Sponsors Link

6 Tips Sukses Bisnis MLM Paling Mudah

Bisnis MLM atau multi level marketing menjadi salah satu bisnis yang banyak dilakukan di Indonesia. Banyak sekali produk yang ditawarkan dari bisnis ini mulai asuransi, skin care, kosmetik, alat kesehatan dan sebagainya. Bisnis ini biasanya dimulai dengan pendaftaran anggota. Biaya untuk proses pendaftaran bervariasi tergantung lembaganya mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Tidak jarang beberapa bisnis ini mematok biaya pendaftaran hingga jutaan.

ads

Baca juga :

Kesulitan dalam bisnis MLM terletak pada sistemnya. Jika bisnis lain anda disibukkan dengan penjualan produk, MLM menuntut anda untuk bisa melakukan penjualan sekaligus mencari downline. Memang anda harus bekerja dua kali dalam bisnis ini, namun bisnis MLM dikenal dengan bonusnya yang berlipat-lipat. Anda mungkin sering mengetahui testimoni mengenai bonus dari bisnis ini. Jika anda memutuskan untuk memulai bisnis MLM, berikut ini tips sukses bisnis MLM :

  1. Periksa perusahaan MLM

Sebelum memutuskan terjun dalam bisnis ini, anda perlu mengetahui berbagai hal mengenai perusahaan MLM yang akan anda ikuti. Jangan sampai anda salah memilih perusahaan MLM dan malah rugi di belakang. Langkah yang paling mudah untuk mengetahui reputasi perusahaan adalah melalui Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia. Perusahaan yang tergabung dengan asosisasi ini pasti telah memiliki Surat Ijin Penjualan Langsung sehingga legalitasnya sudah kuat. Langkah selanjutnya dengan melihat biaya keanggotaan. Perusahaan MLM yang bonafid biasanya mematok harga yang wajar mulai puluhan hingga ratusan ribu. Hindari perusahaan MLM yang mewajibkan biaya keanggotan terlalu tinggi. (baca juga : cara meminjam uang di bank asingcara meminjam uang di koperasicara bisnis azaria)

  1. Jalankan sistem dengan berimbang

Tips sukses berbisnis MLM yang pertama adalah menjalankan sistem dengan berimbang. Seimbangkan antara produk yang anda jual dan down line yang anda dapatkan. Jangan hanya terpaku pada salah satunya. Jika anda bisa menjalankan sistem tersebut dengan tepat maka kesuksesan bisnis ini pasti bisa anda dapatkan. (baca juga : faktor kegagalan usahacara sukses bisnis pulsa elektrikjenis instrumen investasi)

  1. Serius

Banyak orang yang memulai bisnis MLM sebagai usaha sampingan atau tambahan penghasilan. Tidak sedikit juga cerita mengenai pebisnis MLM yang kemudian meninggalkan pekerjaan lama dan fokus pada bisnis MLM setelah mengetahui hasil yang didapat. Anda memang bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar lewat bisnis MLM dibandingkan menjadi karyawan perusahaan. Bisnis MLM membutuhkan kegigihan dan rencana yang matang maka serius dalam menjalankan bisnis ini menjadi tips sukses berbisnis MLM selanjutnya.

  1. Miliki mental baja

Awal bisnis MLM bisa menjadi tantangan yang tak terlupakan. Jika anda siap terjun dalam bisnis ini, anda harus siap memiliki mental baja dan bekerja keras. Tidak sedikit orang yang mundur saat awal menjalankan bisnis ini. Bisnis MLM anda bisa dikatakan berjalan jika anda sudah memiliki banyak downline dan penjualan produk yang dilakukan telah stabil. (baca juga : cara sukses bisnis oriflamepenyebab usaha sepi keuntungan dan kerugian bisnis franchise)

Sponsors Link

  1. Motivasi down line

Ketika anda mencari down line, anda perlu terus melakukan pembinaan dan memberi motivasi pada down line. Hal ini perlu dilakukan supaya down line juga terus bekerja dan tidak mudah menyerah. Anda pasti akan mendapatkan manfaat positif jika down line anda tetap bertahan dan aktif. (baca juga : peluang usaha air isi ulangcara investasi emas untuk pemula)

  1. Gunakan media online

Media online adalah salah satu media yang wajib anda kuasai ketika berbisnis. Media online sudah bukan lagi tabu. Setiap hari hampir semua orang menggunakannya, sehingga media online perlu anda manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa mempromosikan produk hingga mencari down line dengan menggunakan media online. (baca juga : kelebihan dan kekurangan menabung di bankhukum permintaan dan penawaran)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis