Sponsors Link

14 Tips Menabung Untuk Masa Depan Terampuh

Walaupun ada banyak tips menabung untuk masa depan, tapi tidak semua orang bisa menerapkannya dengan baik dan benar. Bahkan kebanyakan dari kita tidak tahu tentang cara mengatur gaji bulanan yang kecil, bukan? Sebenarnya ada banyak alasan mengapa kita harus mengetahui tentang tips menabung untuk masa depan ini, dimana beberapa diantaranya adalah untuk persiapan terburuk jika terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan di masa depan. Seperti cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak bros, berikut akan kami sajikan beragam tips mudah agar anda bisa menabung untuk keperluan masa depan tersebut.

ads

1. Tuliskan semuanya dan buat sebuah daftar

Jika Anda tidak melacak pengeluaran Anda, bagaimana bisa Anda menyimpannya? Anda perlu “memotong belaja” dan satu-satunya cara untuk melakukan ini adalah dengan benar-benar melihat pada apa yang Anda habiskan dengan uang Anda. Setiap bulan Anda harus melihat semua pengeluaran Anda (uang tunai, kredit, dll.) Dan menambahkannya ke dalam kategori terpisah. Kemudian lihat kategori-kategori itu untuk melihat di mana letak masalah Anda sehingga Anda dapat menghentikan pemborosan

2. Pikirkan sebelum bertindak

Belanja berlebihan benar-benar dapat mengambil sebagian besar dari anggaran apa pun. Yang paling buruk, jenis pembelian ini biasanya adalah hal-hal yang tidak kita perlukan. Sebelum melakukan pembelian apapun, pikirkanlah selama 24 jam penuh. Penundaan waktu ini akan membantu Anda menenangkan pikiran dan berpikir secara rasional. Setelah selesai, Anda mungkin akan menahan diri dari pembelian sama sekali seperti cara menyimpan uang untuk masa depan.

3. Pecahkan semuanya menurut perhitungan waktu 

Ketika Anda berpikir untuk membeli sesuatu, cari tahu berapa jam Anda harus bekerja untuk mendapatkannya. Misalnya, jika Anda ingin membeli kemeja seharga 1 juta dan hanya menghasilkan 50.000 per jam, itu berarti anda memerlukan banyak jam kerja untuk menebus harga kemeja tersebut, apakah layak?

4. Berbelanja dengan rencana 

Selalu buat daftar sebelum Anda berbelanja dan patuhi. Pergi ke toko tanpa daftar sama sekali berarti Anda akan berkeliaran di sekitar dan mengambil segala sesuatu di pandangan yang menggelitik selera Anda, meninggalkan Anda dengan gerobak penuh dengan pembelian.

5. Beli online

Bukan rahasia lagi bahwa belanja di internet telah menjadi besar saat ini. Tidak hanya itu sangat nyaman, tetapi seringkali jauh lebih murah daripada membeli di toko ritel lokal Anda. Pengecer internet sering memiliki biaya overhead yang lebih sedikit, dan ini memungkinkan mereka untuk meneruskan penghematan kepada Anda. Jika Anda akan melakukan pembelian, apa pun itu, lakukan pencarian daring terlebih dahulu. Anda mungkin menemukan bahwa Anda lebih baik membeli dengan cara itu.

6. Memahami Arus Kas Anda

Jadi, Anda ingin lebih banyak uang untuk disimpan untuk masa depan? Bisakah Anda melakukan ini tanpa memahami pola dan kebiasaan pengeluaran Anda saat ini? Tentu saja tidak. Periksa pengeluaran Anda setiap minggu, bukan bulanan, karena jauh lebih mudah untuk mengendalikan pengeluaran Anda. Ini lebih baik daripada disetrum oleh saldo Anda di akhir bulan seperti cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama.

7. Batasi Tagihan Bulanan

Semakin sedikit uang yang harus Anda bayar pada awal / akhir bulan, semakin banyak yang dapat Anda hemat. Anda juga lebih siap untuk keadaan darurat yang mungkin terjadi selama bulan itu.

Sponsors Link

8. Kurangi Biaya Terbesar Anda

Berusaha menghemat uang saat berpenghasilan rendah bisa sangat sulit. Kadang-kadang rasanya mustahil untuk mengurangi satu atau dua ratus ribu setiap bulan. Selain dari ide-ide hemat uang yang biasa , seperti memasak makanan di rumah dan membatalkan tagihan kabel Anda, apa lagi yang bisa Anda lakukan? Daripada mencoba memangkas pengeluaran kecil Anda, fokuslah pada yang lebih besar sehingga Anda dapat membuat lebih banyak dampak yang signifikan.

Bagi kebanyakan orang, biaya perumahan cenderung menjadi bagian terbesar dari pengeluaran mereka. Jika Anda menyewa, pertimbangkan perampingan ke rumah yang lebih kecil atau hidup dengan teman sekamar. Jika Anda memiliki rumah Anda, lihatlah apakah atau tidak pembiayaan kembali sewa Anda untuk tingkat yang lebih rendah akan bermanfaat. Anda juga dapat menyewakan ruangan atau tempat parkir untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

9. Simpan catatan

Cara terbaik untuk mengawasi pengeluaran Anda adalah dengan membuat catatan. Ini harus menjadi pengeluaran besar dan kecil. Apakah kopi mahal menggoda Anda? Buat catatan. Bahkan pembelian kecil bertambah pada akhir minggu. Anda dapat melacak pengeluaran Anda dengan mengunduh aplikasi, atau Anda bisa melakukannya dengan cara lama, dan menuliskannya.

10. Berbelanja dengan Paket

Jangan pernah berbelanja (makanan atau lainnya) tanpa daftar. Anda jauh lebih mungkin menyimpang dari daftar dengan cara ini. Untuk menghemat lebih banyak, Anda harus mengendalikan berapa banyak yang Anda belanjakan. Pilih kategori yang Anda inginkan, dan simpan sisa anggaran Anda seramping mungkin. Anda harus berkorban tetapi itu tidak mustahil. Cukup belajar untuk menghabiskan dalam jumlah sedang . Contohnya: kurangi seberapa sering Anda makan. Anda masih dapat menikmati makanan enak di restoran, namun hanya beberapa kali dalam seminggu.

11. Punya Akun Terpisah

Memiliki akun hanya untuk tagihan adalah cara yang baik untuk mengikuti mereka. Anda harus selalu mencoba memiliki satu atau dua bulan dibayar di muka. Ini akan berguna jika Anda pernah memiliki keadaan darurat keuangan. Akun ini akan berguna untuk mengatur debet langsung juga sehingga jauh lebih mudah untuk melacak tagihan Anda.

12. Rencana makan

Seharusnya tidak masalah apa jenis gaji yang Anda raih. Perencanaan makan sangat bagus untuk banyak alasan, tetapi salah satu yang paling jelas adalah menghemat uang.

13. Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Yang ini tampaknya sederhana, tetapi ini adalah salah satu tips paling penting selalu tanyakan pada diri sendiri apakah Anda membutuhkan atau menginginkan sesuatu yang ingin Anda beli. Meskipun penting untuk memperlakukan diri Anda sesekali, penting juga untuk menyimpan uang Anda di mana pun Anda bisa.

Sponsors Link

14. Rencanakan Spontanitas

Ini memang  kedengarannya bertentangan tetapi pelajari tips ini terlebih dahulu. Jika Anda memiliki jumlah tertentu yang disisihkan untuk waktu luang maka semakin kecil kemungkinan Anda untuk membelanjakan jumlah ini. Anda pada dasarnya melindungi rekening tabungan Anda dengan menyediakan saluran keluar untuk keputusan mendadak yang mungkin Anda buat. Salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan saat menabung adalah makan jadwal makan dengan mengeluarkan banyak uang lebih dari sekali seminggu. Pikirkan tentang itu. Jika Anda membeli sandwich setiap hari, ini  menambahkan uang ekstra untuk dikeluarkan.

Jika Anda membeli apa pun dari ini, pastikan untuk berpikir sebelum Anda menghabiskan uang Anda. Pikirkan tentang uang Anda dalam jangka panjang daripada jangka pendek. Merencanakan bagaimana Anda membelanjakan dan menabung benar-benar dapat membuahkan hasil di masa depan. Jika Anda ingin mengambil langkah berikutnya dan merencanakan anggaran, lihatlah tips menabung untuk masa depan ini. Selamat menabung!

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning