Sponsors Link

10 Cara Meminjam Uang di Koperasi Paling Mudah

Seiring berjalannya waktu ada berbagai macam perubahan yang terjadi, perubahan yang tentunya memudahkan semua orang jika dilaksanakn dengan baik. Inovasi dan kreatifitas selalu dilakukan dan dikembangkan di berbagai bidang. Begitu juga dalam dunia perekonomian, banyak inovasi yang dikembangkan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan serta mampu membantu orang lain. (Baca juga : kebutuhan dasar manusiapengertian motif ekonomi)

Ekonomi menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi dalam kehidupan mereka. Jadi tidak heran bahwasannya banyak orang yang memiliki permasalahan dalam hal finansial atau keuangan. Mereka sering berkeluh kesah ketika tidak memiliki uang, gaji kurang ataupun tidak bisa membeli sesuatu yang mereka inginkan. Hal tersebut semata-mata kurangnya uang yang mereka miliki. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya inovasi dunia ekonomi untuk mengadakan program pinjaman uang, dimana semua orang bisa meminjam uang di berbagai pihak mulai dari Bank, perorangan, Koperasi dan lain sebagainya. (Baca juga : cara untuk mendapatkan modal usaha)

Dengan adanya sistem pinjaman ini memudahkan semua pihak dalam melakukan kegiatan dan memnuhi kebutuhan serta keinginannya. Misalkan ada pihak yang inging mendirikan usaha sendiri namun tidak memiliki modal, maka mereka bisa meminjam uang ke Bank atau lembaga lain untuk mendapatkan modalnya. Akhir- akhir ini juga banyak orang-orang yang membeli sesuatu dengan cara kredit atau meminjam uang kepada pihak lain. Seperti membeli mobil, motor dan HP, mereka meminjam uang dan melunasinya secara bertahap untuk dapat membeli barang-barang keinginannya. Sebenarnya sistem seperti sudah berlangsung lama hanya saja kita hanya bisa meminjam uang terbatas pada orang lain bukan lembaga. Namun saat ini banyak bermunculan lembaga-lembaga yang menawarkan pinjaman dana bagi semua pihak yang membutuhkan. (Baca juga : peran lembaga keuangan)

Salah satu lembaga yang memberikan peluang bagi para pengusaha atau yang lainnya untuk mendapatkan pinjaman uang maupun  modal yakni koperasi. Koperasi merupakan salah satu lembaga keuangan yang dimana mereka menggunakan asas kekeluargaan. Perlu anda ketahui bahawa dana yang dimiliki oleh koperasi merupakan simpanan dari anggotanya, inilah yang menjadikan perbedaan utama koperasi dengan lembaga keuangan lainnya. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara meminjam uang di koperasi. Dalam hal ini semua pihak bisa meminjam uang di koperasi bukan hanya anggota koperasi saja namun orang yang tidak menjadi anggota koperasipun bisa meminjam uang di dalamnya. Berikut ini adalah cara meminjam uang di koperasi.

Untuk pihak yang tidak menjadi anggota koperasi

  1. Mencari tahu tentang contact person yang bisa dihubungi

Berhubung kita bukan termasuk anggota koperasi kita harus mencari tahu kontak yang bisa kita hubungi. Misalkan kita ingin meminjam uang di koperasi Jaya Makmur, maka kita harus tahu minimal satu dari sekian pihak yang bekerja di koperasi tersebut. Siapapun orang yang bekrja di koperasi tersebut baik teman, saudara atau orang lain anda wajib mengetahui dan menyimpannya dengan alasan untukj membuat janji atau tanya-tanya seputar kebutuhan anda. Utamakan anda bisa mendapatkan kontak marketing koperasi tersebut agar lebih mudah dan tepat dalam membahas mengenai maksud dan tujuan anda. Jika memang anda kesulitan dan tidak mampu mendapatkan kontak koperasi tersebut, maka alternatifnya anda bisa langsung pergi ke koperasi yang anda tuju, kemudian menemui admin untuk menjelaskan maksud dan tujuan anda datang ke koperasi tersebut. (Baca juga : manfaat internet untuk ekonomi)

  1. Interview

Proses awal yang akan dilaksnakan oleh pihak koperasi yakni melakukan interview, dimana hal ini dimaksudkan untuk menggali dan mendapatkan data lebih banyak tentang maksud dan tujuan anda. Dalam interview ini pihak koperasi akan menanyai anda segala sesuatu yang berhubunbgan dengan masalah anda meminjam uang di koperasi. Pertanyaan yang kiranya diajukan seperti kondisi rumah, harta yang dimiliki, penghasilan per bulan, beban tanggungan dan lainnya. Bukan hanya itu jumlah uang yang akan dipinjam juga akan ditanyakan serta penggunaan uang yang kita pinjampun harus dijelaskan kepada pihak koperasi. Pada sesi ini harus ada keterbukaan diantara kedua belah pihak dengan tujuuan agar uang yang akan dipinjamkan bisa benar-benar bermanfaat.

  1. Melengkapi administrasi

Proses selanjutnya jika sudah disahkan dan diperbolehkan oleh pihak koperasi untuk meinjam uang dengan jumalh yang terbilang, maka kita harus memenuhi persyaratan administrasi yang sudah ditentukan oleh pihak koperasi. Persyaratan yang dibutuhkan sangatlah simple hanya KTP dan KK asli serta fotokopi dan disertai dengan jaminan yang telah disepakati saat interview. Dengan demkian antara dua pihak akan terjadi saling mebguntungkan satu sama lain. Jaminan disini bentuknya terserha tidak harus barang atau surat-surat berharga namun sesuai dengan kesepakatan bersama saat interview. (Baca juga : syarat mendirikan usaha dagang)


  1. Mencari rekomendasi

Jika anda ingin lebih lancar dan mendapatkan dananya maksimal cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari rekomendasi baik dari teman atau saudara yang mana mereka memiliki jabatan atau posisi di suatu koperasi, ataupun pihak-pihak yang memiliki track record atau rating yang bagus di mata koperasi. Hal ini bisa mendukung kelayakan anda untuk mendapatkan pinjaman uang dari pihak koperasi. Karena pihak koperasi menganggapo dengan adanya rekomendasi dari pihak-pihak yang berpengaruh membuktikan bahwa anda memang layak untuk mendapatkan pinjaman uang tersebut. Jangan remehkan hal ini karena dengan rekomendasi yang kuat akan semakin memudahkan anda mendapatkan pinjaman uang dan proses pengangsurannya. (Baca juga : tips memilih KPR – cara investasi emas untuk pemula)

  1. Pencairan dana pinjaman

Setelah terjadi kesepakatan bersama dan disahkan, maka anda tinggal menunggu waktu pencairan dana atau pinjaman anda. Lama atau singkatnya pencairan dana tergantung pihak koperasi kurang lebih 3 hari kerja pinjaman anda akan cair. Pinjaman uang di koperasi berbeda dengan yang lainnya, jika di lembaga lain uang pinjaman diberikan semuanya kepada sang peminjam, namun jika di koperasi uang yang diberikan  yakni 9055 dan 10% nya dimasukkan tabungan sebagai depoosit, dimana nanti saat akhir pelunasan maka deposit sebesar 10% ini akan diberikan pada pihak peminjam. Pinjaman yang diberikan ioleh koperasi memiliki limit yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Ada yang limitnya hanya Rp 200.000, ada yang Rp 500.000, ada yang Rp 1.000.000 dan bisa lebih dari kisaran itu. Jika anda baru pertama kali meminjam uang di koperasi mungkin anda diberikan limit yang sedikit oleh pihak koperasi, namun jika anda tergolong pihak yang sering meminjam uang dan memiliki track record bagus maka limit yang diberikan pun semakin tinggi. (Baca juga : cara meminjam uang di bank pngkreditan rakyat)

  1. Proses pengangsuran

Setelah uang sudah ada di genggaman anda, maka langkah terakhir yakni melakukan pengangsuran, bisa dibilang proses inilah yang paling melelahkan dan sulit, dimana kita harus menentukan tenor pengangsuran kita, di dalam  koperasi bunga yang diterapkan sangat tinggi apabila kita mangambil tenor yang tinggi kisaran 1-3 bulan, yakni bisa mencapai 30%. Dalam hal ini anda benar-benar diharuskan untuk memikirkannya secara matang-matang agar tidak terjadi kesulitan selama proses pengangsuran. (Baca juga : cara pinjam uang di pegadaian)

Untuk pihak yang menjadi anggota koperasi

  1. Sampaikan maksud dan tujuan

Jika anda sudah menjadi anggota koperasi maka akan lebih mudah untuk meminjam uang cukup sampaikan pada pihak terkait maksud dan tujuan anda.

  1. Interview

Interview yang dilakukan pun tidak serumit pihak yang non anggota koperasi. Mungkin hanya ditanayai mengenai jumlah dan penggunaan dana pinjaman.

  1. Melengkapi administrasi

Persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh anggota koperasi hampir sama dengan non anggota koperasi, hanya saja jika anggota koperasi akan di cek kelayakannya seperti apakah dia sudah lkunas membayar simpanan pokokj dan wajib. Apa dia memiliki track record yang baik dalam berorganisasi di koperasi tersebut. (Baca juga : tindakan ekonomi rasional)

  1. Pencairan dana

Pencairan dana akan dilakuakn setelah semua sudah disepakati dan disahkan oleh pihak terkait.

  1. Pengangsuran

Angsuran yang bisa dilakukan oleh anggota koperasi bisa dengan pembayaran langsung maupun pemotongan dari simpanan yang mereka miliki. (Baca juga : contoh prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari)

Inilah beberapa cara dan syarat bagi anda yang memiliki niat untuk meminjam uang di koperasi. Syarat dan ketentuannya pun mudah dan prosesnya cepat. Namun saya ingatkan lagi bagi anda yang masih memiliki alternatif lain selain meminjam uang, maka lakukanlah semaksimal mungkin seperti menjual barang-barang yang sudah tidak terpai. Karena tidak bisa dipungkiri bahwasannya bunga yang dibebankan pada kita tidak sedikit. (baca juga : cara mengatur keuangan pribadi – cara menabung emas di pegadaian)

Artikel terkait :

, , , ,
Oleh :
Kategori : Koperasi