Sponsors Link

9 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Hemat dan Mudah Dikelola

Penganggaran dan penghematan uang tidak datang secara alami bagi banyak orang, karena alasan yang jelas: mudah dan menggoda untuk membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak penting, bahkan jika anggaran Anda ketat. Begitu juga dengan cara mengatur keuangan rumah tangga agar hemat ini seperti cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta.

ads

Jadi bagaimana Anda bisa mencapai jalur dengan anggaran yang realistis dan menghemat uang? Berikut adalah cara mengatur keuangan rumah tangga agar hemat dan beragam langkah yang harus Anda ambil untuk mengatur ulang keuangan Anda, memprioritaskan pengeluaran Anda, berurusan dengan utang apa pun yang Anda miliki, dan memangkas pajak Anda seperti cara mengatur keuangan pribadi mahasiswa.

1. Buat Anggaran Anda

Anda tidak akan maju secara finansial sampai Anda mengembangkan anggaran yang masuk akal yang merupakan salah satu yang memungkinkan untuk beberapa indulgensi dan untuk keadaan darurat dan kemudian tetap pada anggaran itu.

Penganggaran uang Anda adalah landasan dari rencana keuangan yang sehat. Anda mungkin mencemooh ide untuk membuat anggaran bagaimanapun juga, Anda cukup tahu apa yang Anda belanjakan setiap bulan, terutama pada item-item tiket besar seperti sewa rumah atau pembayaran cicilan.

Tetapi cobalah ini juga. Membuat anggaran dan kemudian mengikutinya dapat membantu Anda menemukan area di mana Anda membelanjakan lebih dari yang Anda sadari. Di sini Anda akan menemukan kiat tentang cara membuat anggaran dan melacak pengeluaran bersama dengan teknik pengelolaan uang lainnya seperti cara menabung yang menguntungkan.

2. Belajarlah untuk Mengurangi Pengeluaran

Mengembangkan anggaran Anda akan membantu Anda menemukan area di mana Anda membelanjakan lebih dari yang Anda sadari. Tetapi langkah berikutnya lebih sulit: memotong pengeluaran Anda untuk hal-hal yang tidak perlu. Ini akan membutuhkan beberapa pencarian jiwa pada item baik besar maupun kecil.

Misalnya, apakah Anda benar-benar membutuhkan kopi setiap pagi? Bisakah Anda melakukan setiap pekerjaan dengan mobil yang lebih kecil dan lebih tua? Alih-alih liburan yang mahal di musim liburan ini, bisakah Anda mencoba “menginap,” di mana Anda tinggal di rumah (jauh lebih murah) dan bersantai di sana?

3. Menangani Utang Anda

Hanya sedikit orang yang beranjak dewasa tanpa mengumpulkan banyak utang: kartu kredit, pinjaman bulanan, pinjaman mobil, dan pembayaran cicilan adalah hal biasa. Bahkan, utang bisa menjadi hal yang umum dilakukansiapa yang punya uang untuk membeli rumah secara langsung? Tetapi kuncinya adalah menggunakannya dengan bijak.

Kartu kredit dan bentuk utang lainnya dapat menjadi bagian penting dari kotak peralatan keuangan Anda, tetapi Anda harus berhati-hati saat menggunakan alat-alat ini. Memahami perbedaan antara utang baik dan utang macet akan sangat membantu memastikan Anda membuat dan mempertahankan sejarah kredit yang baik seperti cara menabung uang hasil usaha.

4. Cara Menyimpan Uang

Untuk membangun kekayaan dalam cara mengatur keuangan rumah tangga agar hemat ini,Anda harus memulai di suatu tempat. Oleh karena itu, kemampuan untuk menghemat uang adalah landasan membangun kekayaan. Untuk menghemat uang, Anda harus membelanjakan lebih sedikit daripada yang Anda hasilkan. Ini mungkin tampak jelas, tetapi begitu sering, lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Untungnya, ada beberapa perangkat yang dapat Anda gunakan ketika mulai menghemat uang, bahkan ketika anggaran Anda ketat.

Sponsors Link

Yang paling penting dari ini adalah penghematan otomatis. Buka rekening tabungan, dan siapkan rekening giro Anda sehingga Anda secara otomatis mentransfer sejumlah uang setiap bulan ke dalam rekening tabungan Anda. Anda tidak perlu mentransfer banyak uang mulai dengan apa pun anggaran Anda mampu. Tetapi membuat ini otomatis dan kemudian menolak dorongan untuk membelanjakan uang secara impulsif akan membawa Anda ke jalan menuju tabungan jangka panjang.

5. Pastikan untuk Memangkas Pajak Anda

Tidak ada yang suka membayar pajak, tetapi mereka merupakan aspek penting dari setiap rencana keuangan. Bahkan jika Anda tidak menghasilkan banyak uang, Anda mungkin terkejut ketika mengetahui bagaimana strategi dan keputusan pajak tertentu dapat memengaruhi keuangan Anda. Mempelajari cara meminimalkan dampak pajak pada keuangan Anda dapat memastikan bahwa lebih banyak uang masuk ke kantong Anda dan digunakan untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

6. Coba Pakai Uang Tunai untuk Terus Menghemat 

Menggeser plastik menjadi sangat mudah. Dengan kartu kredit dan kartu debit, kita dapat masuk dan keluar dengan pembelian dalam hitungan detik. Sayangnya, kenyamanan ini datang dengan biaya. Dengan menggunakan plastik kita dapat mulai kehilangan jejak berapa banyak uang yang sebenarnya dihabiskan.  Satu trik untuk membantu mengendalikan pengeluaran harian Anda adalah dengan menggunakan uang tunai daripada kartu kredit atau debit Anda. Mungkin tidak secepat itu, tetapi membantu Anda memvisualisasikan seberapa banyak uang yang Anda belanjakan.

7. Otomatiskan Rencana Tabungan Anda

Terkadang, mengingat untuk menabung bisa menjadi perjuangan. Mengotomasi tabungan Anda adalah cara mudah untuk tetap sejalan dengan rencana tabungan Anda. Jadwalkan transfer otomatis dari rekening giro Anda ke tabungan Anda untuk membangun dana darurat Anda. Buka akun pensiun individu dan siapkan kontribusi otomatis setiap hari bayaran untuk membangun sarang Anda.

Anda juga dapat menggunakan kontribusi otomatis untuk mendanai akun tabungan untuk pendidikan anak Anda. Mengotomasikan deposito ke dalam akun yang berbeda memastikan bahwa Anda menabung daripada menghabiskan dan dari waktu ke waktu, kekuatan bunga majemuk dapat membantu uang Anda tumbuh dengan mantap.

8. Buat Garis Besar Tujuan Simpanan Anda

Jika Anda akan menghemat uang, memiliki tujuan spesifik untuk dikerjakan dapat sangat membantu dalam mempertahankan momentum Anda. Pikirkan tentang apa yang ingin Anda capai dengan menabung, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya, Anda mungkin ingin menghemat uang untuk liburan dalam enam bulan ke depan.

Sponsors Link

Anda mungkin berencana membeli rumah di tahun depan dan perlu menyimpan uang muka. Pertimbangkan apa yang ingin Anda capai dengan uang Anda, lalu pecahkan tujuan Anda menjadi langkah-langkah spesifik yang dapat ditindaklanjuti. Tetapkan garis waktu untuk mencapai setiap tujuan dan lacak kemajuan Anda untuk tetap termotivasi pada perjalanan tabungan Anda seperti cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama.

9. Temukan Sumber Daya Tabungan 

Menyimpan uang menjadi lebih sedikit dari perjuangan ketika Anda memiliki alat yang tepat di tangan. Sebuah aplikasi penganggaran, dapat membantu Anda mengelola anggaran Anda di mana saja dan melacak pengeluaran Anda secara otomatis seperti cara menabung agar tidak terpakai.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyinkronkan semua rekening bank dan kredit Anda dalam satu tempat sehingga Anda dapat melihat seberapa baik Anda melakukan dengan tujuan tabungan Anda dalam sekejap. Memilih tempat yang tepat untuk menyimpan tabungan Anda juga penting. Sebuah rekening tabungan berbunga tinggi, mungkin nyaman untuk menyembunyikan dana darurat Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning