Sponsors Link

20 Cara Menabung Anak Kuliah Paling Mudah dan Efektif

Kehidupan kampus jelas penting dalam kehidupan siapa pun. Para mahasiswa yang sedang kuliah terpapar pada suasana yang benar-benar baru. Pada titik ini, mereka dapat menikmati kebebasan sebagai siswa. Pada saat yang sama, mereka harus belajar banyak hal untuk menjadi sukses di tahun-tahun mendatang. Itu karena sebagian besar siswa harus menetap dalam kehidupan setelah menyelesaikan studi yang lebih tinggi seperti kelebihan dan kekurangan menabung dibank. Oleh karena itu mereka perlu dipersiapkan dengan baik di muka. Salah satu hal paling penting yang perlu dipelajari mahasiswa adalah menghemat uang secara efektif. Ini membantu mereka untuk belajar bagaimana mengelola dana mereka dalam keadaan tertentu di kemudian hari. Berikut adalah beberapa cara terbaik dan cepat bagi para mahasiswa untuk menghemat uang.

ads

1. Menyimpan Uang Dengan Biaya Yang Tidak Perlu

Anda akan terkejut betapa banyak yang dapat Anda hemat ketika Anda memotong beberapa kebiasaan Anda. Misalnya, Anda dapat menghemat uang ketika Anda tidak membeli dengan dorongan hati. Hindari menyerah ketika Anda berjalan di dekat toko dan Anda melihat gaun yang sangat Anda sukai sehingga Anda menghabiskan semua uang yang Anda miliki di saku Anda untuk membelinya tanpa rencana sebelumnya untuk melakukannya. Untuk menghemat biaya, Anda mungkin perlu berjalan atau naik kendaraan umum alih-alih mengendarai mobil Anda sendiri. Anda harus membeli pakaian selama musim liburan ketika diskon mencapai puncaknya. Hal-hal kecil ini akan sangat membantu Anda menghemat uang.

2. Menyimpan Uang Di Buku

Di perguruan tinggi, umumnya dosen  mengajar siswa dari catatan atau data lain yang dikumpulkan oleh mereka melalui penelitian. Oleh karena itu, persyaratan untuk buku pelajaran dikurangi atau benar-benar dikesampingkan dalam beberapa kasus. Sebelum benar-benar membeli atau mendapatkan buku teks di sewa, Anda harus melakukan beberapa penelitian untuk memeriksa apakah Anda benar-benar membutuhkan buku. Catatan dari siswa lama atau dari sumber online juga dapat mencukupi tujuan Anda. Ini pada gilirannya akan menghemat uang Anda yang sebaliknya dihabiskan untuk membeli atau menyewa buku teks. Atau, Anda mungkin lebih suka menggunakan buku bekas dengan tarif yang relatif lebih murah.

3. Menghemat Uang Pada Fasilitas Dasar

Ada hal-hal tertentu yang perlu dimiliki mahasiswa ketika tinggal jauh dari rumah mereka . Ini mungkin termasuk barang-barang furnitur, lemari es, peralatan, barang pecah-belah dll. Daripada membeli semua barang-barang ini dari pasar Anda dapat memeriksa di kampus perguruan tinggi jika ada beberapa hal yang tidak terpakai yang ditinggalkan oleh para siswa lama. Rupanya, para siswa lama mungkin telah memanfaatkan hal-hal ini tanpa membayarnya. Anda juga bisa mencari tahu di lokasi sekolah jika ada penawaran untuk fasilitas gratis yang dapat Anda gunakan selama masa tinggal Anda. Atau, Anda dapat memeriksa ruang penyimpanan kampus Anda di mana semua hal tersebut ditumpuk. Setelah mengambil izin dari pihak berwenang, Anda bisa mendapatkan barang-barang ini secara gratis atau dengan harga lebih murah.

4. Menghemat Uang Pada Belanja

Dengan menggunakan kupon, Anda dapat menghemat banyak uang yang dihabiskan untuk berbelanja. Kupon memungkinkan Anda untuk mendapatkan barang dengan harga diskon. Anda juga dapat membeli grosir atau memeriksa waktu yang toko dapat menawarkan diskon pada barang dagangan mereka. Terus mencari penjualan murah di pasar terdekat sehingga Anda dapat menyimpan sesuatu.

5. Mencegah Belanja Berlebihan

Siswa menghabiskan banyak uang yang tidak perlu untuk hal-hal seperti tagihan telepon, tagihan internet, dll. Semua biaya tersebut dapat dibatasi dan dikurangi dengan membuat anggaran bulanan . Anda harus benar-benar mengikuti batas anggaran Anda jika Anda serius tentang menyimpan uang. Untuk memudahkan tugas ini, gunakan kartu prabayar bukan uang tunai. Ini melarang Anda dari pengeluaran berlebihan karena Anda hanya dapat menghabiskan dalam batas kartu.

6. Menyimpan Uang Pada Sewa Akomodasi

Dengan uji tuntas, Anda dapat menemukan akomodasi gratis broker online untuk menghemat uang. Tentu saja, mendapatkan akomodasi mengharuskan Anda membayar sewa dan memiliki teman sekamar yang baik adalah pilihan bagus lainnya untuk menghemat uang. Anda dapat menghemat sejumlah uang dengan mencari online untuk menemukan akomodasi yang baik & teman sekelas dekat kampus yang akan Anda hadiri dan juga dapat membangun ikatan yang kuat dengan teman sekamar baru Anda dengan melakukan kegiatan sehari-hari bersama-sama.

Sponsors Link

7. Menghasilkan Selama Masa Kuliah

Anda memiliki sejumlah peluang yang tersedia di tangan Anda untuk mendapatkan uang saat Anda masih menjadi mahasiswa. Lihatlah di sekitar untuk beberapa pekerjaan di kampus yang menguntungkan . Sebagai contoh, Anda dapat membantu senior atau yunior Anda untuk menulis catatan atau membuat sketsa buku sains praktis mereka. Atau, mulailah mengajar yunior Anda subjek yang Anda kuasai. Bahkan membantu profesor Anda dalam pekerjaan penelitian dapat membantu Anda menghasilkan sesuatu. Membantu pustakawan perguruan tinggi atau petugas laboratorium Anda juga merupakan pilihan bagus untuk mendapatkan sesuatu seperti cara mengatur uang bulanan mahasiswa.

8. Mendapatkan Bantuan Keuangan Tambahan

Bertentangan dengan kepercayaan populer bahwa beasiswa hanya untuk siswa cerdas , siswa rata-rata juga dapat memenuhi syarat untuk itu. Ada lembaga atau LSM tertentu yang hanya bekerja untuk kesejahteraan siswa yang membutuhkan. Mereka membantu siswa tersebut melalui beasiswa. Anda harus mengajukan permohonan untuk semua beasiswa yang Anda anggap bisa memenuhi syarat. Siapa tahu Anda mungkin mulai mendapatkan banyak uang melalui beasiswa tersebut seperti bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan.

9. Menggunakan Sumber Daya Yang Tersedia Untuk Siswa

Sebagai siswa, adalah bijaksana bahwa Anda mencari peluang yang akan membuat Anda membelanjakan lebih sedikit. Apakah itu di dalam kampus atau di luar itu, Anda dapat meminta diskon khusus untuk siswa. Ingat untuk selalu membawa kartu ID Anda bersama Anda. Layanan karir juga merupakan pilihan yang baik dalam hal ini karena menawarkan bantuan kepada siswa untuk mencari peluang yang lebih baik di masa depan tanpa biaya bahkan satu sen. Anda harus tetap waspada dan terus mengeksplorasi semua peluang dan memanfaatkan hal yang sama untuk keuntungan maksimal Anda.

Sponsors Link

Selain 9 Hal diatas berikut metode cara menabung anak kuliah selanjutnya:

  1. Beli atau sewa buku teks bekas dan jual buku semester terakhir kembali.
  2. Jangan melakukan pembelian impulsif.
  3. Jangan pergi berbelanja ketika Anda lapar.
  4. Batasi jumlah berapa kali Anda makan di luar bulanan.
  5. Jangan Berfoya-foya: merokok dan pesta minuman keras sangat buruk bagi Anda dan mahal.
  6. Selalu membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari biaya keterlambatan.
  7. Jika Anda memiliki kartu kredit, bayarlah secepat mungkin.
  8. Berjalan, gunakan transportasi umum atau naik sepeda daripada memiliki mobil.
  9. Tinggal dengan orang lain sehingga Anda dapat membagi sewa dan utilitas.
  10. Potong paket kabel mahal yang tidak Anda butuhkan.
  11. Pertimbangkan paket atau paket ponsel yang lebih mendasar yang menyertakan SMS tanpa batas dengan panggilan masuk gratis

Tentu saja, kehidupan kampus memberi Anda kesempatan untuk merencanakan masa depan yang lebih baik. Cara apa yang lebih baik untuk memulai rencana daripada belajar bagaimana Anda dapat memaksimalkan peluang untuk menghemat uang, terutama pada saat-saat ketika Anda mungkin tidak mendapatkan uang sebanyak itu. Banyak yang telah menemukan berbagai cara untuk menghemat uang sebagai mahasiswa dengan mengikuti erat kiat yang disebutkan dalam artikel ini. Dengan mengikuti tips sederhana ini, Anda dapat menghemat uang secara efektif dan juga bijaksana sebagai mahasiswa. Akhirnya, Anda akan menemukan kepuasan saat Anda membangun kepercayaan diri Anda untuk masa depan yang lebih baik.

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning