Sponsors Link

15 Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah Paling Mudah

Jika anda bingung ingin membuka suatu usaha tetapi tidak memiliki modal yang cukup, anda tidak perlu berkecil hati karena saat ini banyak sekali cara untuk mendapatkan modal untuk membuka suatu usaha. Contohnya, anda dapat menggunakan tabungan yang anda miliki sebagai modal untuk membuka usaha. Jika tabungan yang anda miliki tidak cukup untuk membiayai usaha yang sudah anda rencanakan, rubahlah rencana anda dan buatlah usaha yang kira kira sesuai dengan deposit tabungan anda dan hasil dari keuntungan usaha anda bisa anda tabung untuk membangun dan membiayai usaha yang dari awal anda rencanakan. (baca juga : peran pasar dalam perekonomian , Perbedaan Ekonomi Terbuka dan Tertutup )

ads

Selanjutnya, anda bisa menjual aset barang berharga anda seperti mobil dan juga perhiasan. Setidaknya dengan menggunakan cara ini anda dapat membangun usaha anda tanpa memikirkan beban hutang piutang lain halnya jika anda meminjam uang kepada rentenir atau lembaga peminjaman uang lainnya yang ada anda hanya akan di bebani oleh bunga dari uang yang anda pinjam sebagai modal awal untuk membangun usaha. (baca juga : teori perilaku konsumen , Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi)

Diatas adalah beberapa cara yang anda dapat usahakan sendiri dengan kemampuan yang anda miliki seperti mengerahkan seluruh deposit yang ada di bank atau menjual aset berharga anda. Namun, jika anda tidak memiliki hal yang disebutkan diatas penulis akan memberikan solusinya yaitu dengan cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah. Berikut penulis akan memberikan tips Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah dan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk mendapatkan modal usaha agar anda dapat membangun usaha anda sendiri: (baca juga : kelebihan memilih pasar persaingan sempurna)

  1. Sudah memiliki usaha sendiri

Untuk mendapatkan bantuan modal dari pemerintah anda harus sudah memiliki rintisan usaha setidaknya sudah berjalan selama 6 bulan dan paling maksimal yaitu selama tiga tahun. Yang dapat dibuktikan berupa foto kegiatan usaha serta tempat dan bagian produksi apabila ada. (baca juga : manfaat internet untuk ekonomi , Pengaruh Ekonomi Terhadap Pendidikan)

2.Tidak pernah menerima bantuan sejenis sebelumnya

Pastikan anda belum pernah menerima bantuan sejenis seperti bantuan modal usaha dari kementrian koperasi dan UKM dengan pembuktian surat pernyataan dari instansi terkait. (baca juga : penyebab kegagalan usaha , Cara Mendapatkan Modal Usaha)

  1. Usia Maksimal 45 Tahun

Untuk mengajukan proposal bisnis batas usia maksimal para wirausahawan yaitu berusia 45 tahun. (Baca juga : Bank Dengan Bunga Deposito Tertinggi)

  1. Minimal Pendidikan SLTP/Sederajat

Bagi wirausahawan yang ingin mengajukan proposal usaha minimal memiliki latar belakang pendidikan yaitu SLTP/Sederajat dengan membuktikan ijazah terakhir. (Baca juga : Peluang Usaha Air Isi Ulang)

  1. Memiliki izin usaha yang resmi

Usaha yang telah didirikan harus memiliki izin usaha mikro kecil (IUMK) atau surat keterangan domisili dari kantor kelurahan setempat. (Baca juga : Daftar Kode Transfer Antar Bank Seluruh Indonesia)

Sponsors Link

  1. Memiliki NPWP

Para wirausahawan wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau biasa kita singkat menjadi NPWP yang masih dalam keadaan aktif atas nama calon wirausahawan yang hendak mengajukan proposal usaha. (baca juga : manfaat ekonomi kreatif , Ruang Lingkup Ekonomi Moneter)

  1. Memiliki sertifikat Pelatihan

Memiliki sertifikat pelatihan yang dilakukan oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia atau Konstitusi atau lembaga yang memiliki kompetensi dan bekerjasama dengan Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan maksimal dilakukan dua tahun sebelum tahun anggaran berjalan. (baca juga : kebutuhan dasar manusia , Ciri Ciri Sistem Ekonomi Tradisional)

  1. Memiliki Rekening Tabungan yang Aktif dari Bank Pemerintah

Para usahawan yang mengajukan modal usaha kepada pemerintah juga harus memiliki rekening tabungan yang aktif dari bank pemerintah misalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) Bank Nasional Indonesia (BNI) atau Bank Mandiri yang pastinya harus sesuai dengan nama calon penerima dana dari pemerintah. (baca juga : pasar persaingan tidak sempurna , Struktur Pasar Persaingan Sempurna)

ads
  1. Surat rekomendasi dari SKPD Kabupaten / Kota

Sudah mengantongi surat izin dari Dinas Kabupaten setempat atau SKPD yang sudah ditandatangani oleh pejabat setempat yang memiliki wewenang dalam bidang Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan menengah.  (Baca juga : jenis-jenis badan usaha)

  1. Surat Rekomendasi dari Provinsi ssetempat

Untuk mendapatkan modal usaha dari pemerintah tentunya anda harus sudah mengantogi surat rekomendasi dari Dinas Provinsi setempat. (Baca juga : jenis-jenis kredit)

  1. Proposal bisnis atau usaha

Anda harus menyiapkan proposal dan buatlah konsep semenarik mungkin agar pemerintah tertarik dan mau mempelajari proposal anda. Setelah itu anda bisa mengirimkan proposal anda. (baca juga : bentuk-bentuk pasar , Struktur Pasar Oligopoli )

Persyaratan diatas adalah bantuan dana bagi para wirausaha pemula yang ingin mendapatkan bantuan modal dari pemerintah. Dokumen dokumen diatas dapat di upload pada situs pemerintah yaitu depkop.go.id dalam bentuk PDF dengan ukuran file maksimal 3MB. Adapun cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan modal usaha dari pemerintah yaitu sebagai berikut:

  1. Jemput bola

Jika anda ingin mendapatkan modal usaha yang lebih cepat tidak ada salahnya gunakan metode jemput bola. Dengan mendatangi instansi pemerintah yang biasa memberikan modal usaha kepada masyarakat seperti dinas perindustrian, perdagangandan dinas kementrian koperasi dan ukm. Lalu tanyakan apakah ada dana hibah yang cocok dan sesuai dengan jenis usaha anda. (baca juga : manfaat kerjasama ekonomi antar negara , Sistem Keuangan Internasional Dari Masa Ke Masa)

  1. Rajin membuka situs pemerintah

Rajinlah membuka situs situs pemerintah yang biasa menyediakan hibah untuk modal usaha. Seperti, situs milik dinas perindustrian dan perdagangan yaitu kemenprin.go.id atau situs dinas kementrian koperasi milik dinas kementrian koperasi dan UKM yaitu depkop.go.id .  (Baca juga : Keuntungan dan Kerugian Bisnis Air Isi Ulang)

  1. Mengikuti pameran yang sering diadakan pemerintah

Pemerintah sangat rutin mengadakan pameran untuk para pebisnis atau UKM. Event ini biasanya diadakan satu tahun sekali dan banyak para pejabat yang hadir dalam event tersebut. Pada kesempatan inilah dapat anda gunakan untuk mempromosikan usaha anda untuk menarik perhatian para pejabat ketika mereka mengunjungi stand anda dan jangan lupa siapkan proposal yang sudah anda buat untuk mendapatkan modal usaha dari pemerintah. (Baca juga : Keuntungan dan Kerugian Bisnis Franchise , Keuntungan Bisnis Laundry)

4. Mengajukan kredit usaha rakyat

Sponsors Link

Anda dapat mengajukan proposal bisnis yang sudah anda buat ke kredit usaha rakyat (KUR). Kredit usaha rakyat merupakan layanan kredit dan pembiayaan yang pemerintah berikan melalui bank kepada koperasi atau UKM yang feasible tetapi belum bankable. Berikut daftar bank yang melayani KUR yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Nasional Indonesia (BNI), BTN, Bank Mandiri, BNI Syariah, Bank Bukopin dan BSM. (Baca juga : Penyebab Kegagalan Usaha , Cara Bisnis Online Shop Bagi Pemula)

Demikian penjelasan mengenai persyaratan apa aja dan cara untuk mendapatkan bantuan modal dari pemerintah bagi anda yang sedang memerlukan bantuan modal untuk mendirikan suatu usaha. Jangan lupa untuk berdoa dan berikhtiar agar selalu diberikan kemudahan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Demikian penjelasan artikel informatif ini selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis