Sponsors Link

11 Cara Menabung Uang Jajan 10000 Cepat dan Mudah

Sebenarnya, cara menabung tidak hanya diperuntukan untuk orang-orang yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan tetap, seperti cara menabung dengan cepat untuk anak sekolah. Ada beragam cara yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk menabung terutama bagi anak sekolahan yang masih mengandalkan pemberian uang jajan dari orang tua. Tidak jarang banyak dari siswa yang hanya memiliki uang jajan terbatas seperti 20.000 bahkan 10.000 hingga 5.000. Sebenarnya ini angka yang relatif wajar karena anak sekolah masih ditanggung biaya lainnya oleh orang tua mereka.

Namun coba lihat postingan cara menabung untuk mebeli HP bagi pelajar ini, pastinya anda yang berstatus pelajar juga memiliki keinginan untuk mendapatkan atau mebeli sesuatu tanpa merepotkan orang tua bukan? Nah disinilah kami akan meberikan beberapa cara menabung uang jajan 10.000 terampuh yang bisa di jadikan patokan untuk menabung tanpa susah payah dan bisa menghasilkan dalam waktu singkat.

1. Buat anggaran

Ini mencakup semua jenis kebijaksanaan konvensional: Jangan berbelanja saat Anda lapar, kelola pinjaman Anda, atau hentikan biaya yang tidak perlu. Alih-alih membuat daftar kiat, Anda dapat mencari tahu sendiri, kami hanya menyarankan untuk memulai anggaran. Apa yang diukur akan dikelola. Hanya mencatat apa yang masuk dan keluar dari rekening bank Anda akan membuat Anda fokus pada biaya pembelian Anda, dan Anda akan secara otomatis mulai menabung.

Untungnya, teknologi telah membuat penganggaran kurang dari tugas. Tidak lagi kita menghabiskan berjam-jam di atas meja dapur mengisi spreadsheet. Aplikasi penganggaran modern terhubung ke akun bank Anda dan secara otomatis melacak pembelanjaan. Anda hanya perlu sesekali meninjau angka dan menyesuaikan kategori seperti tips menabung untuk masa depan

2. Beli buku teks bekas, dan jual yang lama

Meskipun sekarang kita ada di era revolusi digital, banyak siswa masih perlu membeli buku-buku teks pegunungan, seharga ratusan dolar masing-masing! Setidaknya para pembaca kursus sebagian besar telah digantikan oleh unduhan pdf. Daripada membeli buku teks Anda yang baru, gunakan beberapa pusat perbelanjaan online dan cari buku bekas. Anda dapat dengan mudah menghemat 50% – 80%, dan banyak buku teks bekas hampir tidak digunakan. Setelah Anda selesai dengan mereka, jual di situs yang sama! Anda sering dapat menjualnya dengan harga yang sama dengan Anda membelinya .

3. Jangan menggunakan kendaraan pribadi

Kendaraan pribadi adalah salah satu hal termahal yang bisa Anda miliki, dan tidak memilikinya adalah cara yang baik untuk menghemat uang sebagai seorang siswa. Serta biaya dimuka, ada rego, asuransi, parkir, pemeliharaan, dan bahan bakar. Menggunakan opsi transportasi yang lebih murah dapat menghemat tumpukan uang tunai. Transportasi aktif adalah yang termurah dan terbaik untuk Anda.

Ketika Anda perlu mengambil perjalanan yang lebih panjang, transportasi umum adalah pilihan terbaik berikutnya, terutama pada tarif siswa. Untuk saat Anda membutuhkan mobil, gunakan layanan berbagi mobilyang memiliki harga menarik bagi siswa. Anda juga dapat menggunakan layanan ride-share seperti Uber  ketika Anda perlu melakukan perjalanan satu arah.

4. Buatlah makanan lebih dulu

Membeli makan siang di kafe memang lebih mudah dan nyaman. Tapi itu mahal, dan mungkin tidak baik untuk Anda. Sebaliknya, temukan resep yang membekukan dengan baik dan membuat banyak porsi setiap Minggu (atau hari apa pun yang nyaman). Dengan berbelanja dalam jumlah besar dan membuat makanan sendiri, Anda mungkin akan menghemat uang jajan per hari untuk makanan.

5. Cari Diskon

Anda dapat menghemat uang sebagai siswa dengan mencari diskon yang layak Anda dapatkan ada banyak sekali! Siswa dapat menghemat perjalanan, film, makanan, perangkat lunak, dan ritel, jika Anda tahu di mana mencarinya. Jika Anda perlu membeli sesuatu yang spesifik, pastikan untuk memiliki google. Mulailah dengan googling nama produk dan ‘siswa’. Misalnya, ‘Adobe Photoshop students’ membawa Anda ke halaman diskon siswa dan guru. Demikian pula, pencarian sejumlah website terpercaya membawa Anda ke halaman tarif siswa yang didiskon .


6. Jangan punya hewan peliharaan

Hewan peliharaan itu mahal, lebih dari seribu dolar per tahun . Karena waktu yang dihabiskan untuk merawat mereka dapat dihabiskan untuk belajar atau bekerja, itu juga biaya. Hidup bebas hewan peliharaan akan menghemat biaya berkelanjutan serta biaya kejutan yang mungkin tidak Anda harapkan.

Tidak memiliki hewan peliharaan juga memberi Anda lebih banyak kebebasan. Siswa cenderung bepergian, pergi keluar, dan pindah rumah (atau negara) lebih sering daripada masyarakat umum. Memiliki hewan peliharaan dapat sangat mengurangi fleksibilitas itu, karena hewan peliharaan benar-benar membutuhkan lingkungan yang stabil.

7. Potong langganan yang tidak perlu

Ini harus menjadi fokus yang sangat penting ketika Anda membuat anggaran Anda. Satu-satunya yang lebih mahal daripada pembelian satu kali adalah berlangganan! Atau pembelian satu kali lebih besar, tentu saja. Dengan melakukan pemeriksaan langganan Anda secara teratur, Anda akan memotong pembayaran rutin yang tidak Anda gunakan sebelum biaya terlalu mahal. Anda juga dapat mempertimbangkan apakah ada alternatif gratis atau lebih murah. Alih-alih keanggotaan gym, mungkin Anda bisa bepergian dengan bersepeda atau bergabung dengan tim olahraga? Daripada memperbarui kontrak ponsel Anda, mungkin Anda dapat melakukan prabayar?

8. Kreatiflah dengan aktivitas Anda

Salah satu biaya non-esensial terbesar bagi siswa adalah kehidupan sosial Anda. Sebagian besar kegiatan sosial membutuhkan uang, tetapi ada cara yang lebih murah untuk bersenang-senang. Alih-alih pergi ke restoran, mengapa tidak memiliki piknik di kebun raya? Daripada pergi ke bioskop dengan teman-teman, mengapa tidak menonton beberapa klasik di YouTube di tempat Anda?

9. Menjadi tutor

Siapa bilang siswa tidak bisa mendapatkan uang tambahan? Menjadi seorang tutor misalnya. Anda pastinya memiliki sebuah kemapuan dimana ada banyak orang lain yang kurang mengetahuinya dan cobalah membrikan ilmu kepada mereka dengan menyediakan sebuah layanan pelajaran berbayar. Tidak perlu mahal, minta saja uang sewajarnya.

10. Jual keterampilan anda

Banyak siswa yang malas melakukan  tugas dan pekerjaan rumah. Dan bagi anda yang sedang memiliki pemikiran untuk menabung dna mendapatkan uang tambahan dalam cara menabung uang jajan 10.000 ini, mengapa tidak mengambil kesempatan ini? Tawarkan jasa anda kepada teman-teman anda, seperti mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas-tugas mereka. Akan ada banyak yang menyukai layanan jasa ini.


11. Jual Barang Anda

Anda dulu adalah pemboros nakal, tetapi sekarang Anda ingin mengubah cara Anda. Mengakui itu adalah langkah pertama. Lihatlah kamar tidur Anda untuk barang atau koleksi Anda sekarang senang untuk berpisah dengan. Mungkin Anda tidak lagi membutuhkan mainan-mainan yang tertutup rapat yang Anda simpan di etalase itu? Mungkin sudah waktunya untuk memasang kembali permainan video yang baru saja dimainkan di pasar? Anda dapat membuat toko di situs online, mengatur penjualan secara offline pada teman-teman atau menghubungi penjual ulang terverifikasi untuk memindahkan barang-barang dengan tiket lebih tinggi.

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning