Sponsors Link

7 Sebab Sebab Kelangkaan dalam Perekonomian

Seiring dengan majunya kebutuhan manusia akan barang dan jasa, kelangkaan sumber daya kerap kali terjadi. Semakin maju kehidupan masyarakat semakin beraneka ragam kebutuhan yang timbul. Selain itu, masyarakat memiliki sifat yang tidak pernah puas sehingga kebutuhan akan barang atau jasa akan terus bertambah. (Baca Juga: Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi , Cara Mendirikan Perusahaan Perseorangan)

Berikut adalah tujuh macam sebab sebab kelangkaan sumber daya dalam kehidupan perekonomian, antara lain :

1. Keterbatasan Sumber Daya

Dalam ilmu ekonomi, sumber daya dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :

  • Sumber daya Alam

Sumber daya alam adalah faktor produksi yang diperoleh langsung dari alam seperti tanah dan kandungan mineral di dalamnya. Sumber daya alam ada yang dapat diperbaharui dan ada yang tidak. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui contohnya adalah tanaman dan hewan. Sementara yang tidak dapat diperbaharui adalah bahan tambang dan minyak bumi. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya Alam)

  • Sumber daya modal

Sumber daya modal adalah segala sesuatu (alat atau sarana) yang dapat digunakan untuk menunjang suatu proses produksi. Salah satu contohnya adalah bibit padi, cangkul, traktor dan alat-alat lainnya yang digunakan petani untuk mengolah lahan.

Artikel terkait : pasar modal  , Fungsi Ekonomi Pasar Modal

  • Sumber daya manusia

Sumber daya manusia adalah segala usaha manusia baik jasmani maupun rohani yang digunakan dalam proses peningkatan kegunaan ekonomi. Salah satu contohnya adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian tertentu seperti dokter, pengacara dan lain sebagainya.

Artikel terkait : faktor produksi tenaga kerja , Macam Alat Pemuas Kebutuhan

Segala bentuk sumber daya di atas memiliki satu persamaan yaitu keterbatasan. Bahkan untuk sumber daya yang bisa diperbaharui terkadang justru dari tangan manusia yang merusak seperti maraknya illegaloging atau penggundulan hutan atau polusi tanah yang mengakibatkan rusaknya ekosistem lingkungan hayati. Hal demikian apabila tidak di selamatkan atau di lestarikan akan menimbulkan kerusakan permanen. Seiring dengan kebutuhan manusia yang tidak ada batasnya, kelangkaan sumber daya bukanlah hal yang mustahil terjadi.

Artikel terkait : perilaku konsumen dan produsen , konsumen , ekonomi pembangunan


2. Perbedaan Letak Geografis

Persebaran sumber daya di seluruh dunia tidak merata. Ada suatu daerah yang memiliki tanah subur dan ada daerah yang kaya akan kandungan mineral. Sebaliknya ada daerah yang minim air bersih dan tandus. Perbedaan letak geografis tersebut mengakibatkan alur distribusi sumber daya tidak terjangkau atau medannya yang sulit dan jauh sehingga menyebabkan kebutuhan manusia di suatu daerah tertentu tidak terpenuhi. Kelangkaan seperti ini bisa berlangsung sementara tergantung cepatnya langkah antisipatif yang diambil, bisa juga terjadi permanen apabila kondisi tersebut dibiarkan terus-menerus. (Baca juga: Peran BUMS , Faktor Penyebab Kelangkaan)

3. Pertambahan Jumlah Penduduk

Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu pada saat tertentu dibandingkan waktu sebelumnya. Faktor yang mempengaruhinya adalah kelahiran, kematian dan migrasi penduduk dari satu daerah ke daerah lainnya. Tingginya angka kelahiran akan mengakibatkan padatnya jumlah penduduk, yang ditandai dengan semakin banyaknya konsumen atau tingginya tingkat konsumsi. Sementara jumlah produksi tidak dapat mengikuti laju pertumbuhan penduduk. Hal tersebut dapat memicu kelangkaan yang terjadi di masyarakat. Sementara migrasi yang biasanya disebabkan kurangnya fasilitas dan sarana di suatu daerah, justru dapat menimbulkan problem kelangkaan di daerah yang ditinggalkan khususnya dalam hal sumber daya manusia. (Baca Juga: Fungsi Ekonomi Dalam Keluarga , Faktor Pembangunan Ekonomi)

4. Keterbatasan Kemampuan Produksi

Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam kehidupan. Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Apa yang terjadi bila kebutuhan manusia yang tidak terbatas di hubungkan dengan kemampuan proses produksi yang terbatas? Tentunya, kelangkaan merupakan kejadian yang tidak dapat dihindari.

Baca Juga:

Kemampuan produksi didukung oleh faktor-faktor produksinya dan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi di suatu negara yang lebih lambat daripada kebutuhan akan barang dan jasa. Semetara itu, tidak mampunya suatu produsen memenuhi permintaan yang tinggi akan suatu produksi juga dapat menimbulkan kelangkaan di beberapa jenis sumber daya tertentu.

Artikel terkait : teori produksi , fungsi produksi

5. Bencana Alam, Perang dan Wabah Penyakit (Kondisi-kondisi Force Mejeur)

Kondisi-kondisi di atas dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber daya di suatu lokasi. Bencana alam yang terjadi di suatu daerah seperti banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, badai tornado  dan lain-lain dapat memutuskan rantai proses produksi, sehingga menimbulkan rendahnya tingkat produksi. Terjadinya bencana alam, juga dapat merusak sumber daya dan barang/jasa sehingga sumber daya tersebut tidak dapat digunakan lagi. Selain itu dalam kondisi bencana, kebutuhan akan produk tertentu seperti makanan jadi, pakaian dan lain-lain menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan ketersediaan barang yang ada. Sehingga timbullah kelangkaan temporary atas barang-barang tersebut.

Baca Juga:

Kondisi yang sama juga terjadi di suatu daerah yang mengalami perang dan terjangkit wabah penyakit. Kondisi yang tidak stabil demikian dapat memperhambat proses produksi dan kelangkaan sumber daya di daerah itu dan di daerah lain dapat terjadi. Apalagi bila negara atau daerah yang mengalami perang dan wabah penyakit merupakan daerah pengekspor sumber daya bagi daerah lainnya. Kelangkaan bahan baku di daerah lain dapat terjadi disebabkan hal tersebut.


6. Ketidakmerataan Perkembangan Teknologi

Sebagaimana diketahui, kemampuan proses produksi besar dipengaruhi oleh perkembangan teknologi di suatu negara. Sementara tidak semua negara/daerah memiliki kemampuan yang kuat di bidang teknologi.  Perilaku konsumen di negara berkembang cenderung mengikuti negara maju tanpa diimbangi perkembangan teknologi di negara tersebut. Nilai impor akan suatu barang/jasa akan meningkat karenanya, dan kelangkaan akan suatu produk dapat terjadi di negara/daerah tertentu.

Artikel terkait : Manfaat Ekspor Impor , ekonomi internasional 

7. Kebijakan Pemerintah Yang Tidak Tepat

Kebijakan pemerintah dalam hal peredaran bahan baku dan sumber daya yang tidak tepat dapat mengakibatkan timbulnya kelangkaan di masyarakat. Kebijakan pemerintah dalam hal regulasi yang tidak tepat sasaran juga dapat mengganggu proses terjadinya produksi. Kebijakan negara lain seperti embargo ekonomi juga dapat mengakibatkan kelangkaan sumber daya di negara yang kena embargo. Untuk itu pemerintah dituntut dapat memperhitungkan setiap langkah yang diambil dalam menentukan suatu kebijakan.

Artikel terkait : kebijakan ekonomi makro , manfaat ekonomi internasional, tujuan ekonomi makro , kebijakan fiskal , instrumen kebijakan moneter 

Segala faktor yang menyebabkan kelangkaan sumber daya di atas, intinya adalah bagaimana memuaskan kebutuhan manusia akan barang/jasa yang tidak terbatas dengan keberadaan sumber daya yang jumlahnya terbatas. Untuk itu, pemerataan kebutuhan barang/jasa merupakan concern utama di dalam mengatasi masalah perekonomian. Artikel terkait :  cara mengatasi kelangkaan

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi