Sponsors Link

7 Kelebihan dan Kekurangan Menabung Di Celengan

Kapan terakhir kali anda menggunakan celengan? Ini merupakan metode yang sering diajarkan oleh para orang tua untuk mengajarkan anak-anak mereka dasar-dasr menabung. Tidak jauh berbeda dengan cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil, selalu ada kelebihan dan kekurangan menabung di celengan yang akan kita bahas berikut ini.

ads

Kelebihan dan Kekurangan Menabung Di Celengan

Berikut kita akan mebahas kelebihan dan kekurangan menabung di celengan dimulai dari kelebihannya, yaitu:

1. Metode Yang Hebat

Meskipun mungkin terdengar konyol bagi Anda, menyimpan uang di celengan sebenarnya terasa hebat. Ini memberi Anda perasaan bahwa Anda melakukan sesuatu yang penting bagi Anda dan keluarga Anda, yang sebenarnya adalah Anda, dan itu membuat Anda merasa sangat baik tentang diri Anda sendiri. Ini juga merupakan pengingat terus-menerus tentang apa yang Anda hemat seperti cara mengatur keuangan di masa sulit.

Apakah Anda menabung untuk sepatu baru, liburan besar atau perkemahan musim panas untuk anak-anak Anda, setiap kali Anda menyisihkan sejumlah uang untuk alasan itu, akan ada senyuman di wajah Anda. Anda akan tahu bahwa Anda selangkah lebih dekat untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Setelah Anda menyimpan cukup uang dan Anda benar-benar dapat membeli apa yang Anda inginkan, Anda akan merasa luar biasa. Anda akan menghargai hal-hal yang Anda beli dari uang Anda sendiri.

2. Mengajar Anak-Anak Anda untuk Mengikuti Teladan Anda

Anda mungkin ingat bagaimana orang tua Anda mengajari Anda untuk menghemat uang. Anda juga tahu bahwa cara terbaik untuk belajar adalah dari contoh. Jadi, jika Anda ingin mengajari anak-anak Anda cara menghemat uang dan mulailah menabung. Ini adalah manfaat besar dari menabung, karena Anda tidak hanya bisa mendapatkan sesuatu yang Anda butuhkan atau inginkan dari uang yang Anda simpan.

Tetapi Anda juga akan mengajarkan anak-anak Anda pelajaran kehidupan yang sangat berharga. Tentu saja Anda berharap anak-anak Anda tidak perlu berada dalam situasi yang perlu menghemat uang, tetapi belajar untuk menabung adalah belajar bagaimana menghargai uang dan mengajarkan anak-anak Anda untuk tidak dimanjakan dan menghargai nilai satu rupiah.

3. Meringankan Beban Anda

Kita semua mungkin takut bahwa suatu hari kita mungkin tidak punya cukup uang untuk membayar beberapa keadaan darurat. Inilah mengapa Anda harus menabung bahkan ketika Anda memiliki cukup uang. Ini adalah dunia yang kejam di luar sana dan keberuntungan Anda mungkin berubah dalam sekejap mata dan Anda mungkin menemukan diri Anda dalam situasi ketika Anda akan membutuhkan uang dengan segera. Jadi, jika Anda menabung, Anda akan merasa lebih aman.

Sebagian besar dari kita mungkin tidak bisa menabung cukup untuk tidak pernah merasa terancam oleh ekonomi buruk lagi, tetapi jika Anda tahu bahwa di suatu tempat tertentu di sebuah rumah atau di nomor rekening bank tertentu ada sejumlah kecil uang yang Anda simpan untuk “ hari-hari gelap ”, Anda akan merasa kurang terbebani oleh krisis ekonomi apa pun seperti cara mengatur keuangan rumah tangga agar hemat.

4. Membiarkan Anda Memperlakukan Diri dan Keluarga Anda

Ini adalah manfaat terbesar dari menabung uang dan alasan utama orang menabung. Apakah Anda menyimpan uang untuk membeli sesuatu untuk diri sendiri atau untuk mengejutkan anggota keluarga Anda, setelah Anda benar-benar mampu melakukannya, Anda akan sangat bahagia. Bayangkan saja raut wajah anak-anak Anda ketika Anda memberi tahu mereka bahwa ya, mereka bisa pergi ke perkemahan musim panas. Atau lihat wajah suami Anda ketika Anda memberinya jam cantik yang ia inginkan untuk ulang tahunnya.

Atau coba pikirkan, jika Anda hanya menghemat satu rupiah setiap hari, bulan depan Anda akan membeli sendiri barang-barang yang Anda lihat di toko. Menyimpan uang memiliki manfaat fisik dan psikologis, jadi mulailah menabung sekarang. Semakin cepat Anda memulai, semakin baik. Jika Anda memutuskan untuk menghemat uang di bank dan menegosiasikan suku bunga yang bagus, Anda bahkan akan mendapatkan lebih banyak lagi hanya dengan menabung.


Kekurangan menabung di celengan adalah:

1. Tidak Ada Bunga

Hasilkan uang dengan akun bank adalah cara yang menarik. Dengan menyimpan uang tunai Anda di celengan, Anda tidak akan tertarik. Bahkan jika suku bunga dalam rekening bank sangat rendah, Anda masih menghasilkan uang dengan menyimpan uang Anda di sana daripada meninggalkannya di dalam wadah yang tidak menarik.

2. Bencana

Lindungi uang Anda dengan menyimpannya di suatu tempat yang tidak dapat hilang, dihancurkan atau dicuri. Celengan tidak sangat aman dan mudah patah atau terbawa. Nah, jika anda menyimpannya di sebuah lembaga keuangan maka uang anda akan lebih terjamin, jikalaupun ada masalah pihak mereka akan melakukan ganti rugi.

3. Rentan akan Godaan

Hindari dorongan untuk menghabiskan dengan menyimpan uang Anda di suatu tempat di luar jangkauan. Celengan sangat bagus untuk mengambil sedikit uang di sana-sini, tetapi ini akan membuat Anda bangkrut. Ya, celengan sangat mudah dijangkau dan akan mebuat anda lebih tergoda untuk menggunakan uang didalam nya. Dan jika ini terjadi, semua yang anda tabungkan akan menjadi sia-sia. Inilah mengapa anda perlu mempertimbangkan juga menabung di tempat yang sulit dijangkau.

Jika Anda tidak beruntung karena Anda punya banyak uang, Anda dapat melakukan apa yang Anda butuhkan, menabung adalah pilihan yang sangat baik. Metode itu, Anda akan mampu membeli satu hal seperti ponsel baru setelah beberapa bulan. Menabung untuk jangka panjang adalah cara untuk pergi jika Anda ingin melakukan sesuatu yang baik cepat atau lambat.

Saat berbelanja barang baru atau tur, Anda mungkin ditawarkan untuk mendapatkan satu hal sekarang dan membayarnya nanti. Jangan puas dengan yang pernah disediakan. Penyediaan ini jahat. Ini terutama utang, tetapi jika Anda kehilangan pekerjaan atau modifikasi skenario moneter Anda, Anda tidak akan memiliki kemampuan untuk membayar untuk sementara waktu.


Kapan waktu yang lebih baik untuk tidak menyimpan uang di celengan?

Jika Anda memiliki utang uang sewa atau cicilan kartu kredit, lebih tinggi untuk membayar utang ini secepat potensi. Tidak masuk akal untuk mendapatkan empat% rasa ingin tahu, ketika utang akan memberi Anda harga 6% (misalnya). Anda harus melunasi utang ini, karena itu menghemat banyak uang dalam jangka panjang. Mempertimbangkan sebagai banyak kelebihan pembayaran dalam uang sewa Anda sebagai potensi, secepat potensi.

Ini akan memberikan bantuan untuk menyelamatkan sejumlah besar pada lari cepat. Anda akan menghemat lebih banyak dalam jangka panjang. Aturan penghematan dasar mengatakan bahwa Anda akan menginginkan 50% dari penghasilan Anda. Anda dapat menghabiskan sebagian besar 30% untuk hal-hal yang Anda butuhkan dalam hidup. Sebaliknya, 20% yang dapat Anda gunakan untuk menghindari pemborosan atau melunasi utang saat ini.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning