Sponsors Link

13 Cara Mengatur Gaji Mingguan Yang Mudah Diterapkan

Menjadi lebih bijak dengan menggunakan uang adalah pola yang lebih dari sekedar memenuhi kebutuhan. Jangan khawatir bahwa Anda bukan ahli matematika, keterampilan matematika yang hebat tidak benar-benar diperlukan karena Anda hanya perlu mengetahui penambahan dan pengurangan dasar dalam cara mengatur gaji mingguan ini seperti cara mengatur keuangan rumah tangga agar hemat.

Hidup jauh lebih mudah ketika Anda memiliki keterampilan keuangan yang baik dan mengetahui cara mengatur gaji mingguan. Bagaimana Anda membelanjakan uang Anda berdampak pada skor kredit Anda dan jumlah utang yang akhirnya Anda bawa. Jika Anda berjuang dengan manajemen uang, misalnya, Anda hidup dari gaji ke gaji meskipun menghasilkan lebih dari cukup uang, berikut beberapa kiat untuk meningkatkan kebiasaan keuangan Anda.

1. Berpikir Sebelum Anda Menghabiskan Uang

Ketika Anda dihadapkan pada keputusan belanja, terutama keputusan pembelian yang besar, jangan hanya berasumsi Anda mampu membeli sesuatu. Konfirmasikan bahwa Anda benar-benar mampu membelinya dan bahwa Anda belum melakukan dana tersebut untuk biaya lain seperti cara mengatur keuangan pribadi mahasiswa.

Itu berarti menggunakan anggaran Anda dan saldo di rekening cek dan tabungan Anda untuk memutuskan apakah Anda mampu membeli. Ingat bahwa hanya karena uang itu tidak berarti Anda dapat melakukan pembelian. Anda juga harus mempertimbangkan tagihan dan pengeluaran yang harus Anda bayar sebelum hari gajian berikutnya.

2. Miliki Budget

Banyak orang tidak menganggarkan karena mereka tidak mau melalui apa yang menurut mereka akan menjadi proses membosankan untuk mencatat pengeluaran, menambahkan angka, dan memastikan semuanya berbaris. Tetapi jika Anda buruk dengan uang, Anda benar-benar tidak memiliki ruang untuk alasan dengan penganggaran.

Jika semua yang diperlukan untuk membelanjakan pengeluaran Anda adalah beberapa jam kerja anggaran setiap bulan, mengapa Anda tidak melakukannya? Daripada berfokus pada proses pembuatan anggaran, fokuslah pada nilai yang akan dibawa oleh anggaran ke dalam hidup Anda.

3. Gunakan Anggaran

Anggaran Anda tidak berguna jika Anda membuatnya lalu biarkan mengumpulkan debu dalam folder yang tersimpan di rak buku atau lemari arsip Anda. Merujuknya sering sepanjang bulan untuk membantu memandu keputusan pengeluaran Anda.

Perbarui saat Anda membayar tagihan dan belanjakan untuk pengeluaran bulanan lainnya. Pada waktu tertentu selama sebulan, Anda harus memiliki gagasan tentang berapa banyak uang yang dapat Anda belanjakan, mempertimbangkan segala pengeluaran yang harus Anda bayar.

4. Beri Diri Anda Batas untuk Belanja Tanpa Biaya

Bagian penting dari anggaran Anda adalah laba bersih atau jumlah uang yang tersisa setelah Anda mengurangi pengeluaran Anda dari penghasilan Anda. Jika Anda memiliki sisa uang, Anda dapat menggunakannya untuk bersenang-senang dan hiburan, tetapi hanya sampai jumlah tertentu. Anda tidak bisa gila dengan uang ini, terutama jika tidak banyak yang harus bertahan sepanjang bulan. Sebelum Anda melakukan pembelian besar, pastikan tidak mengganggu apa pun yang telah Anda rencanakan.

5. Lacak Pengeluaran Anda

Pembelian kecil di sana-sini bertambah dengan cepat dan sebelum Anda menyadarinya, Anda telah membelanjakan anggaran Anda. Mulai melacak pengeluaran Anda untuk menemukan tempat-tempat di mana Anda mungkin tanpa sengaja membelanjakan. Simpan tanda terima Anda dan tulis pembelian Anda di jurnal pengeluaran, kategorikan mereka sehingga Anda dapat mengidentifikasi area di mana Anda memiliki waktu yang sulit menjaga pengeluaran Anda di cek seperti cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta.

6. Jangan Berkomitmen pada Setiap Tagihan Bulanan Berulang Yang Baru

Hanya karena penghasilan dan kredit Anda memenuhi syarat untuk pinjaman tertentu, tidak berarti Anda harus menerimanya. Banyak orang dengan naifnya berpikir bank tidak akan menyetujui mereka untuk kartu kredit atau pinjaman yang tidak mampu mereka bayar.

Bank hanya mengetahui penghasilan Anda, seperti yang telah Anda laporkan, dan kewajiban utang yang termasuk dalam laporan kredit Anda , bukan kewajiban lain yang dapat mencegah Anda melakukan pembayaran tepat waktu. Terserah Anda untuk memutuskan apakah pembayaran bulanan benar-benar terjangkau berdasarkan penghasilan Anda dan kewajiban bulanan lainnya.


7. Pastikan Anda Membayar Dengan Harga Terbaik

Anda dapat memaksimalkan belanja uang, memastikan bahwa Anda membayar harga terendah untuk produk dan layanan. Carilah diskon, kupon, dan alternatif yang lebih murah kapanpun Anda bisa seperti cara menabung yang menguntungkan.

8. Hemat Dalam Pembelian Besar

Kemampuan untuk menunda gratifikasi akan membantu Anda menjadi lebih baik dengan uang. Ketika Anda menunda pembelian besar, daripada mengorbankan barang penting yang lebih penting atau menempatkan pembelian pada kartu kredit, Anda memberi diri Anda waktu untuk mengevaluasi apakah pembelian diperlukan dan bahkan lebih banyak waktu untuk membandingkan harga.

9. Batasi Pembelian Kartu Kredit 

Kartu kredit adalah musuh terburuk pengirim terburuk. Ketika Anda kehabisan uang tunai, Anda cukup beralih ke kartu kredit Anda tanpa mempertimbangkan apakah Anda mampu membayar saldo. Tolak dorongan untuk menggunakan kartu kredit Anda untuk pembelian yang tidak dapat Anda bayar, terutama pada barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

10. Berkontribusi untuk Tabungan Secara Berkala

Menyetorkan uang ke dalam rekening tabungan setiap bulan dapat membantu Anda membangun kebiasaan keuangan yang sehat. Anda bahkan dapat mengaturnya sehingga uang ditransfer secara otomatis dari rekening giro Anda ke rekening tabungan Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengingat untuk melakukan transfer.

11. Bangun produk atau aset

Kita semua memiliki karier sekitar 40 tahun, sementara beberapa lebih suka bekerja bahkan setelah pensiun. Jika Anda tidak menghasilkan uang yang menghasilkan produk atau aset selama karier Anda, maka Anda harus menukar waktu Anda untuk uang. Produk dan aset adalah sumber pendapatan pasif. Anda tidak perlu uang untuk menciptakan produk atau aset, Anda hanya perlu mengerjakan ide.

Pada awalnya saya tidak memiliki sumber daya untuk membuat aset sehingga saya menulis 5 buku dan mereka selamanya akan menjadi sumber penghasilan pasif saya. Apa keterampilan dan bakat Anda yang terbengkalai? Dapatkah Anda menggunakan waktu luang Anda untuk menciptakan sesuatu yang menjamin arus kas masa depan Anda?

12. Tetapkan Penghasilan aktif

Sementara produk, sistem dan aset membuat Anda mengulang pendapatan, pendapatan aktif berasal dari bagaimana Anda memanfaatkan jam kerja harian Anda. Anda dapat memanfaatkan untuk memaksimalkan penghasilan pasif Anda atau melakukan pekerjaan yang memuaskan Anda. Bekerja untuk belajar, penghasilan terjadi secara otomatis tergantung pada cara Anda melakukan. Selalu jadikan profesi di bidang yang memenuhi Anda secara mental, emosional dan finansial.


13. Kembangkan keterampilan yang dapat menghasilkan uang 

Semakin terampil Anda, semakin banyak pasar yang akan membayar Anda untuk keterampilan Anda. Karena itu, kembangkan keterampilan yang bisa diuangkan di pasar. Jangan bingung keterampilan dengan gelar pendidikan lain karena pendidikan tidak selalu menghasilkan pengembangan keterampilan. Keahlian profesional seperti berbicara di depan umum, melatih, menulis, berjualan, negosiasi dan jaringan selalu membantu dalam menghasilkan lebih banyak uang.

Menjadi bijak dalam mengeluarkan uang dan mengetahui cara mengatur gaji mingguan membutuhkan latihan. Pada awalnya, Anda mungkin tidak terbiasa merencanakan dan menunda pembelian sampai Anda mampu membelinya. Semakin Anda menjadikan kebiasaan ini bagian dari kehidupan sehari-hari Anda, semakin mudah mengelola uang Anda dan semakin baik keuangan Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning