Sponsors Link

27 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros dan Praktis

Menghamburkan uang sangatlah mudah, hanya saja anda membutuhkan cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros bukan? Seperti cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama. Namun, dengan sedikit pemikiran ke dalam pengeluaran dan praktik tabungan Anda, Anda dapat dengan mudah membatasi pengeluaran yang berlebihan dan mulai menghemat kuangan rumah tanggaAnda pergi lebih jauh daripada membuangnya. Ketika Anda berada dalam kerangka pikiran untuk berhenti membuang-buang uang Anda, cobalah langkah-langkah ini. Karena kami akan membrikan beberap cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros, berikut ini.

1. Lakukan Riset Keuangan

Duduklah untuk sore dan lakukan sedikit riset keuangan. Meskipun ini tidak ada dalam daftar prioritas utama sebagian besar orang, itu seharusnya karena ini adalah tempat Anda dapat berhenti membuang banyak uang. Hal-hal yang perlu diperiksa termasuk pengaturan perbankan Anda, dana pensiun Anda, dan tingkat asuransi Anda potongan bulanan bank paling mudah.

2. Cari tahu tentang dana pensiun Anda 

Apakah Anda bahkan mengatur untuk dana semacam itu? Ini dapat memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tabungan biasa atau akun investasi. Dan jika Anda memilikinya, apakah Anda mendapatkan kesepakatan terbaik? Carilah dana pensiun yang cocok dengan atasan Anda. Bahkan jika Anda tidak bekerja, Anda masih dapat memanfaatkan akun tersebut, tanyakan penasihat keuangan Anda atau lakukan riset.

3. Meninjau Investasi

Tinjau investasi Anda yang lain di luar dana pensiun Anda, jika Anda memilikinya. Apakah mereka campuran yang masuk akal dari jenis investasi untuk Anda? Apakah biaya itu masuk akal? Hapus kelebihan uang tunai yang tersimpan dalam rekening tabungan berbunga rendah dan transfer ke rekening berbunga tinggi atau, terutama yang memiliki lebih dari beberapa bulan perlu ditabung, pertimbangkan untuk memindahkan sebagian ke investasi berisiko tinggi tetapi berpotensi menghasilkan lebih tinggi.

4. Periksa Akun Bank

Meskipun penting untuk memeriksa, karena banyak akun minat yang lebih tinggi mengharuskan Anda menyimpan dana pada tingkat tertentu, jauh lebih baik untuk mendapatkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi dengan pendekatan yang lebih disiplin, daripada untuk mendapatkan uang Anda mendapatkan bunga yang sangat kecil dan dikompensasi oleh biaya.

5. Kunjungi Bank Secara Berkala

Kunjungi situs bank Anda secara online untuk mengetahui tingkat simpanannya, dan saat Anda berada di sana, belanjalah jika ada bank lain yang menawarkan transaksi yang jauh lebih baik. Jangan takut untuk menunjukkan transaksi yang lebih baik ini kepada manajer bank Anda sebelum menutup semuanya dan beralih!

6. Periksa Asuransi

Periksa kesehatan Anda, mobil , rumah , dan tarif asuransi lainnya. Sangat mungkin bahwa Anda tidak mendapatkan kesepakatan terbaik karena banyak orang cenderung merasa nyaman dengan kesepakatan yang mereka miliki selama bertahun-tahun tanpa terus memperbarui penawaran yang tersedia dan berbelanja di sekitar. Habiskan sedikit waktu untuk melakukan riset untuk mendapatkan penghematan besar.

7. Periksa Layanan Kartu Kredit

Periksa apa yang Anda bayar untuk bunga kartu kredit Anda seperti cara menutup kartu kredit yang belum diaktifkan. Apakah sudah waktunya beralih ke penyedia suku bunga rendah? Jika Anda membawa suatu saldo dari bulan ke bulan dengan bunga, dan dengan demikian juga kemungkinan tidak akan meninggalkan masa tenggang tanpa bunga untuk pembelian baru, atasi dengan biaya yang mungkin jauh lebih besar sebelum Anda khawatir tentang bagaimana membuat tabungan Anda sendiri mendapatkan sedikit lagi.

8. Pantau pengeluaran

Membayar sebagian besar uang tunai dapat membantu Anda melacak pengeluaran Anda. Daripada memaksimalkan kartu kredit Anda, berusahalah membayar dengan uang tunai. Anda membuang-buang uang ketika Anda menghabiskan waktu untuk memotong kupon hanya untuk membayar bunga ketika Anda membayar pembelian Anda dengan kartu kredit.

9. Ketahui Jaminan Pembayaran

Perlu diingat bahwa beberapa pembelian paling baik dilakukan dengan kartu kredit untuk tujuan mendapatkan jaminan atau jaminan dan memiliki catatan ketertelusuran yang baik untuk pembelian Anda. Meskipun demikian, Anda masih dapat memastikan bahwa Anda memiliki uang tunai untuk deposit (atau hanya saldo bank) dalam jumlah yang Anda kenakan sehingga Anda dapat membayar tagihan tepat waktu untuk saldo terutang pada waktu yang diberikan sebelum bunga ditambahkan.

10. Batalkan atau tangguhkan keanggotaan atau langganan yang tidak lagi Anda gunakan

Apa yang telah Anda daftarkan untuk itu, dalam kenyataannya, Anda dapat hidup tanpa? Ada gunanya memiliki keanggotaan untuk sesuatu seperti gym atau klub anggur jika Anda tidak menggunakannya atau menikmati manfaatnya.

11. Cari Informasi 

Pergi melalui keanggotaan yang Anda bayar, termasuk situs web, penyediaan informasi, surat kabar, gym, klub, dll, dan cari tahu apakah Anda mendapatkan yang terbaik dari mereka atau jika mereka baru saja menjadi kebiasaan pembayaran yang Anda lupa untuk menggunakan.

12. Gunakan Layanan Dengan Hati-Hati

Sangat berhati-hati dengan pendaftaran ke langganan yang biaya “hanya jumlah X per bulan”! Setelah berlangganan beberapa di antaranya, mereka segera mulai bertambah. Dan sejujurnya, mereka cukup mudah untuk dilacak, tetapi diyakinkan bahwa kartu kredit Anda akan melacak mereka untuk Anda, apakah Anda menggunakannya atau tidak. Jujurlah ketika menilai apakah langganan ini benar-benar telah meningkatkan gaya hidup atau kebutuhan profesional Anda, terutama yang online.

13. Tahan Godaan

Kuatlah dalam menghadapi upaya yang diperbarui untuk membuat Anda kembali. Badan amal, majalah, dan klub anggur tidak suka melupakan Anda begitu Anda berada di milis mereka. Cukup ingatkan diri Anda di mana itu membuat Anda terakhir kali.

14. Hindari Masalah

Anda dapat melakukan banyak hal baik tanpa banyak masalah atau tekanan untuk memberi lebih dari kemampuan Anda dengan menyumbang secara berkala ke satu badan amal yang diberi peringkat tinggi oleh organisasi independen dan permintaan hormat untuk membuat Anda keluar dari milis untuk permohonan dan hanya mengirim Anda tanda terima.

15. Kurangi Nge-gym

Jika Anda tidak menggunakan keanggotaan gym Anda , carilah cara-cara bebas untuk berolahraga, seperti mengendarai sepeda ke dan dari tempat kerja, berjalan ke mana-mana, atau melakukan lawatan akhir pekan bersama anak-anak.

16. Kurangi AKtifitas Berbayar

Terkadang apa yang mungkin diperlukan adalah mengurangi keanggotaan daripada menghapusnya dari kehidupan Anda. Misalnya, jika Anda membeli keanggotaan ke seluruh fitur atau seluruh jaringan tempat, ketika yang Anda butuhkan adalah menggunakan tempat lokal dengan satu fitur, lihat apakah ada cara untuk “mengurangi” keanggotaan Anda dan membayar kurang sebagai hasilnya.


17. Jangan Berbelanja Berlebihan

Mengakhiri untuk melakukan pembelian impulsif. Mereka menyenangkan untuk memulai tetapi segera menjadi kebiasaan buruk jika Anda menemukan diri Anda membeli barang-barang hanya karena barang-barang itu tersedia atau mereka sedang diobral.

18. Cek Ulang Kebutuhan

Tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkan barang itu dan apakah Anda mampu membelinya. Bahkan jika Anda mampu membelinya, jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya, gunakan tekad Anda dan hindari biaya yang tidak perlu dan simpan tabungan sebagai investasi.

19. Buat Pengingat Pribadi

Ingatkan diri Anda bahwa pakaian baru tidak akan membuat Anda terlihat seperti salah satunya, dan itu pasti tidak akan datang dengan gaya hidup mereka. Periksa pakaian “lama” Anda secara teratur dan pakailah jika cocok. Anda mungkin tidak akan membelinya jika tidak terlihat bagus, meskipun mungkin sekarang tidak ada banyak orang yang mengenakan hal yang sama.

20. Bijak Dalam Membeli

Beli dalam jumlah besar hanya jika Anda mengkonsumsi dalam jumlah besar, dapat mengkonsumsi dari waktu ke waktu sebelum pembusukan, atau dapat berbagi pembelian.Ini adalah limbah yang luar biasa untuk membeli barang-barang yang tidak akan Anda gunakan dan hanya akan berakhir membuang, dan ini sama saja dengan membuang uang.

21. Jangan Tregoda Diskon

Jangan sampai tersedot oleh enam pisau steak gratis. Jika transaksi “Anda mendapatkan semua yang gratis” ini benar-benar merupakan masalah besar, mengapa harga tidak mencerminkan hal ini daripada menambahkan semua tambahan yang tidak perlu ini?

22. Jangan Lupa Bersenang-senang

Berbahagialah saat berbelanja. Berbelanja bahan makanan adalah pengalaman emosional bagi banyak orang, terutama jika Anda merasa Anda menyangkal diri sendiri dan keluarga makanan dan barang-barang Anda ketika tidak ada cukup uang. Namun, belanja bahan makanan adalah salah satu bidang dalam kehidupan di mana Anda pasti dapat melakukan penghematan dan menyimpan uang Anda, sambil tetap menikmati pengalaman dan hidup dengan baik.

23. Gunakan Daftar Belanja

Selalu ambil daftar bersama saat belanja. Belanja tanpa daftar dapat disamakan dengan membuang uang karena Anda akan sangat tergoda untuk memasukkan berbagai macam hal yang sebenarnya tidak Anda perlukan. Simpan daftar di lemari es dan tambahkan sebagai Anda kehabisan hal-hal dan cukup tarik daftar itu sebelum pergi berbelanja.

24. Rencanakan Daftar Untuk Seminggu atau Sebulan

Rencanakan menu untuk seminggu atau lebih di muka dan gunakan itu sebagai panduan belanja Anda. Tetaplah berpegang pada daftar dan sisakan ruang hanya untuk satu atau dua indulgensi yang tidak ada dalam daftar, dan pastikan bahwa indulgensi itu khusus! Beli dalam jumlah yang lebih kecil tetapi lebih luas. Membeli berbagai makanan segar secara teratur memiliki banyak manfaat rasanya lebih enak, cepat dimakan, dan dapat memberi Anda kesempatan untuk mencoba berbagai jenis makanan yang sedang musim atau khusus di toko favorit Anda.

25. Beli Kebutuhan Jangan Tergantung Dengan Merek

Beli barang-barang merek umum belanjaan, bukan nama merek. Kecuali Anda benar-benar dapat merasakan perbedaannya atau Anda benar-benar positif bahwa ada penurunan kualitas dalam versi generik, lebih suka produk generik, atau produk yang sangat diskon dan sama dalam harga untuk produk generik.


26. Jangan Kelaparan

Hindari berbelanja makanan saat lapar. Ini hanya akan membuat Anda memasukkan lebih banyak ke dalam keranjang daripada yang Anda butuhkan. Tetap pada anggaran belanja Anda dan simpan penghitungan jumlah di kepala Anda saat Anda berjalan-jalan membulatkan setiap barang hingga dolar berikutnya adalah yang termudah – meskipun akhirnya lebih banyak di kepala Anda, itu hal yang baik karena Anda akhirnya penghematan.

27. Manfaatkan Hal Yang Gratis

Manfaatkan sumber daya komunitas gratis atau biaya minimal. Ada banyak sumber daya yang tersedia di komunitas Anda yang dapat menghemat uang Anda. Setelah semua, untuk sebagian kecil Anda berkontribusi kepada mereka, jadi Anda mungkin juga memanfaatkan mereka.

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning