Sponsors Link

5 Cara Bisnis Arisan Paket Lebaran yang Menguntungkan

Hari besar atau yang lazim disebut dengan lebaran biasanya memang merupakan hari yang sangat membahagiakan sekaligus sedikit merepotkan. Bagaimana tidak, disaat banyak para tetangga, kolega dan handai taulan berkunjung ke rumah, sebagai salah satu tradisi unik dan tanda keramah tamahan terhadap sesama ialah menyediakan berbagai santapan di hari raya. Tentu untuk menyediakan berbagai santapan di hari raya diperlukan dana yang tidak sedikit terlebih lagi biasanya saat hari raya harga barang kebutuhan naik sehingga diperlukan persiapan yang cukup matang untuk menanggulangi hal ini. Oleh karena itu, sebagai solusi maka para pebisnis yang jeli melihat peluang menawarkan bisnis arisan paket lebaran. (baca: cara bisnis agen kuota – cara bisnis potong ayam)

ads

Bisnis arisan paket lebaran memang terbilang cukup baru dan unik karena ini bersifat musiman dan memiliki tujuan khusus yaitu sebagai solusi atas permasalahan kebutuhan yang lebih tinggi saat lebaran. Bagi anda yang ingin memulai bisnis ini, berikut cara bisnis arisan paket lebaran yang dapat anda lakukan dan coba.

Baca juga: cara sukses bisnis properti – cara bisnis aki bekas – cara bisnis azaria – permodalan koperasi

  1. Menentukan produk

Agar lebih jelas mengenai apa saja isi paket lebaran dari bisnis arisan paket lebaran yang anda tawarkan maka anda harus menentukan terlebih dahulu produk-produk yang ada dalam paket. Misalnya, minyak goreng, gula, beras, tepung, dan lain sebagainya sesuai dengan produk-produk yang biasanya akan sangat dibutuhkan saat lebaran. Semakin banyak produk yang anda tawarkan dan semakin menjawab kebutuhan konsumen dari bisnis arisan paket lebaran anda maka semakin banyak pula peminat yang datang kepada anda.

  1. Variasi produk paket

Setelah menentukan produk-produk apa saja yang akan anda tawarkan dalam bisnis arisan paket lebaran anda, langkah selanjutnya yaitu melakukan variasi terhadap produk yang anda tawarkan. Variasi yang dimaksud disini ialah variasi produk paket, anda harus menyediakan paket yang kecil sampai yang besar, paket yang jenis ekonomis sampai paket eksklusif yang yang lengkap. Banyaknya variasi produk paket akan membuat semakin banyaknya pilihan konsumen dari bisnis arisan paket lebaran anda sehingga konsumen anda tidak perlu pergi ke lain tempat, hanya kepada anda. (baca: keuntungan bisnis bahan bangunan – cara sukses bisnis air minum isi ulang)

  1. Daftar paket lebaran dan harga

Langkah ketiga setelah menentukan produk dan variasi produk paket, langkah selanjutnya yaitu menentukan daftar paket lebaran disertai harga. Untuk hal ini, penting bagi anda untuk melihat secara jeli kemampuan atau daya beli dari konsumen anda secara umum agar produk dari bisnis arisan paket lebaran anda tidak dianggap malah memberatkan dan tidak memberikan solusi atas meningkatnya kebutuhan di hari lebaran.

  1. Menentukan angsuran

Penentuan jumlah angsuran dan kapan memulai angsuran untuk bisnis arisan paket lebaran ini dapat anda tentukan berdasarkan pada pilihan variasi produk paket mana yang dipilih dan berapa jumlah bulan angsuran yang diinginkan oleh konsumen anda. Ingat, janganlah terlalu memberatkan jumlah angsuran per bulannya dan peringanlah konsumen anda agar mereka merasakan manfaat dari bisnis anda tanpa mengesampingkan keuntungan yang harus anda peroleh. (baca: cara sukses bisnis oriflame – tujuan mempelajari ilmu ekonomi)

  1. Membuat rekening khusus

Agar pengelolaan dari bisnis arisan paket lebaran anda tidak berantakan maka membuat rekening khusus sangat perlu untuk anda lakukan. Selain agar lebih rapi, dengan membuat rekening khusus maka dana untuk bisnis arisan paket lebaran anda pun akan lebih nyaman untuk diketahui secara pasti karena anda akan menyerahkan dana itu kembali kepada konsumen anda saat lebaran nanti.

Baca juga:

Sponsors Link

Bisnis arisan paket lebaran dapat dikatakan bisnis yang cukup menguntungkan walaupun sekarang bisnis ini cukup mendapat sorotan setelah banyak kasus yang terjadi di masyarakat dimana pebisnis yang berperan sebagai pemegang dana tiba-tiba menghilang dan melarikan sejumlah dana yang cukup banyak. Untuk itu, agar bisnis arisan paket lebaran anda dapat berjalan dengan baik dan lancar ke depannya maka ada beberapa hal yang perlu anda lakukan.

  • Dapatkan kepercayaan konsumen

Memang tidaklah mudah untuk memulai bisnis terlebih bisnis arisan paket lebaran dimana memang banyak kasus disalah gunakan namun tidak ada cara lain untuk memulai bisnis ini selain mendapatkan kepercayaan konsumen agar mau menjadi konsumen dari bisnis arisan paket lebaran anda. Untuk hal ini, anda dapat memulai berbisnis dari lingkungan terdekat anda terlebih dahulu seperti dari lingkungan saudara, sepupu, tetangga, teman-teman arisan anda dan lain sebagainya. Lingkungan terdekat merupakan tempat yang paling ideal untuk memulai bisnis arisan paket lebaran dimana basis dari bisnis ini yaitu kepercayaan antar pebisnis dan konsumen.

  • Mulai dari yang kecil

Karena anda baru memulai dan kepercayaan dari konsumen belum sepenuhnya anda dapatkan maka memulai dari yang kecil dengan modal kecil tentunya merupakan hal yang sangat bijak. Memulai dari paket yang kecil dapat membuat konsumen ingin untuk menjadi konsumen dari bisnis arisan paket lebaran anda terlebih saat rekam jejak dari bisnis anda ini belum ada. Ini cocok sekali bagi pemula dari bisnis arisan paket lebaran.

Sponsors Link

  • Tetapkan aturan yang jelas

Agar bisnis arisan paket lebaran anda berjalan lancar dan tidak ada yang dirugikan, baik anda, konsumen anda atau antar konsumen maka menetapkan aturan yang jelas harus anda lakukan. Jagalah konsumen anda dari kerugian dan tetapkanlah aturan yang jelas dan tidak merugikan konsumen anda agar konsumen anda percaya dan bisnis anda berjalan lancar untuk tahun berikutnya. (baca: fungsi koperasi – cara bisnis potong ayam – cara bisnis sayuran)

Tidak hanya bahan pokok seperti beras, minyak goreng dan gula yang pastinya akan diperlukan saat lebaran. Ada barang-barang kebutuhan lain juga yang biasanya diperlukan saat lebaran dan ini dapat menjadi pilihan dari paket bisnis arisan lebaran anda.

  1. Daging

Sudah menjadi rahasia umum dan kelaziman jika daging merupakan kebutuhan yang harganya akan meningkat tajam saat lebaran. Ya, selain karena memang harganya yang memang sudah mahal, permintaan yang meningkat tajam juga merupakan penyebab tambahan yang membuat harga daging meroket di pasaran.

  1. Snack

Untuk paket ini, ada berbagai pilihan snack atau makanan ringan dan minuman soda yang dapat anda masukan dalam paket bisnis lebaran anda. Biasanya snack/ makanan ringan seperti biskuit, kukis, kue kering, kacang, dan minuman soda seperti merek sprite, Fanta dan coca cola merupakan makanan dan minuman yang lazim diminati.

  1. Mukena

Selain makanan, ternyata mukena juga merupakan kebutuhan lebaran yang cukup diperhatikan oleh masyarakat kita untuk tampil lebih rapi di hari raya. Untuk itu, sebagai pebisnis arisan paket lebaran (social entrepreneurship) anda dapat memasukkan paket produk mukena dalam variasi paket produk anda.

Baca juga: faktor pertumbuhan ekonomi – cara meminjam uang di bpjs – cara memulai bisnis pakaian

Berbisnis arisan paket lebaran pada dasarnya tidak hanya bertujuan untuk mencari keuntungan semata karena pada dasarnya ialah memberikan solusi atas permasalahan banyaknya dana yang dibutuhkan saat lebaran. Untuk itulah, pebisnis arisan paket lebaran sering disebut sebagai social entrepreneurship.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis