Sponsors Link

11 Cara Bisnis Properti Kecil Kecilan yang Wajib Dicoba

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang sangat menggiurkan. Karena jika dibandingkan dengan bisnis-bisnis lainnya, bisnis properti adalah bisnis yang tidak mengenal kata rugi. Pasalnya, nilai properti selalu mengalami kenaikan disetiap waktunya. Semakin berkembangnya bisnis properti ini, kini untuk memulai bisnis properti bukan lagi sesuatu yang rumit dilakukan. Terdapat cara mudah yang bisa anda tiru bahkan anda bisa memulainya dengan skala yang kecil terlebih dahulu.

ads

Berkembangnya bisnis properti ini karena kebutuhan akan properti yang semakin meningkat. Terlebih dengan harga yang mulai bervariasi dan semakin banyaknya tawaran ‘menggiurkan’ yang menjadikan properti semakin dicari.

Jika anda ingin terjun kedunia properti, ada baiknya ada memulainya dari tahap yang kecil-kecilan sehingga ketika anda mencoba untuk bermain dalam skala yang lebih besar, anda sudah tahu cara ampuh apa saja yang bisa menarik konsumen. Apabila anda bingung bagaimana Cara Bisnis Properti Kecil Kecilan, berikut adalah cara ampuhnya:

1. Target Pasar

Target pasar adalah salah satu hal yang harus anda tetapkan sebelum memulai bisnis ini. Masyarakat golongan apa yang menjadi target pasar anda. Apakah untuk masyarakat golongan atas, golongan menengah, atau golongan kelas bawah. Menentukan target pasar menentukan motivasi anda dalam bekerja nantinya.

Baca juga:

2. Pilih Jenis Properti

Setelah menentukan target pasar yang hendak dituju, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis properti yang akan anda bisniskan. Properti yang paling umum di jual adalah tanah, rumah, serta ruko. Karena selain harga yang selalu naik, kebutuhan akan tiga properti ini selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

3. Pendekatan

Pendekatan adalah hal yang sangat penting dilakukan terlebih jika bisnis properti anda baru tahap ‘kecil-kecilan.’ Pendekatan disini maksudnya adalah pendekatan secara emosioanal kepada pemiliki properti. Anggap saja properti yang anda ingin bisniskan berupa tanah.

Jika anda ingin memulai bisnis properti kecil-kecilan bahkan tanpa biaya, mungkin anda bisa mencoba mendekati pemiliki tanah yang menurut anda memiiki prospek yang bagus jika dibangun waterboom. Dalam pendekatan ini yang harus anda lakukan adalah meyakinkan bahwa tanah yang saat ini sedang ‘tidur’ itu memiliki prospek yang bagus untuk bisnis. Anda harus meyakinkan itu kepada pemiliknya.

Baca juga:

Lalu apakah harus membeli? Anda tidak perlu membeli. Hanya perlu meyakinkan pemiliknya bahwa anda siap mengelola tanah tersebut dan menjanjikan keuntungan yang didapat kelak dapat dibagi sama rata sesuai perjanjian.

Jika sudah mendapatkan persetujuan, yang perlu anda lakukan adalah mendatangi teman anda yang bisa menggambar untuk membuatkan anda desain waterboom. Saat desain sudah jadi inilah kemudian anda bisa mencari investor untuk dapat membantu anda mewujudkan bisnis properti ini.

Sponsors Link

4. Pembuatan Website

Saat ini internet adalah primadona segala aktifitas. Hampir setiap sendi aktifitas yang dilakukan masyarakat modern saat ini berpusat pada internet yang menjadikan internet sebagai salah satu media promosi yang tepat untuk anda coba. Terlebih, dengan internet anda sudah pasti akan memangkas banyak pengeluaran karena efektifitasnya.

Misalnya saja dengan membuat website. Saat ini website sama seperti ponsel pintar dimana sudah hampir semua orang bisa memilikinya. Hal ini karena website dinilai lebih efektif dalam memperkenalkan produk properti yang anda miliki kepada masyarakat luas. Bahkan, dengan website ini pasar anda tidak akan terbatas hanya di sekitar tempat tinggal anda saja. Orang- orang yang berada diluar negeri juga memiliki kemungkinan menjadi konsumen anda.

Website yang anda buat bisa tentang tips dan trik jitu seputar properti yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin tahu lebih banyak tentang properti. Selain itu, dengan adanya website ini anda bisa membuat situs jual-beli properti yang menjadikan website anda memiliki banyak kelebihan dibanding website serupa.

Baca juga:

ads

5. Berkumpul Dengan Forum

Setelah anda membuat website, yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah bergabung dalam forum-forum. Baik forum yang ada di internet ataupun forum yang ada di tempat-tempat lainnya. Namun usahakan forum yang anda ikuti adalah forum tentang properti ataupun marketing. Karena disana anda akan mendapatkan apa yang anda butuhkan. Seperti misalnya trend properti yang sedang ramai saat ini, cara menentukan nilai jual, cara memasarkan properti yang baik, ataupun cara-cara lainnya. Dengan mengikuti forum seperti ini, anda akan mendapatkan pengetahuan baru bahkan kenalan yang lebih senior dan berpengalaman dalam bisnis properti sehingga anda bisa belajar banyak kepadanya.

6. Aktif Di Media Sosial

Media sosial juga termasuk perkembangan jaman modern. Tanpa perlu keluar dari rumah, dengan media sosial, kita bisa bercengkrama dengan teman-teman yang jauh diluar kota. Selain banyak dijadikan sebagai sarana promosi, media sosial juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat dan caranyapun sangat mudah dilakukan.

Setelah anda menentukan jenis properti yang ingin anda tekuni, tahap selanjutnya adalah mulai mengedukasi teman-teman anda di media sosial tentang pentingnya kebutuhan akan properti. Anda bisa membagikan artikel-artikel tentang pentingnya properti, menuliskan kiat-kiat untuk mulai bisnis properti, ataupun tentang keuntungan dari bisnis properti. Lakukan hal ini secara konsisten dan terus menerus sehingga memberi kesan kepada teman-teman anda bahwa anda adalah seorang yang ahli dalam bidang properti. Jika anda berhasil mengedukasi dan meyakinkan teman-teman anda di media sosial, sudah pasti ketika mereka membutuhkan properti atau sekedar tips mendapatkan properti yang diinginkan, mereka pasti akan menghubungi anda. Dan jika itu sudah terjadi, anda hanya perlu menawarkan mereka properti yang anda miliki.

7. Berikan Detail

Setelah ada yang mengubungi anda menanyakan properti, disinilah anda mulai menawarkan mereka properti yang anda miliki. Misalnya saja properti Waterboom tadi. Yang perlu anda lakukan adalah menjelaskan kepada mereka secara detail dari properti yang anda miliki sejelas mungkin sehingga mereka mendapatkan gambaran yang riil tentang properti anda walaupun mungkin properti anda belum ada. Namun dengan penjelasan yang detail, kemungkinan mereka menjadi konsumen anda sangat besar. Anda hanya perlu meyakinkan mereka bahwa properti anda memiliki banyak kelebihan dan mereka tidak akan rugi jika memilikinya.

Baca juga:

8. Berikan Promo

Promo merupakan salah satu hal yang paling dicari. Terlebih jika mendekati hari-hari besar nasional ataupun hari raya. Jadi buatlah promo yang menarik untuk memancing calon konsumen mendekat. Seperti misalnya cicilan yang awalnya 40 bulan menjadi 38 bulan ataupun DP 0%. Karena propery termasuk kebutuhan primer manusia, sudah pasti promo yang diberikan akan sangat berpengaruh pada bisnis properti kecil-kecilan anda ini.

Sponsors Link

9. Berikan Jaminan Dan Garansi

Jika anda menekuni bisnis propery rumah, cara ini cukup ampuh untuk memikat hati calon konsumen anda untuk membeli properti anda. Yaitu berikan mereka jaminan jika suatu saat properti yang anda jual bermasalah. Seperti misalnya memberikan jaminan bahwa anda siap mengurus PBB ataupun Akta Rumah yang anda jual jika ternyata dikemudian hari PBB atau Akta Tanah yang ada bermasalah.

Baca juga:

10. Jadi Agent Properti

Cara berikut ini juga dapat anda coba jika ingin berbisnis properti kecil-kecilan. Karena walaupun anda tidak memiliki properti yang ingin dijual anda tetap bisa bisnis properti. Caranya adalah menjadi agent properti. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengumpulkan data sebanyak-banyaknya tentang berbagai jenis properti untuk kemudian anda tawarkan kepada target pasar anda. Namun untuk cara ini, pengetahuan anda tentang keadaan yang sebenarnya dari properti itu harus benar-benar anda kuasai. Memberikan keterangan yang dibuat-buat secara berlebihan akan merugikan anda kelak.

11. Bisnis Homestay

Bisnis ini bisa anda jadikan alternatif jika anda memiliki rumah yang cukup besar dengan jumlah kamar yang cukup banyak. Caranya adalah dengan menyewakan kamar tersebut dengan pembayaran satu bulan sekali. Banyak orang diluar sana yang membutuhkan kamar seperti misalnya karyawan ataupun mahasiswa. Bisnis Homestay ini merupakan salah satu bisnis yang cukup menggiurkan terlebih dengan modal yang relatif kecil. Jika anda bisa memberikan promo yang menarik, bisnis Homestay ini bisa menjadi bisnis yang memiliki prospek yang cerah.

Baca juga:

Itulah 11 Cara Bisnis Properti Kecil Kecilan yang bisa anda coba. Dengan 11 cara bisnis properti kecil-kecilan diatas, anda bisa mendapatkan keyakinan bahwa bisnis properti tidak selalu tentang modal uang dengan jumlah yang besar. Dengan modal yang kecil bahkan bisa gratis, anda sudah bisa memulai bisnis properti kecil-kecilan ini. Apakah anda memiliki cari bisnis properti kecil-kecilan yang lain? Silahkan tuliskan cara anda tersebut di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Oleh :
Kategori : Bisnis