Sponsors Link

11 Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kecil

Waluapun termasuk salah satu jenis usaha berskala rendah dan berbeda dengan usaha skala besar namun, usaha kecil juga memiliki peranan tersendiri di dalam perekonomian sebuah negara. Dimana ada beberapa ciri-ciri usaha kecil yang akan menentukan tingkat kestabilan dari perekonomian negara. Karena ekonomi suatu negara tidak akan berjalan dengan semestinya jika tidak ada aktifitas dan pengembangan dari usaha kecil yang akan menjadi dasar dan pondasi dari adanya usaha menengah hingga usaha berskala besar dan merabah menuju ekonomi dna pasar Internasional. Nah berikut akan kita jabarkan pengertian dan penjelasan akan kelebihan dan kekurangan usaha kecil dibawah ini:

ads

Kelebihan Usaha Kecil

Beberapa jenis kelebihan yang dimiliki oleh usaha kecil adalah sebagai berikut:

  1. Kepemilikan

Didalam kepemilikan sebuah usaha kecil maka manajer perusahaan akan memiliki fungsi ganda dan merangkap sebagai semua fungsi dari manajerial seperti administrasi, keuangan dan juga marketing. Ini adalah salah satu kelebihan yang hanya dimiliki oleh usaha kecil dimana akan meminimalisir biaya yang akan dikeluarkan untuk menggaji beragam tugas yang di embankan terhadap karyawan anda. Kareena pada jenis usaha kecil tidak membutuhkan beragam pembagian fungsi kerja yang terlalu mendetai dan spesifik.

2. Lapangan Kerja

Salah satu keunggulan lain yang dimiliki oleh usaha kecil adalah membantu dalam menyediakan lapangan kerja yang baru, jasa-jasa baru, barangan baru, sumber daya baru dan inovasi terbaru. Karena usaha kecil lebih mudah di bangun dan dikelola maka tidak jarang kita kian banyak menemukan beberapa jenis usaha kecil yang kian marak akhir-akhir ini. Hal ini tentunya akan sangat membantu khususnya pemerintah untuk menyediakan banyaknya lapangan kerja baru bagi para pekerja yang masih belum mendapatkan lahan pekerjaan yang baik dan cocok. Dan juga usah kecil terbilang lebih kreatif dan memiliki segudang ide-ide baru yang lebih innovatif.

3. Fleksibel

Fleksibel juga merupakan salah satu kata yang tepat dalam menggambarkan kelebihan dari usaha kecil ini, dimana contohnya banyak sekali sekarang kita jumpai usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga. Usaha kecil bersifat fleksibel dan memiliki bentuk fluktuasi dari jangka pendek namun sayangnya sebagian banyak usaha kecil tidak memiliki rencana jangka panjang. Dimana banyak terdapat faktor-faktor krgagalan usaha yang terjadi akibat ketidakmatangan rencana jangka panjang dari sebuah usaha.

4. Kebebasan

Usaha kecil memiliki kebebasan yang kadang tidak dimiliki oleh usaha besar. Dimana pemegang usaha kecil bisa dengan lebih leluasa dalam menentukan harga atas produksi jasa maupun barang yang mereka miliki tersebut. Karena merekalah pemegang dari segala sumber aset kekayaan dan hasil produksi tentunya bisa di tentunkan dengan mudah oleh mereka sendiri.

5. Kesederhanaan Prosedur Hukum

Usaha kecil hanya membutuhkan prosedur hukum sederhana untuk mendirikannya. Mereka tidak memerlukan sebuah bentuk hukum yang kompleks hanya demi mendirikan sebuah badan hukum. Berbeda dengan sebuah usaha besar yang harus memiliki landasan hukum serta pernyataan resmi dari notaris agar boleh berdiri dan mampu berjalan sendiri.

6. Pajak

Bicara masalah mendirikan sebuah usaha tentunya tidak akan jauh melenceng dari topik pembahasan pajak. Dimana sebuah usaha yang berdiri akan membayar sejumlah pajak dan ini akan berlaku lebih ringan bagi usaha kecil. Karena yang dibebankan untuk membayar pajak adalah pemilik (pribadi) bukan usaha yang dimilikinya.

7. Status

Seperti halnya anda ketika mempelajari cara membuka usaha dengan modal kecil maka anda akan mengetahui bahwa status dari usaha kecil bisa di dapatkan dengan mudah dibandingkan dengan usaha besar. Nah, ini juga merupakan salah satu kelebihan dimana pemilik dari usaha kecil ini bisa sewaktu-waktu membubarkan usahanya kapan saja sesui dengan kehendak sang pemilik.

Sponsors Link

Beberapa kelebihan lainnya yaitu:

  • Pemilik dari usaha kecil bisa dengan leluasa mengelola usaha tersebut secara mandiri kapan saja tanpa batasan waktu.
  • Pemilik akan langsung menerima keseluruhan lana yang di hasilkan oleh usaha tersebut.
  • Perusahaan kecil pada umumnya bisa bertahan dan survive karena perusahaan besar yang terkena dampak inflasi maka harus memPHK sebagian karyawan dimana usaha kecil tidak akan terjadi hal yang sama.
  • Cocok untuk dijadikan sebagai pengelola dari usaha atau ide kreatif usaha baru yang masih fresh dan belum memiliki banyak pesaing.
  • Bisa memberikan kemudahan dan juga peluang dalam pemerintahan sistim di Indonesia.
  • Usaha yang dikembangkan selalu berkembang dan berinovasi sesuai dengan adanya keratifitas dari para pengelola usaha tersebut.
  • Karena memiliki skala yang kecil maka usaha kecil ini tidak memerlukan investasi dan membutuhkan modal yang besar. Karena biaya investasi termasuk minim mengingat peralatan yang di gunakan masih dalam taraf sederhana.
  • Para pekerja bisa di rekrut dari background pendidikan biasa asal mau bekerja dan bertanggung jawab atas pekerjaan mereka

Kelemahan Usaha Kecil

Berikut beberapa kelemahan dari usaha kecil, yaitu:

8. Pembagian Kerja

Sperti yang terjadi pada cara usaha kecil-kecilan di desa, maka pembagian kerja yang di miliki oleh usaha kecil ini tidak jelas dan tidak proporsional. Dimana jumlah karyawan yang terbatas tersebut kadang kala harus berusaha lebih keras dan bekerja melebihi batasan jam kerja karena tidak adanya pembagian pekerjaan yang tersusun secara spesifik.

9. Perencanaan Kas

Adanya kelonggaran dalam perencanaan kas akan menyebabkan kebutuhan dari modal kerja akan semakin kabur dan ini disebabkan oleh perencanaan kas yang tidak baik.

10. Pemasaran produk

Terkadang masalah yang timbul dan menjadi salah satu kekurangan dari usaha kecil adalah tentang produk yang jarang laku dikarenakan persediaan barang produksi dari mereka amatlah tinggi.

11. Manajemen Usaha

Karena pada usaha kecil biasanya manajemen usaha tidak di susun dan dibentuk sedetail dan sebagus dari usaha besar maka banyak yang menyebabkan keterbatasan akan maslaah finansial. Dimana sumber utama modal dari usaha kecil ini hanyalah bergantung pada sangpenilik atau pengusaha tersebut.

Sponsors Link

Beberapa kelemahan usaha kecil yang lainnya yaitu :

  • Perencanaan dan juga program dari sebuah pengendalian usaha belum di jabarkan dan dirumuskan
  • Resiko pinjaman atau hutang dari usaha kecil ini akan otomatis menjadi tanggungan si pemilik.
  • Karena hanya berpatokan kepada ambisi dan intuisi sang pemilik atau pengelola maka usaha kecil seringkali kehabisan dan kekurangan informasi.
  • Memiliki SDM yang terbatas dimana semua pekerjaan akan semakin rentan terhadap masalah ddimana peara pengganti pekerja akan sulit di temukan dan memakan waktu jika pekerja lama mengundurkan diri atau berhenti secara tidak langsung.
  • Karena tidak ada bagian khusus untuk pemasaran maka usaha kecil akan lebih sulit untuk memasarkan hasil produksi mereka.
  • Usaha kecil tentunya tidak akan pernah melakukan studi kelayakan maupun studi pasar.

Demikianlah pemabahasan terkait kelebihan dan kekurangan usaha kecil yang harus anda ketahui. Karena ada beberapa aspek yang amat penting untuk menjadi bahan pertimbangan ketika anda hendak bergabung atau mendirikan sendiri usaha kecil tersebut.

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro