Sponsors Link

5 Cara Membuka Toko Sembako Grosir dan Ecer

Sembako sebagai kebutuhan pokok masyarakat dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Setiap hari orang akan mencari sembako ini. Peluang ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Berbeda dengan bisnis lain yang memiliki masa pasang dan surut, bisnis yang berhubungan dengan sembako hampir tidak memiliki masa tersebut. Tentu saja karena setiap hari semua orang akan mencarinya. Jika anda tertarik dengan bisnis ini, toko sembako bisa menjadi salah satu yang anda coba.

ads

Baca juga :

Sayangnya, pelaku bisnis toko sembako sudah sangat banyak dan bisa dikatakan berjamur. Bahkan toko sembako tradisional banyak yang kalah dengan model modern. Jangan panik dulu, coba cara membuka toko sembako tradisional di bawah ini agar anda bisa untung dan berkembang:

  1. Buat perencanaan

Semua bisnis tentu membutuhkan perencanaan yang matang untuk bisa sukses, termasuk toko sembako. Disamping penentuan lokasi, anda juga harus memperhatikan target pasar anda. Hal ini bisa berhubungan dengan lokasi usaha anda. Jika anda membuka toko sembako di area perumahan, maka target pasar anda adalah ibu rumah tangga.

Begitu juga disekitar kampus maka target pasar juga termasuk mahasiswa atau mahasiswa. Memperhatikan target pasar juga akan mempengaruhi harga jual yang akan anda pasang. Jika anda berada di perumahan elit anda bisa memasang harga sedikit lebih tinggi dengan beberapa hal yang diunggulkan. ( baca juga : faktor-faktor kegagalan usaha kecil dan besar cara sukses bisnis properti bisnis yang menguntungkan bagi pelajar SMA)

  1. Pemilihan lokasi

Jika anda sudah berencana memiliki toko sembako yang lengkap, tentu anda harus memilih toko yang cukup besar. Jika modal anda terbatas, anda bisa memulai toko dengan lokasi yang kecil atau memulainya di depan rumah. Cari lokasi strategis dimana pembeli bisa mudah mencapai toko anda. Jika lokasi toko sembako anda terpencil maka tidak akan banyak orang yang mengetahui toko tersebut. Dampaknya tentu bisa membuat toko sepi. (baca juga : peran penting bank syariah manfaat ekonomi kreatif)

  1. Penentuan harga

Banyaknya pesaing dalam bisnis ini harus membuat anda lebih berhati-hati dalam menetapkan harga. Jika anda menetapkan harga jauh lebih tinggi dari pesaing, pelanggan bisa berpindah membeli barang di pesaing anda. Jika anda bisa menetapkan harga lebih rendah dari pesaing tentu akan menjadi hal yang bagus. Orang biasanya memilih tempat yang bisa menetapkan harga lebih rendah untuk berbagai kebutuhan pokok. Ini juga bisa menarik banyak pelanggan di toko anda. (baca juga : teori biaya produksipenyebab kegagalan usahaperanan koperasi simpan pinjam)

Sponsors Link

  1. Beri pelayanan prima

Menetapkan harga bersaing bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Cara lain untuk menarik pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah. Tidak sedikit orang yang membatalkan niat berbelanja setelah melihat pramuniaga yang angkuh atau bersikap tidak menyenangkan. Orang akan selalu senang jika dilayani dengan baik. Pembeli tentu akan merasa lebih nyaman berbelanja di toko anda jika anda menyediakan pelayanan prima. (baca juga : prinsip bisnis yang perlu anda tahu keuntungan investasi saham jangka panjangcara sukses bisnis oriflame)

  1. Cari grosir termurah

Sebelum anda mulai berbelanja kebutuhan toko, anda bisa melakukan survey harga tempat grosir. Pastikan anda memilih grosiran yang bisa menyediakan harga murah sehingga anda bisa memasang harga yang wajar untuk produk yang dijual kembali. Mencari grosir yang murah tentu tidak bisa anda abaikan begitu saja. Ini adalah salah satu kunci agar toko sembako anda bisa terus berjalan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis