Sponsors Link

8 Kiat Sukses Bisnis ATK Paling Jitu

Sponsors Link

Bagi sebagian orang, bisnis ATK sangat tidak menarik karena penghasilan yang didapatkan tidak sebanyak bisnis-bisnis yang lainnya. Padahal, bisnis ATK adalah salah satu bisnis kecil yang memiliki prospek yang cukup cerah untuk kedepannya. Hanya saja, diperlukan kiat sukses bisnis ATK yang tepat untuk bisa mencapainya.

ads

Seperti disinggung diawal, bisnis ATK adalah bisnis yang tidak pernah kehabisan pelanggan. Bahkan dibeberapa tempat, tempat-tempat penjualan ATK selalu saja penuh dengan pelanggan dan tidak jarang kita harus mengantri cukup lama agar bisa dilayani.

Baca juga:

Salah satu alasan bisnis ATK merupakan bisnis yang memiliki prospek masa depan yang cerah adalah karena bisnis ini tidak membutuhkan modal sebesar modal bisnis yang lainnya. Pada beberapa kasus, pembukaan bisnis ATK ini hanya membutuhkan modal sebesar 5 juta rupiah. Alasan lain bisnis ini termasuk bisnis yang menggiurkan adalah karena produknya yang tahan lama dan tidak basi. Sehingga kemungkinan produk tidak layak jual sangat kecil terjadi.

Jika anda tertarik untuk memulai bisnis ATK ini, berikut kiat sukses bisnis ATK yang bisa anda jadikan referensi:

  1. Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar adalah salah satu hal yang sangat mendasar bagi setiap bisnis yang dijalankan. Siapakah target pasar anda? Apakah mahasiswa atau pelajar sekolah menengah pertama? Menentukan target pasar ini sangat penting karena akan menyangkut masalah harga pada akhirnya. Seperti misalnya anda menjual air mineral pada target pasar yang berbeda.

Harga air mineral kemasan 900ml dengan merk yang sama akan sangat berbeda tergantung target pasarnya. Seperti misalnya jika anda membelinya di pasar tradisional dengan target pedagang sayur yang harganya lebih murah dibandingkan dengan ketika anda membelinya di kantin sebuah hotel bintang 5 yang targetnya adalah karyawan kantoran. Perbedaan harga ini ditentukan dengan target pasar yang berbeda. Kasus inipun berlaku pada bisnis ATK. Jadi, kiat sukses bisnis ATK anda yang pertama adalah menentukan target pasar.

Baca juga:

  1. Mencari Distributor Atau Agen

Kiat sukses bisnis ATK yang kedua adalah mencari distributor atau agen ATK anda. Tidak dapat dipungkiri, bisnis ATK memang termasuk bisnis yang keuntungannya relatif kecil sehingga pelaku bisnis inipun masih cukup jarang. Namun ini akan menjadi alasan kuat bagi anda untuk memulai bisnis ini karena persaingan dibisnis ini masih cukup sedikit dengan target pasar yang banyak. Dan alasan anda mencari agen atau distributor tentu saja adalah untuk mendapatkan harga terbaik sehingga anda bisa menjual ATK anda dengan harga yang bersaing dibanding pelaku bisnis ATK yang lainnya.

Sponsors Link

Salah satu cara mendapatkan harga terbaik dari distributor atau agen adalah dengan membeli dalam jumlah yang cukup banyak atau ‘borongan’ sehingga harga relatif lebih murah. Selain itu, bangunlah kedekatan emosional dengan pemilik agen atau distributor dengan berlangganan belanja kebutuhan ATK anda kepadanya. Kedekatan emosional yang anda bangun akan sangat membantu anda dalam mendapatkan harga yang jauh lebih murah lagi.

  1. Memilih Lokasi Yang Tepat

Kiat sukses bisnis ATK ini masih menyangkut pada kiat yang pertama. Setelah anda menentukan target pasar anda, carilah tempat yang strategis agar bisnis anda dapat dengan mudah ditemukan. Salah satu kiat untuk mendapatkan tempat terbaik adalah dekat dengan tempat pusat aktifitas target pasar anda.

Seperti misalnya jika target pasar anda adalah pelajar, maka carilah tempat bisnis yang dekat dengan sekolah atau kampus. Begitu juga jika target pasar anda adalah karyawan, maka carilah tempat bisnis yang dekat dengan area perkantoran.

ads

Baca juga:

  1. Penataan Toko

Setelah anda menemukan lokasi yang tepat, selanjutnya adalah menata toko anda agar ‘enak’ dipandang oleh konsumen anda. Usahakan produk-produk ATK jualan anda tertata dengan rapi dengan sistem pengelompokan. Jangan sampai anda mencampur pensil dengan kelompok pulpen atau mencampurkan map dengan kelompok penggaris. Karena selain akan mengesankan tidak rapi, anda juga akan kesulitan saat mencari produk-produk tersebut jika ada konsumen yang ingin membelinya.

  1. Lengkapi Dengan Jasa Fotocopy

Yang tidak lepas dari bisnis ATK adalah jasa fotocopy. Namun untuk menjalankan bisnis tambahan ini tentu saja anda harus mengeluarkan modal yang lebih besar lagi. Tapi walaupun seperti itu, jasa fotocopy ini juga merupakan jasa yang pasarnya cukup banyak.

Dibeberapa tempat, jasa fotocopy ini sangat dibutuhkan sehingga pasarnya pun tidak pernah sepi.  Seperti misalnya jika anda membuka bisnis ATK dan fotocopy ini diarea perkantoran dimana banyak orang yang berdatangan untuk melamar pekerjaan ataupun urusan surat menyurat lainnya. Selain membutuhkan ATK, terkadang pelamar pekerjaan juga membutuhkan penggandaan dokumen untuk melengkapi dokumen lamaran kerja mereka.

  1. Lengkapi Dengan Jasa Cetak Foto Digital

Sama seperti fotocopy, jasa cetak foto digital juga akan menjadikan bisnis ATK anda semakin ramai. Terlebih jika anda mendapatkan tempat yang tepat seperti di dekat kantor polisi seperti Polsek atau Polres. Menempatkan bisnis ATK dan cetak foto digital didekat polres atau polsek adalah pilihan cerdas karena banyak orang berdatangan kesana untuk membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Sekedar info, untuk membuat sebuah SKCK seseorang harus membawa beberapa lembar foto setengah badan dengan background warna dan ukuran yang sudah ditentukan. Hanya saja, tidak semua orang mengetahui syarat ini. Terkadang mereka datang dengan ukuran fotodan  warna background yang salah. Disaat itulah mereka membutuhkan anda dan dengan sedikit keterampilan editing foto, anda akan mendapatkan penghasilan dari bisnis ini.

Baca juga:

Sponsors Link

  1. Strategi Pemasaran

Hampir semua bisnis membutuhkan strategi pemasaran untuk mendongkrak penjualannya. Hal ini juga bisa anda lakukan untuk bisnis ATK yang anda ingin bangun. Buatlah sebuah promosi untuk menarik pelanggan dan mendapatkan pelanggan setia. Seperti misalnya membuat promosi ‘Beli 2 Gratis 1’ atau promosi ‘Potongan 2rb Untuk Total Pembelanjaan 5rb’. Agar promosi ini diketahui oleh banyak orang, anda bisa membuat spanduk dengan tulisan promosi yang ditulis dengan kalimat yang menarik dan ukuran yang besar.

  1. Bekerja Sama Dengan Lembaga

Ini termasuk cara ampuh yang bisa anda lakukan untuk mendongkrak bisnis ATK anda: bekerja sama dengan lembaga atau instansi. Seperti misalnya ketika bisnis ATK anda sudah berjalan, anda bisa mendatangi sekolah-sekolah atau perkantoran dengan menawarkan produk ATK anda kepada mereka. Agar lebih menarik, berikan juga mereka tawaran yang sulit mereka tolak. Seperti misalnya anda menawarkan harga pulpen hitam dengan harga jauh lebih murah jika mereka membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

Itulah kiat sukses bisnis ATK yang bisa anda jadikan panduan agar bisnis ATK anda sukses. Semoga artikel bermanfaat.

Baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis