dirangkai menjadi satu daftar, untuk kenyamanan Anda. Pilih dan pilih tips yang paling sesuai untuk Anda. Setidaknya akan ada salah satu atau bebrapa dari cara membebaskan dari dari hutang berikut ini yang ampuh untuk anda.

ads

Tips dan Cara Membebaskan Diri Dari Hutang

Berikut beberapa lampiran tips dan cara membebaskan diri dari hutang yang kami rekomendasikan :

1. Tuliskan tujuan finansial Anda

Sasaran besar tidak mungkin tercapai jika Anda tidak menuliskannya. Ketikkan, cetak dengan huruf besar, dan poskan di kulkas Anda. Apa tujuanmu ? Pengurangan 50% dari hutang Anda? Penghapusan utang lengkap dalam dua tahun? Apa pun itu, jadilah spesifik dan tuliskan, dan jangan lupakan itu seperti cara mengatasi hutang yang menumpuk.

2. Buat hadiah

Orang yang pandai mencapai tujuan apa pun akan memberi tahu Anda bahwa penghargaan itu penting. Cobalah memberi diri Anda perawatan secara berkala, atau perayaan kecil ketika utang dilunasi. Biarkan mereka memotivasi Anda untuk sukses seperti penyebab terjadinya pengangguran.

3. Berpikir positif

Ini mungkin salah satu kiat paling penting dalam daftar ini. Berpikir positif mungkin terdengar klise dan basi, tapi percayalah, itu berhasil. Ini sebenarnya sangat penting untuk penghapusan utang. Jika Anda mulai membiarkan pikiran negatif masuk ke dalam kepala Anda, itu akan menyebabkan Anda ingin menyerah. Dan penghapusan utang adalah tujuan jangka panjang sehingga penting bagi Anda untuk tidak menyerah. Ketika Anda merasa diri Anda memikirkan pikiran negatif, tekan mereka dan ganti dengan pikiran positif.

4. Berhenti menggali

Seperti kata pepatah, jika Anda mencoba keluar dari lubang, berhenti menggali. Sangat penting bahwa Anda berhenti menggunakan kartu kredit untuk belanja, dan memperlambat pengeluaran Anda, sehingga Anda tidak terlilit utang. Perlu membeli sesuatu tetapi tidak punya uang. Anda harus mencari uang terlebih dahulu, atau menunggu sampai Anda memilikinya, daripada menggunakan kredit.

5. Buat daftar hutang

Ini adalah langkah yang sulit bagi banyak orang, tetapi perlu. Jika Anda akan mengatasi masalah utang Anda, Anda perlu tahu seperti apa kelihatannya. Buat daftar semua utang Anda, pembayaran bulanan minimum mereka, suku bunga, dan jumlah total terutang. Spreadsheet berfungsi dengan baik untuk ini. Lalu jumlahkan pembayaran bulanan dan jumlah total untuk melihat apa kerusakannya. Sekarang Anda memiliki gambaran yang jelas tentang utang Anda, Anda dapat mulai membuat rencana untuk menaklukkan mereka seperti conth ekonomi syariah.

6. Kurangi pengeluaran

Lihat apa yang dapat Anda lakukan dengan segera untuk mengurangi pengeluaran Anda, apakah itu memotong hal-hal seperti membeli kopi (membuat sendiri), makan di luar (memasak di rumah), atau berbelanja (berhenti), atau apakah itu mencari untuk memotong tagihan seperti pembayaran mobil kedua atau kapal pesiar Anda. Jika Anda dapat mengurangi pengeluaran, bahkan dengan beberapa ratus sebulan, Anda dapat menggunakan uang itu untuk mulai membayar utang Anda. Apa pun yang Anda bebaskan dari pengeluaran Anda, dedikasikan itu untuk melakukan pembayaran utang tambahan.

Sponsors Link

7. Hasilkan uang ekstra

Selain mengurangi biaya, Anda harus melihat apakah Anda dapat mendatangkan penghasilan tambahan. Bekerjalah paruh waktu, lakukan beberapa pekerjaan freelance, jual beberapa barang Anda di eBay, jual obral garasi, ambil di asrama, sewa kapal pesiar Anda. Menjadi kreatif. Tidak harus permanen, meskipun Anda mungkin memutuskan untuk tetap mendatangkan penghasilan tambahan bahkan setelah Anda kehabisan utang.

8. Buat anggaran sederhana

Ini adalah langkah lain yang membuat banyak orang takut. Yah, itu tidak perlu rumit. Buat daftar sederhana dari hal-hal yang Anda belanjakan setiap bulan, termasuk pembayaran utang minimum Anda. Tulis berapa banyak yang Anda habiskan untuk masing-masing (dan bersikap realistis). Jumlahkan itu. Kemudian tambahkan pendapatan Anda, dan lihat apakah penghasilannya melebihi pengeluaran. Jika tidak, Anda harus mengurangi pengeluaran.

9. Perhatikan pengeluaran tidak teratur

Berpikir ke depan untuk biaya yang mungkin datang, seperti libur nasional dan ulang tahun, atau asuransi atau perbaikan rumah atau perawatan mobil atau belanja kembali ke sekolah. Ini adalah hal-hal yang tidak terjadi setiap bulan, tetapi itu pasti akan datang. Anggaran untuk mereka, hemat sedikit agar Anda siap. Sebaiknya sertakan jumlah kecil dalam anggaran bulanan Anda untuk pengeluaran tidak teratur seperti ini, sehingga Anda memiliki uang saat Anda membutuhkannya.

10. Simpan dana darurat

Tip ini mungkin tampak aneh dalam daftar kiat penghapusan utang, tetapi sebenarnya sangat penting. Tanpa setidaknya dana darurat kecil, Anda akan memiliki waktu yang sangat sulit untuk mengurangi utang Anda. Alasannya adalah bahwa ketika biaya tak terduga muncul (dan selalu demikian), jika Anda tidak memiliki dana darurat, hal pertama yang akan Anda potong adalah pembayaran penghapusan utang Anda sehingga Anda dapat membayar biaya tak terduga tersebut. Entah itu, atau Anda akan menggunakan kartu kredit Anda dan masuk lebih jauh ke dalam utang.

11. Berhenti menggunakan kartu kredit

Banyak dari kita punya masalah dengan kartu kredit. Jika Anda adalah tipe untuk membayar saldo Anda secara penuh setiap bulan, dan tidak membawa utang kartu kredit, Anda dapat melewati tip ini. Jika Anda tidak membayar saldo penuh, potong kartu Anda atau sembunyikan mereka dan hentikan penggunaannya. Minatnya sangat tinggi, dan itu terlalu mudah untuk menggunakan kartu kredit.

12. Otomatiskan minimum Anda

Lakukan pembayaran minimum untuk setiap utang Anda secara otomatis, sehingga Anda bahkan tidak memikirkannya. Entah memungkinkan perusahaan untuk mengurangi jumlah secara otomatis dari akun Anda, atau gunakan fitur pembayaran tagihan online bank Anda dan buat mereka secara otomatis melakukan pembayaran berulang.

13. Berhenti berbelanja

Jangan pergi ke mall atau tempat belanja biasa lainnya. Jangan pergi ke tempat-tempat untuk “berbelanja” – hanya pergi ke toko jika Anda memiliki sesuatu yang spesifik untuk dibeli (kebutuhan, bukan keinginan) dan jangan beli yang lain.

14. Jangan beli secara online

Belanja berlaku untuk situs belanja online. Sangat mudah untuk membeli secara online sehingga banyak dari kita melakukannya terlalu sering, dan tidak menyadari berapa banyak yang sebenarnya kita belanjakan. Jauhi situs-situs ini jika memungkinkan.

15. Makanlah di rumah

Jika Anda cenderung makan banyak, cobalah memasak untuk diri sendiri, sebisa mungkin. Buatlah menu mingguan yang Anda sukai yang tidak sulit untuk dimasak, buat daftar bahan-bahan yang Anda butuhkan, belilah untuk mereka, lalu masak makanan sederhana setiap hari. Makan sekali saja adalah OK, tetapi jika Anda dapat mengurangi pengeluaran makan Anda, Anda sering dapat membebaskan banyak uang untuk penghapusan utang.

Sponsors Link

16. Pertahankan fokus Anda

Salah satu hal tersulit dalam mencapai tujuan jangka panjang seperti penghapusan utang adalah kecenderungan fokus kami pada tujuan itu untuk memudar. Fokus adalah kunci untuk mencapai tujuan apa pun, dan untuk mencapai tujuan jangka panjang, Anda harus menemukan cara untuk mempertahankan fokus itu. Memiliki mitra penghapusan utang, atau bergabung dengan forum online, adalah cara yang baik, seperti posting tujuan Anda atau gambar tujuan Anda di suatu tempat terlihat. Juga menyimpan buku harian utang atau email pengingat diri Anda begitu sering. Lakukan apa saja.

17. Temukan hiburan gratis

Hiburan adalah pengeluaran lain yang dapat sangat merugikan upaya penghapusan utang Anda. Dan itu adalah salah satu yang dapat Anda kurangi secara drastis dalam banyak kasus. Daripada keluar di malam hari, atau pergi ke bar, atau pergi ke bioskop, atau apa pun yang Anda lakukan untuk bersenang-senang yang membutuhkan uang, temukan cara untuk bersenang-senang secara gratis. Tinggal di rumah dan membaca atau melakukan hal-hal menyenangkan di rumah, atau pergi ke taman, atau berolahraga, atau menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman, semua bisa menjadi sangat menyenangkan tanpa menghabiskan banyak uang.

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning