Sponsors Link

9 Cara Sukses Bisnis Asuransi Bagi Pemula dan Profesional

Pengetahuan masyarakat tentang pentingnya asuransi yang mampu memberikan jaminan terhadap diri dan harta benda yang dimiliki belakangan mulai mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal inilah yang membuat bisnis asuransi menjadi kian diminati oleh banyak orang, selain memberikan edukasi yang bermanfaat juga dapat mendatangkan income yang terbilang  cukup besar.

ads

Meskipun demikian, tak jarang banyak pula orang yang gagal dalam menjjalankan bisnis asuransi. Ini terutama dialamai oleh mereka yang masih pemula dan belum memahami betul seluk – beluk bisnis asuransi yang seseungguhnya. Karena perlu diketahui bahwa, berbisnis asuransi memang susah – susah gampang dan fokus yang utama. Bila tidak bisnis asuransi yang dijalankan akan sulit mencapai kata sukses.

Baca juga:

Namun jangan khawatir karena ada beberapa trik yang bisa digunakan agar bisa membangun bisnis asuransi dengan sukses. Berikut diantaranya.

1. Perusahaan Asuransi yang Tepat

Sebelum memulai bisnis asuransi, yang perlu anda pahami dan pertimbangkan ialah memilih perusahan penyedia layanan asuransi yang memang bonafit. Dengan kata lain sudah banyak dikenal masyarakat luas dan memiliki track record yang baik. Karena bisnis asuransi yang baik dan handal, selain memiliki nama yang terkenal juga punya latar belakang yang bersih. Hal ini bisa diketahui dari berbagai informasi baik melalui media cetak maupun secara online.

Coba kunjungi laman website yang mengulas kelebihan dan kekurangan perusahaan asuransi yang ada. Tetapi usahakan jangan mencari informasi dari website-nya secara langsung, karena hanya kelebihannya yang akan ditonjolkan. Sebuah perusahaan asuransi yang bonafit sudah pasti akan memberikan penjelasan mengenai produknya dengan jelas. Dengan perhitungan keuntungan yang juga jelas dan transparan, dan yang tak kalah penting ialah mempunyai sertifikasi agen asuransi umum.

Menentukan untuk bergabung dengan perusahaan asuransi dengan latar belakang yang baik menjadi satu hal yang cukup penting yang nantinya menjadi penentu apakah bisnis asuransi yang diikuti akan sukses atau mandeg ditengah jalan.

2. Produk yang ditawarkan

Setelah memilih perusahaan asuransi yang bagus, yang sangat meenunjang kesuksesan bisnis asuransi tentu saja produk yang ditawarkan. Karena menjadi bagian dari sebuah perusahaan yang bagus tentu dapat menumbuhkan rasa percaya dari calon nasabah terhadap produk yang ditawarkan. Banyak produk yang bagus yang ditawarkan namun karena pengetahuan tentang produk yang kurang bisa mengurangi rasa percaya calon nasabahyang akhirnya menolak produk tersebut.

Sponsors Link

Bila pengetahuan tentang produk yang ditawarkan belum memadai lebih baik perdalam lagi, sebab hal ini akan berpengaruh pada calon nasabah. kurangnya pengethauan produk asuransi akan membuat presentasi menjadi kurang meyakinkan dan terasa mengambang yang akhirnya tak ada satu pun calon nasabah yang tertarik dengan prodk tersebut.

3. Bekerja dengan Total

Apapun yang ingin anda kerjakaan, baik bisnis asuransi maupun bisnis lainnya yang terpenting harus anda lakukan ialah bekerjalah dengan total dan maksimal. Total dalam bekerja akan membuat anda melakukan dengan maksimal dan tidak main – main dalam melakukan pemasaran produk asuransi dengan cara dan usaha yang lebih. Sehingga calon nasabah pun juga akan melihatnya sebagai sebuah dedikasi anda dalam pekerjaan.

Total dalam berbisnis asuransi bisa anda lakukan dengan banyak hal, dan mampu melihat peluang sekecil apapun. Sehingga keika melakukan prospek pada nasabah, tidak dilakukan dengan setengah hati atau asal – asalan saja.

4. Konsisten

Jika sudah masuk ke sebuah bisnis terutama bisnis asuransi, maka yang terpenting setela usaha yang fokus dan maksimal maka yang tak kalah penting ialah konsisten dalam melakukan pekerjaan. Usaha yang dilakukan dengan maksimal dan juga konsisten lambat laun juga akan dapat membuahkan hasil.  Sebab konsisten merupakan betuk dari sebuah tanggungjawab tak hanya pada bisnis asuransi yang dijalani, tetapi juga pada nasabah yang telah memberi kepercayaan.

ads

Konsistensi dalam sebuah bisnis penting demi keberlangsunganya dimasa mendatang, karena apapun usahanya yang dilakukan tanpa sebuah konsistensi akan seperti omong kosong belaka.

5. Kemampuan Komunikasi

Menjalankan bisnis asuransi mengharuskan siappun untuk memiliki kemampuan  berkomunikasi yang baik. Bukan harus menjadi seorang public speaker dengan kemampuan handal, namun hal ini penting demi menggaet minat nasabah juga memberikan edukasi yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan mengalir tidak seperti sedang memaksakan calon nasabah untuk membeli produk yang ditawarkan. Meskipun kemampuan komunkasi memang sesuatu hal yang penting dalam membina bisnis asuransi, namun jangan berkecil hati jika belum memilikinya.

Yang terpenting adalah usaha dan juga mau belajar untuk menemui banyak calon nasabah untuk mengenalkan produk, dengan begitu kemampua komunikasi bisa diasah seiring berjalannya waktu. Karena komunikasi yang baik berhubungan dengan orang lain, bukan hanya berangan – angan saja.

Baca juga:

6. Perasaan Tulus

Sebuah bisnis asuransi sesuungguhnya sarat dengan nilai sosial yang cukup tinggi. Ini karena dalam bisnis ini banyak calon nasabah yang akan terbantu untuk membuat perencanaan keuangan jangka panjangnya lebih baik. Terlebih produknya yang sangat berkaitan erat dengan rencana keuangan berjangka panjang seperti asuransi kesehatan, jiwa, pendidikan, properti dan masih banyak lagi jenis asuransi lainnya.

Baca juga:

Selain berorientasi pada keuntungan, bisnis asuransi pun juga berorientasi sosial yang bertujuan membantu nasabah alam mengelola keuangan jangka panjang. Jika hanya berorientasi pada keuntungan, memang benar keuntungan bisa didapa tetapi tentu tak akan lebih besar jika berorientasi sosial. Dalam arti, bukan memaksa tetapi memberi edukasi tentang pengelolaan keuangan jangka panjang yang lebih baik. Sehingga calon nasabah tidak akan merasa terpaksa tetapi akan dengan senang hati menerima produk asuransi yang ditawarkan.

7. Rekut Tim

Bekerja sendiri memang bagus karena keuntungan akan bisa dinikmati sendiri, tetapi jika ingin sebuah bisnis asuransi berkembang maka harus diputuskan untuk merekrut agen dan membangun sebuah tim yang solid. Hal ini penting, karena selain meningkatkan keuntungan secara lebih, ini juga dapat membantu menjaga konsistensi serta membangun motivasi menjadi lebih stabil.

Ini karena setiap anggota bisa saling bertukar pengalaman dan pikiran untuk saling membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi ketika bertemu calon nasabah. sebab, bisnis asuransi yang sukses juga karena  faktor kekuata tim yang solid.

8. Fokus pada Tujuan

Menjalankan bisnis asuransi sama seperti bisnis lainnya, harus fokus pada tujuan. Karena usaha yang luar biasa namun tanpa adanya sebuah tujuan yang jelas, sama saja omong kosong belaka. Jadi menjalankan bisnis asuransi harus fokus pada sebuah tujuan yang ingin dicapai.

Sponsors Link

Baca juga:

9. Tetapkan Goal

Dalam berbisnis sangat penting menjalankannya dengan sebuah goal atau tujuan, dengan begitu setiap usaha yang dilakukan akan berorientasi pada goal sehingga tak ada yang sia – sia. Tentukan goal mulai dari yang terkecil, jangka pendek seperti goal per hari, minggu atau bulan. Lalu tetapkan dan goal untuk jangka yang lebih panjang, hal ini penting untuk menjaga motivasi diri dan juga tim.

Demikian, cara sukses bisnis asuransi yang mungkin bisa dicoba. Dalam berbisnis resiko kegagalan sudah pasti mengintai, namun dengan tekad yang kuat sebuah bisnis akan berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis