Sponsors Link

7 Cara Bisnis Sayuran Segar di Pasar dan Online

Sayuran merupakan salah satu kebutuhan pangan yang sangat penting yang pasti dibutuhkan oleh setiap keluarga untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk setiap anggotanya. Oleh karena alasan tersebut, berbisnis sayuran merupakan hal yang cukup menguntungkan meskipun berbisnis sayuran sering kali diremehkan akibat dari keuntungan yang didapat dari bisnis ini biasanya relatif kecil. Namun sayuran merupakan barang yang memiliki jumlah permintaan yang sangat tinggi sehingga berbisnis sayuran pun memiliki potensi keuntungan yang sangat besar . (Baca: cara memulai bisnis pakaian – cara membuka toko sembako – cara bisnis azaria)

ads

Jika anda ingin memulai bisnis, berbisnis sayuran dapat menjadi salah satu pilihan bisnis bagi anda meskipun sayuran merupakan barang yang mudah rusak dan tidak tahan lama namun dengan berbagai kiat anda dapat menjadikan bisnis ini sebagai bisnis sampingan maupun bisnis utama yang menguntungkan. Untuk memulai berbisnis sayuran anda dapat memulainya dengan modal yang kecil sembari melihat kondisi pasar yang meliputi harga dan jumlah permintaan oleh konsumen. Berikut, ada beberapa tips cara bisnis sayuran yang harus anda perhatikan jika berbisnis sayuran ini merupakan bisnis yang menarik minat anda untuk menggelutinya. (baca juga: cara sukses bisnis pulsa – faktor-faktor kegagalan usaha)

  1. Cari sayuran yang segar

Setiap orang memang cenderung memilih kualitas daripada kuantitas, untuk itu sebagai pemula dalam berbisnis sayuran anda harus bisa memastikan bahwa sayuran yang akan anda jual adalah sayuran yang segar. Untuk mendapatkan sayuran yang segar, anda dapat membeli sayuran di pasar induk atau pada suplier di awal hari lalu menjualnya kembali di pasar yang lebih kecil atau di depan rumah anda. (baca: keuntungan bisnis pulsa)

  1. Lokasi yang stategis

Lokasi bisnis yang baik merupakan lokasi yang strategis atau potensial bagi bisnis. Lokasi stategis merupakan hal yang penting dalam bisnis untuk menunjang kelangsungan bisnis. Namun, lokasi bukan merupakan satu-satunya penyebab kelancaran bisnis. Bagi anda yang sedikit modal, berbisnis atau berjualan sayuran di depan rumah dapat menjadi pilihan tetapi apabila anda memiliki fasilitas seperti mobil bak maka akan lebih baik karena anda dapat berkeliling ke kompleks-kompleks perumahan untuk berjualan sayuran.

  1. Tempat yang memadai

Agar barang jualan anda dapat terpajang dengan apik maka tempat berjualan yang memadai harus anda siapkan. Anda harus memiliki tempat yang cukup luas untuk memajang sayuran anda agar dapat terlihat oleh konsumen dengan jelas. Jangan memajang sayuran secara serampangan apalagi bertumpuk-tumpuk karena selain mempengaruhi kualitas sayuran juga akan mempengaruhi kurangnya minat konsumen jika terlihat tidak bersih. (baca: tujuan ekonomi kreatif)

  1. Menyediakan freezer

Freezer atau kulkas atau alat pendingin memang anda perlukan untuk membuat sayuran yang tidak tahan lama tetap fresh atau segar sehingga alat ini sangat anda butuhkan. Anda dapat menyimpan sayuran yang mudah layu di dalam kulkas ataupun freezer untuk menjaga kualitas dari sayuran yang akan anda jual sebelum sampai ke tangan konsumen.

Baca: cara memulai bisnis travel – penyebab usaha bangkrut – penyebab usaha sepi

Sponsors Link

  1. Menjual secara grosir

Memang, untuk menjual sayuran secara grosir anda akan membutuhkan modal yang lebih besar namun jika memang menguntungkan mengapa anda tidak mencobanya saja siapa tahu anda dapat menjadi pengusaha sayuran yang sukses. Untuk menjual secara grosir selain harus menyediakan sayuran yang segar, berkualitas dan dalam jumlah yang banyak, anda juga harus menyediakannya dalam kisaran harga yang pantas (masuk akal) atau bahkan murah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan sayuran yang murah, anda dapat membelinya di pasar induk pada awal hari ataupun secara langsung membeli ke petani dengan terlebih dahulu melakukan perjanjian sehingga pada awal hari anda tinggal mengambil sayuran yang anda minta ke petani. Anda dapat mengajak para petani untuk bekerja sama dengan anda dalam berbisnis sayuran. (baca: cara memilih reksadana terbaik)

  1. Menyiapkan variasi sayuran

Sayuran memang merupakan kebutuhan pokok namun bukan berarti anda sudah cukup jika hanya menyediakan sayuran yang itu-itu saja untuk anda jual. Sebagai orang yang ingin terjun dalam berbisnis sayuran, anda harus menyediakan berbagai variasi atau jenis sayuran agar para konsumen dapat memiliki banyak pilihan ketika berbelanja sayuran di tempat anda. Semakin banyak variasi sayuran yang anda jual maka akan semakin menarik konsumen untuk datang ke tempat anda selain alasan lokasi dan tempat yang baik tentunya.

ads
  1. Pelayanan yang profesional

Bagi bisnis apapun, pelayanan profesional merupakan salah satu strategi bisnis yang sangat penting untuk menarik hati para konsumen termasuk dalam bisnis sayuran. Layanilah konsumen yang datang berbelanja ke tempat anda secara baik, profesional dan ramah maka dijamin konsumen akan kembali lagi datang kepada anda untuk berbelanja. Rasa nyaman dalam berbelanja harus anda tawarkan sebagai salah satu keunggulan bagi konsumen jika berbelanja ke tempat anda.

Baca juga:

Selain cara bisnis sayuran diatas, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika ingin sukses dalam dunia bisnis. Saat ini, siapapun dan dimanapun memiliki potensi untuk sukses dalam bisnis asalkan mengikuti ketentuan bisnis serta menyediakan kebutuhan yang sesuai dengan lokasi atau memiliki target pasar yang jelas. Berikut, tips bisnis secara umum atau sikap yang harus anda miliki jika ingin sukses sebagai pengusaha ataupun pebisnis.

  • Niat

Ya, niat merupakan hal utama yang biasanya mendasari kita untuk melakukan sesuatu termasuk dalam bisnis. Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis, anda harus memiliki niat yang kuat untuk berbisnis. Niat yang kuat akan mengalirkan energi yang besar bagi anda untuk menempuh berbagai kendala yang sudah anda dapat prediksi dalam bisnis.

Baca: ciri-ciri negara maju di bidang ekonomi – faktor pertumbuhan ekonomi

  • Optimisme

Sikap optimis merupakan sikap mendasar yang harus dimiliki untuk menghadapi berbagai tantangan dalam hidup terlebih dalam berbisnis. Dengan sikap optimisme, berbagai rintangan tidak akan membuat seseorang berhenti dalam mencapai apa yang ia inginkan. Jika anda ingin sukses maka optimisme harus ada dalam setiap langkah anda dan rintangan yang ada tidak akan membuat anda takut untuk menghadapinya.

  • Kerja keras

Untuk sukses memang tidak mudah dan tidak ada juga rumus atau formula sederhana jika ingin sukses. Kesuksesan besar merupakan rangkaian dari langkah-langkah kecil dengan berbagai rintangan yang berliku. Langkah-langkah kecil serta kerja keras akan menghasilkan kesuksesan yang besar jika anda terus bekerja keras dan tidak berhenti dalam melangkah untuk menggapai sukses.

Baca juga:

Dari media maupun bukti nyata dalam kehidupan sehari-hari anda dapat melihat bahwa tidak ada bisnis yang bisa diremehkan karena apabila tulus dijalankan maka kesuksesan dapat menjadi masa depan bagi anda termasuk masa depan dalam bisnis sayuran. Bisnis sayuran yang sering sekali diremehkan ternyata memiliki potensi yang cukup besar untuk membuat anda sukses, untuk itu anda harus percaya diri jika ingin bisnis sayuran anda sukses besar.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis