Sponsors Link

Karakteristik Ekonomi Makro dalam Perekonomian

Ekonomi makro merupakan sebuah konsep dari ilmu ekonomi yang cakupan atau ruang lingkupnya besar. Hal ini sesuai dengan namanya yakni makro yaitu besar. Berarti setiap hal-hal atau permasalahan perekonomian yang besar atau strategis menjadi pembahasan dari ekonomi makro. Mungkin kita masih bertanya – tanya mengenai ruang lingkup yang besar itu seperti apa. Secara umum ruang lingkup ekonomi makro adalah: (Baca juga : ruang lingkup ekonomi moneter , Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi)

1. Pengeluaran dan pendapatan

Dalam menjalankan tugasnya pasti pemerintah melakukan berbagai upaya dan cara untuk mensejahterakan rakyatnya terutama dalam perekonomian, tentu hal tersebut membutuhkan sebuah dana yang harus dikeluarkan, dana ini disebut dengan pengeluaran. Pengeluaran nasional merupakan total keseluruhan nilai produksi suatu negara dalam waktu yang telah ditentukan. Tentu segala bentuk pengeluaran akan menghasilkan sebuah hasil yang disebut dengan keberhasilan. Dua hal ini selalu berdampingan dan dibutuhkan oleh sebuah negara terutama dalam perekonomian selain itu dua hal ini menjadi aspek penting dalam ekonomi sehingga masuk ke dalam ekonomi makro. (Baca juga : konsep pendapatan nasional , sumber pendapatan daerah)

2. Pengangguran

Pengangguran merupakan salah satu masalah yang sulit ditumpaskan oleh pemrintah. Sampai saat inipun lapangan pekerjaan kalah banyak dengan jumlah penduduk Indonesia, maka timbulah pengangguran. Hal ini akan menjadi bahaya jika tidak segera diselesaikan karena akan menjadi tanggungan atau pengganggu bagi perkembangan ekonomi suatu negara. Karena pengangguran merupakan permasalahan yang serius dan membutuhkan banyak cara untuk mengatasimya. Maka tidak bisa ditawar lagi bahwa pengangguran meupakan permasalahn yang masuk dala pembahasan ekonomi makro. (Baca juga : pengertian motif ekonomi , Teori Ekonomi Makro )

3. Inflasi dan deflasi

Dalam perekonomian pasti kita tidak asing dengan kenaikan harga sebuah produk, dimana hal ini terjadi sebagai bentuk mperlindungan diri ekonomi dari situasi dan kondisi yang terjadi saat itu. Tentang harga dalam ekonomi kita pasti mengenal dua istilah ini yakni inflasi dan deflasi. Inflasi merupakan kondisi dimana semua harga bahan pkok dan lainnya naik. Sedangkan deflasi adalah kondisi dimana semua harga turun. Dua hal ini masuk ke dalam pembahasan ekonomi makro.

Artikel terkait :

Itulah beberapa poin yang termasuk ke dalam ruang lingkup ekonomi makro. Selanjutnya kita akan membahas mengenai karakteristik ekonomi makro, yakni :

  • Harga adalah nilai yang diperoleh dari komoditas secara agregat (keseluruhan atau menyeluruh).

Dalam ekonomi makro pasti kita menemui tentang persoalan harga, segala bentuk yang berhubungan dengan uang maka ekonoimi makrolah yang membahas. Selain itu dengan adanya ekonomi makro ini semua pihak bisa mengantisipasi dan menerapkan sebuah kebijakannya ketika terjadi sesuatu atau persoalan mengenai harga. Bukan hanya itu ekonomi makro juga berperan sebagai stabilitas tingkat harga pasaran. (Baca juga : kebijakan ekonomi makro , manfaat ekonomi mikro)


  • Pembahasa mengenai persoalan ekonomi yang strategis serta menyeluruh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ekonomi makro merupakan aspek yang khusus membahas mengenai ekonomi dalam ruang lingkup besar serta menyeluruh. Ada beberapa persoalan atau kegiatan yang menjadi pembahasan ekonomi makro khususnya kegiatan yang dilakukan oleh pelaku ekonomi seperti pemerintah, produsen, konsumen, lembaga keungan dan lainnya. Kegiatan tersebut antara lain investasi, inflasi dan deflasi, produksi dan lain sebagainya.(Baca Juga: peran kebijakan fiskal , hukum permintaan dan penawaran)

  • Terfokus pada segala bentuk pengaruh kegiatan ekonomi secara menyeluruh

Ekonomi makro juga berperan sebagai alat untuk mendeteksi segala bnetuk pengaruh yang timbul akibat kegiatan ekonomi, baik dampak buruk maupun positif akan menjadi pembahasan ekonomi makro dengan harapan mampu memperbaiki keadaan serta mengembanagkan perekonomian suatu negara.

Baca juga :

Demikian penjelasan mengenai karakteristik yang dimiliki oleh ekonomi makro, dimana ekonomi makro fokus dan khusus membahas segala sesuatu yang menyangkut perekonomian skala besar. (Baca juga : aspek ekonomi makro)

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro